Soloensis

keberagaman dalam Idol

five-musicians-concert-characters_603843-3955
Gambar: Freepik

     Pada saat itu tepatnya pada pertengahan Mei tahun 2023 setelah Penilaian Akhir Semester 2 kelas X. Aku merasakan patah hati untuk yang kesekian kalinya tetapi kali ini cukup berasa sakitnya hingga menimbulkan rasa trauma yang cukup dalam. Waktu demi waktu ku lalui cara demi cara satu persatu kulakukan agar dapat menghilangkan rasa trauma yang mengakar di dalam rasa ini, tetapi aku tetap berusaha mencoba dan terus mencobanya. Walaupun, pada akhirnya susah menghilangkan trauma tersebut

     Hingga pada suatu saat ketika aku sedang bersantai dan enjoy bermain handphone lebih tepatnya membuka aplikasi tiktok, saat itu aku sedang ngescroll video-video yang fyp (ForYourPage) di beranda akunku munculah mbak-mbak dengan tingkah lucunya pada saat live dijadikan meme orang lain. Awalnya aku tidak penasaran siapa yang berada di berandaku pada saat itu, hingga akhirnya beberapa kali sering muncul diberandaku. Aku pun mulai bertanya-tanya dalam hati ” hmmm….siapa sih cewek ini, fyp mulu dah?” ujarku saat itu. Awalnya aku merasa biasa saja atas berandaku yang terus menerus berkali-kali muncul dia.

      Setelah kurang lebih tiga hari berlalu berandaku berisi dia terus-menerus. Aku yang awalnya biasa saja dan merasa hal tersebut merupakan hal yang normal akhirnya mulai penasaran dan mencari tau “siapaaa sihhh orangg inii!!! ganggu banget fypku jadi isi dia mulu yang terus mengganggu berandaku yang variatif ini menjadi video meme berisi dia semua!!” ucapku dengan sedikit kesal. Lalu aku pun mencari tau siapa orang yang berada pada meme tersebut dan aku menemukan jawabannya dialah Freyanashifa Jayawardana generasi 7 dari idol grup JKT48.

      Akibat penasaran tentang siapa sih sosok Freyanashifa Jayawardana ini aku mulai mengikuti dan mencari tahu lebih dalam mengenai dirinya. Dia merupakan keturunan darah biru, kakeknya adalah Sri Sultan Hamengkubuwono II dan memiliki julukan Raden Roro. Tanpa sadar aku mulai terjerumus ke dalam genjutsunya (ilusi) yang membuat aku tertarik untuk menjadi FJKT/WOTA mulai dari hal itu rasa traumaku menghilang dan karenanya aku banyak melakukan kegiatan positif-positif yang dapat memicu terasahnya perkembangan dalam diri, lebih sering menjaga dan membentuk tubuh seperti : ngegym, workout, menjaga pola makan, memperbanyak asupan protein dan banyak lagi.

     Setelah kurang lebih berjalan 1 bulan management dari JKT48 mengadakan event resmi yang bernama SummerFestival acara itu diadakan di Tennis outdoor senayan dan tentunya acara tersebut berbayar karena aku tidak mampu untuk membeli ticket, apalagi harus pergi ke Jakarta, alhasil aku hanya bisa melihat orang lain yang berkunjung kesana dari beranda tiktokku, tapi ternyata general manager dari JKT48/yang sering kita kenal Melody mantan member generasi 1 mengumumkan bahwa JKT48 akan mengadakan SummerTour di beberapa tempat di Jawa.

     Event ini resmi dan gratis untuk seluruh fans yang hadir. Aku yang mendengar kabar itu langsung menghubungi temanku yang merupakan fjkt. Haidar dialah nama teman yang aku hubungi itu, kami pun sangat bersemangat dan berencana untuk pergi ke event SummerTour itu bersama-sama yang diselenggarakan secara bergiliran pada beberapa tempat. Event ini berada di Yogyakarta tepatnya di Sleman City Hall dengan salah satu membernya ada cewe yang selalu masuk beranda tiktokku pada waktu itu, tidak lain tidak bukan Freya

    Hari itu pun tiba event diadakan sore hari menjelang ashar tetapi aku pun berpikir “kan acaranya gratis otomatis pasti banyak yang dateng lebih awal kalau kita datang pas dengan waktu eventnya mulai pasti ngga bakal kebagian tempat, kalopun eventnya belum mulai kita bisa muter-muter di sana kan ada kulinerannya juga” ucapku ke Haidar. “Gas ajalah bro, siang-siang habis dzuhur kita berangkat” ucap Haidar.

      Sesampainya kami disana cukup ramai orang yang datang dipenuhi para fjkt dari tetapi masih ada beberapa bagian tempat kosong yang bisa digunakan untuk duduk dan menunggu event mulai. Disana ada banyak sekali orang dari berbagai kalangan dari anak-anak hingga ibu/bapak-bapak bahkan ustadz pun hadir dan agama lainnya. Bahkan ada orang timur yang mungkin sedang kuliah/kerja di yogya hadir kesana memeriahkan event. Ada juga teman-temanku yang merupakan fjkt juga dari daerah solo rela hadir jauh-jauh demi bertemu oshi (Idol dalam istilah Jepang) mereka bahkan sampai mengikuti event resmi seperti 2 shot, M & G. Aku juga bertemu dengan temanku yang beragama Kristen dan Katholik kami mengobrol bersama-sama dan membiarkan seputar event yang akan berlangsung

     Event hampir segera dimulai tetapi Aku dan Haidar lupa untuk sholat ashar temanku justru malah mengingatkanku untuk ibadah dan memberi tahu bahwa diatas terdapat mushola, tetapi sedikit sulit untuk menuju kesana karena tempat sudah mulai padat dan penuh hingga eskalator ada yang mati. Mereka yang selesai ibadah di suatu tempat pun menghampiri kami dan menunjukkan tempat mushola tersebut serta berteriak membantu kami agar bisa segera pergi ke mushola “minggir minggir permisi temenku mo sholat woy kasih jalanlah dikit!” ucapnya dengan nyaring. Aku yang mendengarnya sedikit malu karena lupa akan kewajibanku malah temanku dari agama lain yang justru malah mengingatkanku.

     Setelah ibadah selesai kami pun melanjutkan menonton konser event yang akan segera dimulai tetapi kami tidak dapat tempat jadi harus berdiri karena sudah ramai sekali yang memenuhi venue. Tanpa disangka sangka sesuai dengan yang sering muncul di fypku Freya emang secantik dan semanis caramel itu. Tidak sedikit orang yang mengoshikan dirinya termasuk aku, mulai saat itu aku menyatakan bahwa dia adalah oshiku. Walaupun dia keturunan darah biru.

     Event hampir selesai kami pun bergegas pergi dari tempat sebelum semua orang berbondong-bondong keluar secara bersamaan. Sebelum pulang fjkt veteran memberikan salam perpisahan dengan member JKT48 yang pergi menggunakan bus dengan meriah seperti menggunakan flare dan kabesha raksasa oshi masing-masing.

 

Nama : Ikhsan Aulia Rizky Fauzan

Sekolah : SMK N 3 KLATEN

 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Solopos Institute

    Add comment