Soloensis

Bagaimana Cara Mengatasi Jika Speaker Hp Kemasukan Air?

images (16) - 2023-06-24T221509.827

Terkadang, kita tidak sengaja menumpahkan air ke HP kita. Tumpahan air pada layar HP Anda biasanya hanya perlu dilap dan mungkin tidak akan menimbulkan masalah. 

Namun jika air masuk ke dalam lubang speaker, maka dapat langsung mempengaruhi suara yang dihasilkan. Kabar baiknya, air yang masuk ke speaker bukanlah masalah yang serius selama Anda mengatasinya dengan cepat. Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi air masuk ke Speaker HP.

Pengertian Speaker

Speaker adalah sejenis hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk menciptakan gelombang audio, kemudian mengubahnya menjadi keluaran suara yang dapat ditangkap oleh telinga manusia. Untuk mengubah audio menjadi keluaran suara, speaker menggunakan bagian berupa membran atau membran getar. 

Dengan membran getar ini, frekuensi audio yang berasal dari gelombang listrik akan masuk ke dalam membran kemudian menggetarkan udara di dalamnya. membran speaker juga akan menghasilkan sumber suaradan dapat membuat perangkat elektronik mampu memaksimalkan kualitas audio.

Efek HP Speaker Terkena Air

Jika speakerphone terkena air, dapat membuat suara yang dihasilkan pecah. Kondisi ini akan semakin parah jika Anda mengeraskan volume speaker di ponsel ke level maksimal. Oleh karena itu, Anda harus segera mengeluarkan air dari speaker agar suara tidak terdengar pecah.

Inilah Cara Mengatasi Jika Speaker Hp Kemasukan Air

Berikut ini ada 6 Cara Mengatasi Jika Speaker HP Kemasukan Air, diantarannya:

Segera Matikan Perangkat

Jika perangkat menyala saat terjatuh ke dalam air, matikan sesegera mungkin. Jika perangkat tidak mati, segera keluarkan baterai dan kartu SIM. Selanjutnya, keringkan sedapat mungkin dengan kain bersih atau kapas. Kemudian, biarkan sisa air mengalir dengan meletakkan HP secara terbalik selama 10-15 menit. Biarkan perangkat dimatikan hingga Anda siap untuk memperbaikinya. 

Gunakan Fitur Pembersih Speaker Di HP

Beberapa ponsel Android memiliki fitur khusus untuk menghilangkan partikel asing dari speaker. Fitur ini mengeluarkan suara bernada tinggi dengan volume keras untuk menghilangkan air, debu, dan partikel asing lainnya dari speaker HP. Nah, cari tahu apakah HP memiliki fitur ini. Untuk menemukan fitur ini, Anda dapat mengunjungi Pengaturan – Pengaturan Tambahan – Pembersih Speaker dan ikuti petunjuk untuk membersihkan air dari speaker.

Unduh Aplikasi Pembersih Speaker HP

Untuk ponsel yang tidak memiliki fitur pembersih speaker, Anda masih bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mengeluarkan air dari speaker HP. Ada banyak aplikasi pembersih speaker hp yang populer di Play Store, seperti Speaker cleaner, Super Speaker Cleaner, Fix My Speakers, dan lainnya.

Sama seperti fitur pembersih bawaan HP, aplikasi ini bekerja dengan mengeluarkan suara keras dan bergetar untuk mengeluarkan air dari speaker. Perlu dicatat, waktu yang dibutuhkan aplikasi ini untuk membersihkan speaker bervariasi, dari menit hingga berjam-jam. Jadi, bersabarlah dan terus ulangi proses tersebut hingga speaker kembali normal.

Biarkan Air Mengering

Jika air masuk terlalu dalam ke dalam speaker, aplikasi pembersih speaker mungkin tidak bekerja secara efektif. Dalam hal ini, Anda harus membiarkan HP tersebut agar benar-benar kering. Anda dapat membiarkan HP di bawah suhu ruangan selama beberapa jam hingga kering. 

Pastikan Anda menempatkan perangkat sedemikian rupa sehingga speaker menghadap ke bawah. Kamu juga bisa mengubur HP di dalam beras selama minimal 24 jam. Cara ini efektif untuk menguras air dari speaker karena beras memiliki sifat menyerap kelembapan di sekitarnya.

Gunakan Pengering Rambut

Anda juga bisa mencoba menggunakan pengering rambut. Namun, Anda harus memegangnya di dekat area yang basah selama beberapa menit. Agar semua air dapat menguap, namun, anda perlu menyalakan pengering rambut selama 10 hingga 15 menit, tergantung seberapa banyak air yang masuk. 

Namun, anda harus Berhati-hati saat menggunakan pengering rambut agar perangkat tidak terlalu panas dan merusaknya. Selanjutnya, taruh di tempat yang berventilasi baik agar benar-benar kering dan kembali normal.

Gunakan Silica Gel

Jika ponsel Anda tidak tahan air dan menggunakan aplikasi pembersih speaker tetap tidak berpengaruh, Anda perlu waspada. Di saat-saat seperti ini, Anda bisa menggunakan silica gel. Silica gel dapat membantu menyerap air lebih cepat. Semoga ini bisa membantu mengeringkan HP dan mencegah terjadinya masalah yang lebih besar.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Cara Mengatasi Jika Speaker Hp Kemasukan Air seperti yang dilansir sbobet88 Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    mediacirebon

    Add comment