Soloensis

Yuk Simak Beberapa Cara Mudah Mengatasi HP Lemot

images (27)

Mempunyai smartphone namun lemot tentunya akan menjadi pemicu emosi. Apalagi banyak pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan tanpa menggunakan ponsel. Oleh karena itu strategi dan cara Mengatasi HP Lemot harus benar dan tepat. Jika solusinya tidak tepat, maka kinerja ponsel Anda tidak akan bekerja secara maksimal.

Tak memakan banyak waktu, di bawah ini Anda bisa melakukan sendiri beberapa tips mengatasi hp lemot di rumah. Sebelum membahasnya, kami telah merangkum beberapa poin penyebab hp lemot di bawah ini.

Penyebab HP Lemot

Memori Internal Penuh

Ponsel yang memori internalnya penuh akan cenderung bekerja lebih lambat. Pasalnya, beban di dalamnya terlalu besar sehingga menyebabkan performa ponsel menurun. Memori eksternal akan membantu membackup data foto, media, atau lainnya. 

Ibarat ruang tamu dalam sebuah rumah, memori eksternal mampu menampung beberapa barang dan material penting tanpa mengurangi tujuan utama penyimpanannya. Anda juga bisa memindahkan data foto dari ponsel Anda ke laptop atau media lainnya sehingga mengurangi kinerja ponsel Anda menjadi lebih ringan.

Aplikasi Yang Diinstal Tidak Sesuai Kapasitas Penyimpanan

Terlalu banyak aplikasi juga akan menurunkan kecepatan ponsel. Sebaiknya sesuaikan saja aplikasi bawaan ponsel yang tidak Anda gunakan agar tidak menambah bobot kinerjanya. Nonaktifkan beberapa aplikasi bawaan yang tidak diperlukan. Semakin sedikit aplikasi yang Anda gunakan, semakin mudah ponsel Anda mengakses banyak hal.

Aplikasi yang sering diaktifkan namun tidak digunakan akan menumpuk dan memakan memori internal. Oleh karena itu, Anda harus cukup bijak dalam menentukan aplikasi terpenting yang akan diinstal di ponsel Anda agar tidak menurunkan performanya.

Performa Baterai Menurun

Pada umumnya smartphone akan mencapai titik maksimalnya setelah 2-3 tahun pemakaian. Baterai akan lebih cepat panas dan kinerjanya menurun. Hal ini bisa disebabkan oleh proses pengisian yang terlalu lama atau menunggu baterai benar-benar habis sebelum diisi ulang.

Cara mengatasi hp lemot dan panas akibat pemakaian terlalu lama adalah dengan memberikan istirahat yang cukup pada hp anda. Isi ulang ketika angka baterai menunjukkan 25%. Khususnya bagi pengguna ponsel yang menggunakan toko online. 

Sistem Operasi Yang Terpasang Tidak Sesuai

Memperhatikan sistem operasi yang dibutuhkan merupakan salah satu cara mengatasi hp lemot setelah diupgrade. Memaksimalkan kinerja sesuai kapasitas dan kebutuhan saja. Dengan begitu, HP kamu akan jauh dari kesan lemot dan lesu saat digunakan.

Cara Mengatasi HP Lemot

Gunakan Satu Aplikasi Antivirus

Ponsel keluaran terbaru merupakan salah satu gadget yang menyediakan banyak aplikasi bawaan. Hal ini menyebabkan ponsel menjadi lambat saat digunakan. Tak jarang, pengguna akan menggunakan beberapa aplikasi antivirus untuk menghindari hal tersebut. Sebenarnya ini adalah kesalahan besar. Salah satu cara mengatasi hp lemot adalah dengan mengaktifkan aplikasi antivirus. 

Selalu Update Software Agar Hp Tidak Lemot

Perangkat lunak dalam aplikasi akan selalu diperbarui. Bukan hanya satu atau dua aplikasi, hampir semua akses akan melakukan hal yang sama. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan Anda mendapatkan informasi terkini mengenai aplikasi yang telah diunduh. Apakah kamu suka bermain game di ponselmu? Aplikasi game berbasis online akan sangat memakan RAM dan memori. 

Tak heran jika saat memainkannya, ponsel biasanya mudah hang. Cara mengatasi hal ini sangat mudah yaitu dengan mengupdate software aplikasi dan gamenya. Hal ini juga berlaku untuk game yang kamu download di ponselmu. Update tersebut akan memudahkan ponsel untuk bergerak leluasa karena sistem resetnya lebih update.

Hapus Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Beragamnya pilihan aplikasi di Play Store akan menarik untuk digunakan. Hal ini kemungkinan besar akan membuat Anda tergila-gila untuk menginstalnya, padahal tidak digunakan. Terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu akan membuat ponsel Anda lebih mudah hang. Salah satu cara mengatasi hp lemot yang bisa menjadi solusinya adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

Lakukan Clear Cache Secara Berkala

Seperti halnya sebuah rumah yang terasa sesak karena banyak barang, begitu pula dengan telepon seluler. Salah satu tips untuk mengosongkan banyak barang di rumah adalah dengan memindahkannya ke tempat lain yang lebih luas. Hal ini juga berlaku pada ponsel.

Yang terbaik adalah membuang cache, yang seperti barang sementara, ke tempat yang tidak akan terlihat lagi. Hapus cache secara rutin, setiap beberapa jam. Hal ini akan meringankan daya ponsel yang lemot akibat banyaknya barang yang disimpan. Ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi hp lemot yang lambat dalam pengoperasiannya.

Manfaatkan Fitur Auto Kill

Semakin banyak aplikasi yang Anda buka, tentu yang terbaru di ponsel Anda juga akan semakin banyak. Seringkali menggunakan fitur auto-kill untuk memangkas aplikasi yang sudah lama tidak digunakan. Selain itu, fitur auto-kill juga akan membantu menghentikan kecepatan aplikasi di belakang layar ponsel Anda yang menjadi penyebab lemotnya.

Kurangi Widget Agar Hp Tidak Lemot

Tampilan widget memang akan membuat tampilan ponsel menjadi lebih cantik. Namun widget membutuhkan banyak ruang dan kapasitas di ponsel. Hal ini akan membuat ponsel menjadi lebih lambat dari biasanya. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan mengurangi penggunaan widget.

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Simak Beberapa Cara Mudah Mengatasi HP Lemot seperti yang dilansir judi slot. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    mediacirebon

    Add comment