Soloensis

Cara Mengatasi Pencarian Windows 10 Tidak Berfungsi

Pencarian Windows Start Menu dulunya sederhana – ubin dan Cortana tidak menghalangi Anda membaca PC Anda untuk file yang Anda inginkan. Hal-hal menjadi sedikit berantakan di Windows 10, tetapi pembaruan terbaru telah menghapus masalah seperti Cortana dari fitur tersebut, dan pembaruan Mei 2019 mengubah antarmuka pencarian, membuat pencarian Anda terasa sedikit lebih detail dan terperinci.

Dengan menyingkirnya Cortana, pencarian menu Start sedikit lebih stabil dan tidak terlalu membengkak. Namun, terkadang bisa berhenti bekerja, jadi kami di sini untuk memberikan beberapa petunjuk tentang cara memperbaikinya.

1. Nonaktifkan Proses melalui Task Manager

Tak perlu dikatakan bahwa hal pertama yang harus Anda coba adalah me-reboot PC Anda, tetapi jika itu gagal, maka ada baiknya membaca Task Manager untuk melihat apakah Anda dapat memulai kembali proses Pencarian dengan berbagai cara.

Mulailah dengan menekan Ctrl++ untuk Shiftlangsung Escmasuk ke Task Manager, lalu klik “More details” di pojok kiri bawah untuk mendapatkan tampilan penuh.

Pertama, mari kita restart proses “Windows Explorer”. Di bawah tab Proses, gulir ke bawah ke Windows Explorer, klik kanan, dan tekan “Restart.” Panik sejenak karena sebentar lagi komputer Anda akan mogok, lalu tarik napas lega saat Anda melihatnya masih berfungsi, dan tombol Pencarian menu Start Anda mudah-mudahan sudah diperbaiki!

windows-10-start-menu-search-not-working-task-manager

Jika itu tidak membantu, mari targetkan aplikasi Penelusuran secara khusus. Di Task Manager, klik tab Details, lalu gulir ke bawah hingga Anda menemukan “SearchApp.exe” dan “SearchUI.exe”. Klik kanan mereka dan klik “Akhiri tugas”.

Pencarian Menu Mulai Windows Tidak Bekerja Pengelola Tugas

2. Instal Ulang Menu Mulai

Ada cara untuk menginstal ulang menu Start, meskipun ini juga akan menginstal ulang aplikasi Windows lain yang mungkin telah Anda hapus sebelumnya, jadi jangan heran jika Anda melihat beberapa aplikasi tambahan di OS Anda setelah ini.

Pencarian Menu Mulai Windows Tidak Bekerja Powershell

Untuk melakukannya, tekan Win+ R, lalu ketik dan powershelltekan Ctrl++ untuk membukanya sebagai administrator.ShiftEnter

Setelah di Powershell, masukkan perintah berikut:

Dapatkan – AppXPackage – Semua Pengguna |  Foreach  { Tambah – AppxPackage – DisableDevelopmentMode – Daftarkan “$($_.InstallLocation)AppXManifest.xml” }

Biarkan prosesnya selesai, maka pencarian menu Start Anda akan berfungsi kembali.

3. Kembalikan Pembaruan Windows 10

Cukup sering terjadi (seperti yang akan Anda lihat di seluruh daftar ini) bahwa bilah pencarian menu Start dapat berhenti berfungsi setelah pembaruan Windows 10. Terkadang solusi dapat ditemukan meskipun pembaruan Windows baru, tetapi jika Anda ingin bermain aman, maka Anda selalu dapat membatalkan pembaruan Windows 10, membawa Anda kembali ke versi Windows yang terakhir diperbarui.

Untuk melakukan ini, buka Pembaruan Windows (Pengaturan -> Pembaruan & Keamanan -> Pembaruan Windows).

Pencarian Menu Mulai Tidak Bekerja Kembalikan Perbarui Windows 10

Dari sini, klik “Lihat riwayat pembaruan -> Copot pemasangan pembaruan.”

Dalam daftar, atur pembaruan berdasarkan tanggal “Diinstal Pada”, klik kanan pembaruan terbaru, lalu klik Copot pemasangan.

Pencarian Menu Mulai Tidak Berfungsi Hapus Instalasi Pembaruan

Kami terus melacak masalah pembaruan Windows 10 terbaru , jadi kunjungi artikel ini jika Anda memiliki masalah terkait.

4. Aktifkan Aplikasi Latar Belakang

Sejak Pembaruan Pembuat pada tahun 2017, ada bug yang memengaruhi beberapa pengguna Windows 10, yang melibatkan menjalankan aplikasi Windows di latar belakang. Secara khusus, menonaktifkan opsi untuk “Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang” di Windows 10 akan memiliki efek yang tidak diinginkan dari menjadikan fungsi pencarian menu Start tidak berguna.

Perbaiki Pencarian Menu Mulai Tidak Bekerja Aplikasi Latar Belakang

Bug ini ada hingga hari ini, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda telah mengatur sakelar master “Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang” ke “Aktif.”

Untuk melakukan ini, buka “Pengaturan -> Privasi -> Aplikasi latar belakang,” lalu pastikan sakelar “Biarkan aplikasi berjalan di latar belakang” diatur ke “Aktif.” Dari layar yang sama ini, Anda dapat menonaktifkan satu per satu dan semua aplikasi Windows agar tidak berjalan di latar belakang, tetapi penting untuk tetap mengaktifkan master tersebut.

5. Bangun kembali Indeks

Ada kemungkinan file pengindeksan pencarian di Pencarian Windows Anda telah rusak, sehingga menonaktifkan fungsi Pencarian. Beberapa orang telah melaporkan masalah ini sejak Pembaruan Windows 10 Mei (v1903) dan berikut ini sebagai solusi yang memungkinkan.

Untuk mengatasi ini, Anda harus mencoba membangun kembali indeks, yang akan menghilangkan korupsi apa pun.

Untuk melakukan ini, buka Control Panel, aktifkan “Ikon besar” di sudut kanan atas, lalu klik “Opsi Pengindeksan -> Lanjutan.”

Perbaiki Pencarian Windows Tidak Bekerja Membangun Kembali Indeks

Terakhir, klik Rebuild di jendela Opsi Lanjutan. Klik OK pada pop-up yang memberi tahu Anda bahwa ini mungkin memerlukan waktu dan menunggu prosesnya selesai.

6. Jalankan Pemecah Masalah Windows

Solusi paling sederhana adalah dengan menggunakan alat yang ada di dalam Windows untuk membantu Anda. Memang, ini jauh dari solusi 100 persen, tapi ini solusi cepat, jadi patut dicoba.

1. Navigasikan ke Panel Kontrol. (Klik Mulai, lalu gulir ke bawah folder Sistem Windows, dan Anda akan menemukannya di sana.)

2. Ubah tampilan menjadi “Ikon besar” atau “Ikon kecil” jika belum, lalu klik “Pemecahan Masalah -> Sistem dan Keamanan -> Pencarian dan Pengindeksan.”

windows-10-start-menu-search-not-working-control-panel

3. Klik “Berikutnya” di Pemecah Masalah, lalu centang kotak yang sesuai dengan masalah Anda (kemungkinan besar “File tidak muncul di hasil pencarian”, meskipun jika Pencarian Windows Anda berfungsi, meskipun lambat, Anda harus mencentang kotak ketiga turun).

windows-10-start-menu-search-not-working-troubleshooter

4. Terakhir, klik Berikutnya untuk menjalankan pemindaian, yang secara otomatis akan mencoba memperbaiki masalah apa pun.

7. Gunakan Pemeriksa Berkas Sistem

Mengingat bahwa ini adalah salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencoba dan memperbaiki pencarian menu Start Anda, kami sarankan untuk mencobanya terlebih dahulu. Buka Command Prompt yang ditinggikan (klik kanan Command Prompt, lalu “Run as administrator”), lalu ketik perintah berikut:

sfc / scannow

Jendela 10 Pencarian Menu Mulai Tidak Bekerja Sfc Scannow

Ini akan memindai file sistem Anda untuk mencari kesalahan dan kerusakan dan secara otomatis mencoba memperbaikinya. Mengingat bahwa pencarian menu Mulai adalah proses sistem, kesalahan apa pun di dalamnya harus dideteksi dengan menggunakan utilitas SFC.

Selain itu, menjalankan utilitas SFC di Safe Mode Windows 10 dapat menyelesaikan masalah untuk Anda, jadi layak dicoba jika melakukannya di Windows 10 biasa gagal.

8. Nonaktifkan/Restart Antivirus Pihak Ketiga, Aktifkan Windows Firewall

Agar jelas, kami tidak menyarankan di sini bahwa Anda harus menonaktifkan dan menghapus sepenuhnya semua perangkat lunak antivirus pihak ketiga dari perangkat Anda, tetapi berdasarkan umpan balik di sini dan di seluruh Internet, program tertentu menyebabkan Pencarian Windows tidak berfungsi. Avast adalah salah satu penyebabnya, jadi coba hapus instalannya jika Anda memilikinya, lalu cari alternatif jika perlu. ( Windows Defender sendiri telah menjadi opsi yang layak dan aman dalam beberapa tahun terakhir.)

Anda bisa mencoba menonaktifkan pelindung Avast Anda untuk sementara, yang akan mengembalikan pencarian menu Start. Dalam kasus Avast setidaknya, setelah Anda mengaktifkan kembali pelindung, pencarian menu Mulai dapat terus bekerja sebagaimana mestinya.

fix-windows-10-start-menu-search-not-working-firewall

Di sisi lain, mengaktifkan Windows Firewall juga telah membantu beberapa pengguna. Tampaknya Pencarian dan pengindeksan anehnya sensitif terhadap pengaturan keamanan Anda, jadi mengutak-atiknya dengan mengaktifkan dan menonaktifkan berbagai hal dapat membuahkan hasil.

9. Pindahkan atau Bangun Ulang Swapfile.sys

Pagefile dan Swapfile adalah dua fungsi penting Windows 10 yang terkait erat dan penting. Pagefile mengurangi beban dari RAM PC Anda dengan mengalokasikan sejumlah ruang hard drive untuk berfungsi sebagai RAM jika Anda kehabisan memori. Swapfile melakukan fungsi yang sama tetapi khusus untuk aplikasi Windows Modern, sehingga lebih bertarget dalam cakupannya.

start-menu-search-not-working-swapfile-sys

Melihat Cortana adalah aplikasi Windows Modern, Anda dapat mencoba membangun kembali Swapfile untuk memulainya – dan pencarian menu Start Anda – kembali beraksi. Ini juga akan melibatkan pembangunan kembali Pagefile, karena Swapfile secara langsung bergantung pada Pagefile.

Jika Anda ingin mencoba ini, baca panduan kami tentang cara memindahkan dan memodifikasi Pagefile Anda (dan karenanya Swapfile). Meskipun kami tidak menyarankan untuk menonaktifkan Pagefile secara langsung, Anda dapat memindahkannya ke drive lain untuk “memulai ulang” secara efektif. Atau, jika Anda menginginkannya di drive asli, Anda dapat menonaktifkannya, mem-boot ulang PC Anda, lalu mengaktifkannya kembali setelah Anda mem-boot ulang.

Jika pencarian menu Start Anda masih tidak berfungsi setelah ini, tip berikutnya adalah tips yang baik untuk ditindaklanjuti.

10. Periksa Layanan Pencarian Windows

Alasan lain mengapa pencarian menu Mulai Anda mungkin tidak berfungsi adalah karena layanan Pencarian Windows tidak berjalan. Layanan Pencarian Windows adalah layanan sistem dan berjalan secara otomatis pada startup sistem.

windows-10-start-menu-search-not-working-services-msc

Periksa apakah layanan berjalan dengan menekan Win+ R, mengetik services.msc, lalu menggulir ke bawah untuk menemukannya. Jika tertulis “Berjalan” di kolom Status, itu sedang berjalan (jelas). Jika tidak, Anda harus memulainya secara manual.

windows-10-start-menu-search-not-working-windows-search-service

Klik kanan “Pencarian Windows” dan kemudian klik “Properti.”

windows-10-start-menu-search-not-working-windows-search-service-properties

Di jendela Properties, klik tombol “Start” untuk memulai layanan. Juga, pastikan bahwa jenis Startup diatur ke “Otomatis” atau “Otomatis (Mulai Tertunda).” Ini memastikan bahwa layanan akan secara otomatis dimulai pada setiap startup sistem. Setelah Anda selesai dengan perubahan, klik “OK.”

windows-10-start-menu-search-not-working-start-windows-search-service

Setelah layanan dimulai, seperti inilah tampilannya di jendela Layanan Anda. Bagi saya, metode ini bekerja dengan sempurna.

windows-10-start-menu-search-not-working-windows-search-service-started

Apakah Start Menu memberi Anda masalah di luar tombol Cari? Lihat panduan kami yang lebih umum tentang cara memperbaiki menu Start yang rusak di Windows 10 .

11. Perbaiki Instalasi Windows

Sebelum Anda mulai khawatir bahwa ini akan menghapus semua data dan file pribadi Anda, ada cara untuk menyegarkan instalasi Windows Anda sambil menyimpan data penting Anda. Ini jelas masih merupakan ukuran yang lebih ekstrem daripada yang lain dalam daftar ini, jadi gulir ke bawah ke judul lain jika Anda ingin mencoba beberapa solusi lain terlebih dahulu.

Pencarian Menu Mulai Windows 10 Tidak Berfungsi Siap Diinstal

Pertama, buat disk instalasi Windows 10 atau USB yang dapat di-boot , lalu luncurkan. Ikuti petunjuk untuk meningkatkan penginstalan Windows 10 Anda dan pastikan bahwa pada layar “Siap untuk menginstal” Anda telah memilih opsi untuk “Simpan file dan aplikasi pribadi.” Jika tidak dipilih secara default, klik “Ubah apa yang akan disimpan”, lalu pilih “Simpan file pribadi dan pengaturan Jendela.” Klik Instal, dan versi terbaru Windows 10 akan diinstal sambil memegang semua data Anda.

Ini juga akan menginstal ulang file inti yang bertanggung jawab untuk pencarian menu Start dan karenanya memperbaikinya.

12. Atau Gunakan “Semuanya” Sebagai gantinya

Pencarian Menu Mulai Windows Tidak Bekerja Semuanya

Ini sebenarnya adalah opsi pencarian yang jauh lebih mendalam daripada opsi bawaan Windows. Ini mengindeks drive Anda lebih cepat, metode pencariannya bekerja dengan menghilangkan dan memfilter istilah pencarian saat Anda mengetik, jadi Anda benar-benar ‘mempersempit’ pencarian Anda, dan ini sangat ringan pada 0,5MB, dengan antarmuka minimal yang tetap menunjukkan segalanya kepada Anda Anda butuhkan.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Nando Rifky

    Playmaker

    View all posts

    Add comment