Soloensis

Penyebab Polusi Udara Di Indonesia Dan Cara Mengatasinya

bc11

Nah sobat jurnal sekalian dilangsir dari berita yang ada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya juga sempat menjelaskan, polusi udara disebabkan kemarau panjang hingga adanya konsentrasi polutan.

 

Ada beberapa faktor antara lain kemarau panjang, kemudian konsentrasi polutan, lalu ada emisi dari transportasi termasuk dari manufaktur industri,” kata Siti saat memberikan keterangan usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/8/2023).

 

Siti menjelaskan penyebab slot resmi pencemaran kualitas udara ini disebabkan oleh kendaraan bermotor. Karena dari catatannya, pada tahun 2022 lalu itu ada 24,5 juta kendaraan bermotor dan 19,2 juta di antaranya sepeda motor.

 

“Bahwa penyebab utama pencemaran kualitas udaranya adalah kendaraan,” katanya.

 

Selain itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menitikberatkan penyebab polusi udara di Jabodetabek karena emisi kendaraan. Hal ini diungkapkan usai Rapat di kantor Kemenko Marves, terkait polusi di Jabodetabek.

 

“Evaluasi dari jumlah kendaraan karena hasil kajiannya PM2,5 zat paling berbahaya 75% dari kendaraan. sementara itu wacana di masyarakat kan nyalahin PLTU ya, sementara (PLTU) itu cuma 25% dari kajian yang ada,” jelasnya.

 

Dari beberapa pihak memiliki pendapat berbeda dalam mengatasi pencemaran udara yang terjadi di indonesia nah berikut ini adalah beberapa pendapat yang mungkin bisa mengurangi polusi udara yang ada di indonesia kita tercinta ini.

 

1. Mengurangi Jumlah Kendaraan

Solusi yang pertamakali di sampaikan adalah mengurangi jumlah kendaraan, Bagaimana caraya? Mungkin anda bertanya tanya bagaimana mengurangi jumlah kendaraan? apakah produksi kendaraan harus di hentikan?, Tidak seperti itu ya temen jurnal sekalian. Nah untuk mengurangi jumlah kendaraan ialah dengan kita mendukung program pemerintah seperti menggunakan kendaraan umum. Mengenai kendaraan umum mungkin sudah banyak tersebar di indonesia mulai dari yang gratis maupun berbayar jadi dengan kita menerapkan sistem mengurangi jumlah kendaraan kemungkin 30% dapat mengurangi masalah polusi udara tersebut.

 

2. Menggunakan Kendaraan Bertenaga Listrik

Kalau anda merasa menggunakan kendaraan umum sangat merepotkan anda bisa dapat menggunakan kendaraan yang menggunakan tenaga listrik. Kendaraan bertenaga listrik ini sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi udara yang ada di indonesia. Kendaraan tersebut juga bagus untuk kesehatan dan pastinya ramah lingkungan jika kita menerapkan sistem tesebut setidaknya kurang lebih 50% polusi udara di indonesia akan terkurangi.

 

3. Melakukan Penanaman Besar – Besaran

Mungkin ini adalah cara yang bisa di bilang sudah ketinggalan jaman namun dengan melakukan ini kemungkinan sekitar kurang lebih 40% masalah polusi udara dapat teratasi. Nah bagaimana cara kerja sistem ini? cara sistem kerjanya dengan kita melakukan program tanam bersama di setiap daerah mau itu di perkampungan ataupun perkampungan jadi kita menyatuhkan kekuatan untuk melestarikan negri kita tercinta ini.

 

4. Mengurangi Pembakaran Sampah

Nah sobat jurnal sekalian pembakaran sampah juga merupakan penyebab dari pencemaran udara yang ada di indonesia. Membakar sampah sudah menjadi kebiasaan masyarakat indonesia oleh karna itu bagaimana cara mengatasi masalah sampah tersebut jika tidak di bakar?. Ok sobat jurnal sekalian untuk mengurangi polusi pembakaran sampah tersebut ialah dengan menanam sampah tersebut dan kalau kita menerapkan sistem ini masalah udara yang dapat teratasi sekitar 60%.

 

5. Menjaga Ekosistem Indonesia

Bagaimana caranya menjaga ekosistem indonesia? Nah di langsir dari sobat jurnal cara kita untuk menjaga ekosistem di mulai dari diri kita sendiri. Yaitu dengan cara menjaga kebersihan lingkungan yang berada di sekitar anda, Membuang sampah pada tempatnya bukan di lempar ke aliran sungai atau aliran air lainnya ya sobat seperti parit. Karena itu sebuah pencemaran lingkungan yang sering terjadi dan dampaknya ialah tumbuhan di sekitar menjadi tidak stabil mendapatkan nutrisi. Jadi oleh karna itu mari kita jaga ekosistem indonesia di mulai dari yang ada di sekitar anda. Mungkin hal ini termasuk sepela namun jika kita menerapkanya bersama maka bisa mengatasi pencemaran udara indonesia sekitar 80%.

Mungkin cara – cara diatas bisa mengatasi maslah polusi udara yang semakin parah ini namun kita juga memerlukan kekompakan masyarakat indonesia agar lingkungan negara indonesia kita tercinta ini selalu terjaga dan terawat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment