Soloensis

Apa Saja Tanggung Jawab Dan Tugas Teller Bank? Berikut Ulasannya

images (21)

Teller Bank merupakan pekerjaan yang sudah tidak asing lagi di telinga, terutama bagi mereka yang sering melakukan transaksi di bank. Saat Anda pergi ke bank, Anda pasti akan disambut oleh satpam dan ditanya apa yang Anda butuhkan. 

 

Tidak jarang Anda harus mendatangi teller untuk melakukan transaksi seperti penarikan uang, transfer ke bank, dan lain sebagainya. Teller bank merupakan pekerjaan yang menarik perhatian karena harus berhubungan langsung dengan nasabah dan membantu kebutuhan nasabah.

 

Jika Anda tertarik dengan dunia perbankan atau ingin menjadi teller bank, Anda harus mengetahui pekerjaannya dengan baik terlebih dahulu. Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lengkap mengenai teller bank. 

 

Tanggung Jawab Dan Tugas Teller Bank

 

Mungkin Anda sudah mengetahui beberapa tanggung jawab dan tugas seorang teller bank, namun ada juga beberapa tugas yang mungkin belum Anda ketahui lho. Berikut penjelasan mengenai tanggung jawab dan tugas teller bank yang dapat Anda pelajari.

Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Nasabah

 

Sebagai garda terdepan dalam membantu nasabah, teller bertugas memberikan pelayanan terbaik, tanpa membantu status sosial nasabah. Teller diharapkan mampu memberikan pelayanan dan memberikan solusi terkait transaksi nasabah.

 

Selain itu, teller juga harus mempunyai kesan positif agar nasabah merasa nyaman saat bertransaksi. Jika Anda tertarik menjadi seorang teller, Anda harus memiliki kesan ramah sehingga dapat membangun komunikasi yang baik antara teller dan pelanggan.

 

Melayani Transaksi Nasabah

 

Tugas utama teller adalah melayani transaksi keuangan yang dilakukan nasabah, seperti setor tunai, penarikan, penghitungan tabungan, dan transfer ke rekening atau antar bank. Tugas ini merupakan tugas yang cukup penting. Oleh karena itu, teller bank harus mempunyai ketelitian yang tinggi. Teller bank harus memastikan uang yang diterimanya dihitung dan dimasukkan dengan benar.

 

Menginput Data Transaksi Nasabah

 

Tugas teller bank selanjutnya adalah menginput transaksi nasabah ke dalam komputer dan mengeluarkan tanda terima yang akan divalidasi oleh teller. Selain itu, teller juga perlu melakukan pemeriksaan kas dan menghitung transaksi harian dengan menggunakan komputer, kalkulator atau mesin hitung. Oleh karena itu, seorang teller harus mempunyai kemampuan komputer yang baik dan mampu menggunakan mesin hitung.

 

Memeriksa Data Nasabah

 

Selain memeriksa identitas nasabah, teller juga harus memeriksa data nasabah sebaik mungkin. Pengecekan data ini diperlukan untuk memverifikasi informasi seperti tanggal, nama bank, identifikasi penerima pembayaran dan legalitas dokumen.

 

Identifikasi Jika Ada Kesalahan

 

Manusia tentu tidak luput dari kesalahan, termasuk teller. Terkadang teller juga melakukan kesalahan transaksi ketika melayani nasabah. Teller bank harus siap mengidentifikasi jika ada kesalahan transaksi, seperti kesalahan saat debit dan kredit tidak seimbang.

 

Selalu Siap Di Counter

 

Sebagai garda terdepan, tugas teller adalah selalu siap di loket. Menjadi teller bank berarti harus siap sepenuhnya berada di loket untuk melayani nasabah. Teller bank tidak bisa meninggalkan loket sembarangan. Apabila terjadi suatu hal yang mendesak, teller wajib memberitahukan kepada teller lain agar posisinya dapat digantikan sementara.

 

Melaksanakan Tugas Administrasi

 

Teller bank juga bertugas mengurus administrasi perbankan. Administrasi ini berupa pengarsipan, pencatatan dan penginputan data ke komputer. Tugas ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena setiap transaksi perbankan yang terjadi harus dikirimkan ke sistem perbankan untuk diarsipkan untuk digunakan jika terjadi masalah.

 

Melayani Cek Tunai Dan Deposit

 

Selain bertanggung jawab mengurus administrasi, teller bank juga perlu menangani transaksi cek dan setoran tunai. Selain itu, teller juga harus memastikan jumlah uangnya benar dan memeriksa keakuratan slip setoran.

 

Mempromosikan Produk Keuangan

 

Teller bank juga bertugas untuk mempromosikan produk-produk perbankan seperti pinjaman, KPR, deposito, dan lain-lain. Untuk mempromosikan produk tersebut, teller bank harus memahami sepenuhnya produk keuangan bank tempat mereka bekerja.

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Teller Bank

Berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki teller bank.

 

Kemampuan Komunikasi

 

Hal ini diperlukan karena teller bank merupakan orang pertama yang dapat membantu nasabah dalam melakukan transaksi di bank. Dengan komunikasi yang baik antara nasabah dan teller, besar kemungkinan nasabah dapat memperoleh informasi yang bermanfaat. 

 

Selain itu, teller juga bisa mempromosikan produk keuangan lain dari bank. Dengan komunikasi yang baik maka akan menumbuhkan kepercayaan yang baik dari nasabah kepada bank tempat teller bekerja.

 

Kemampuan Matematika

 

Jika Anda tertarik menjadi teller bank, Anda harus berurusan dengan angka dan uang setiap hari. Oleh karena itu, seorang teller bank harus mempunyai kemampuan berhitung dan logika matematika yang baik. Dengan kemampuan matematika khususnya berhitung, teller akan mampu menjaga dan menyeimbangkan arus kas.

 

Jika Anda termasuk orang yang tidak menyukai matematika dan tidak pandai berhitung, Anda bisa mempertimbangkan kembali keputusan Anda untuk menjadi seorang teller. Sebab, jika terjadi kesalahan perhitungan akan sangat merugikan pihak bank dan nasabah.

 

Kemampuan Ketelitian

 

Selain ketiga kemampuan di atas, seorang teller bank harus teliti dan memperhatikan detail. Teller bank bertanggung jawab atas transaksi yang dilakukan nasabah. Oleh karena itu diperlukan ketelitian agar tidak terjadi masalah atau salah transaksi. Akurasi dan detail yang baik akan membantu teller memenuhi kebutuhan nasabah dan memberikan pelayanan yang akurat.

 

Demikian ulasan tentang Apa Saja Tanggung Jawab Dan Tugas Teller Bank seperti yang dilansir agen toto macau. Semoga bermanfaat. 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment