Soloensis

Indahnya Kebersamaan dalam sebuah Perbedaan

20240330_201910_0000
Indahnya Kebersamaan

Indahnya Kebersamaan dalam sebuah Perbedaan

 

Indonesia adalah sebuah negara yang ada di dunia yang kaya akan keberagaman suku, adat, budaya, dan agama. Namun demikian, masyarakat Indonesia terkenal dengan kerukunan dan kebersamaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut, merupakan cerminan dari semboyan bangsa kita ini yaitu Bhineka Tunggal Ika yang memiliki arti berbeda-beda namun tetap satu jua.

Diakhir malam yang syahdu suara azan subuh membangunkanku dari tidur yang lelap. Aku segera beranjak dari tempat tidur untuk melaksanakan salah satu kewajiban sebagai seorang muslim yaitu melaksanakan shalat subuh. Setelah itu aku bergegas mempersiapkan diri, untuk melakukan aktivitas study tour yaitu mengunjungi salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan keberagaman budayanya dan sering disebut sebagai Pulau Dewata. 

Tanah Lot merupakan salah satu pura (Tempat ibadah umat Hindhu) yang sangat disucikan di Bali Indonesia. Di pura yang berada di Tanah Lot ini aku melihat banyak sekali orang yang beribadah dengan mengenakan pakaian berwarna putih serta membawa sesaji di tangannya. Di destinasi wisata yang indah itu pula aku merasakan banyak sekali perbedaaan antara budaya yang berada dipulauku dan pulau Dewata yang aku kunjungi. Namun entah mengapa perbedaan tersebut terlihat indah dimataku, dimana ia terwarnai oleh kerukunan, kebersamaan dan sikap toleransi antar sesama. 

“Betapa indahnya pulau ini ia begitu banyak memiliki budaya yang membuat kita merasakan rasa kagum ketika melihatnya” Ucapku

“ kamu betul sekali Zah budaya yang berada di pulau ini memang sangat beragam dan indah” Ucap Aura

Setelah itu Aku bersama teman-temanku banyak sekali mengambil foto untuk mengabadikan kenangan yang begitu indah dan memberikan rasa yang sama ketika kita melihatnya. Tak lama kemudian guru kami memanggil, untuk melihat dan memasuki Gua Ular Suci dimana di dalamnya terdapat ular yang berwarna belang hitam putih. Menurut kepercayaan masyarakat Bali, ular suci yang ada di Bali ini bukanlah hewan biasa. Ular tersebut adalah jelmaan dari selendang milik Dang Hyang Nirartha.

“ Ayo sentuh ularnya dan panjatkan doa atau keinginan kalian” Ucap Tetua Adat 

Sebagai bentuk rasa hormat, kami bergantian menyentuh ular tersebut. Banyak hal yang ku kagumi ketika berada di dalam Gua Ular Suci salah satunya yaitu Tetua adat yang memiliki sikap ramah serta toleransinya yang tinggi dan dibuktikan dengan pemberian informasi tentang ular yang berada dalam gua tersebut dan mengizinkan kami untuk menyentuhnya walaupun kepercayaan kami berbeda dengan kepercayaan yang dimilikinya.

Dari hal tersebut aku menyimpulkan bahwa keanekargaman budaya yang berada di Negara kita ini bisa menjadi sebuah potensi dan tantangan tergantung bagaimana cara kita menyikapinya. Aku berharap keanekaragam yang berada di Negri kami ini bisa terus menjadi potensi karena hal tersebut akan membuat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan melimpah, baik kekayaan alam maupun budaya yang dapat menarik minat wisatawan asing agar berkunjung di Indonesia untuk melihat betapa indahnya keberagaman suku, adat, agama, dan budaya yang dimiliki oleh negri

kita ini.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zahra Agustina Pratiwi Zahra

    Add comment