Soloensis

Ketahuilah Fungsi dan Jenis Kotak Kemasan

images (31)

Selain memperhatikan bahan baku yang digunakan dan strategi pemasaran, kemasan suatu produk juga memiliki peran penting dalam menarik hati konsumen. Oleh karena itu, pelaku usaha harus memperhatikan kemasan yang akan digunakan untuk mengemas produk yang akan dipasarkan. Dan untuk menjamin kerapian kemasan box, pelaku usaha dapat menggunakan box maker.

Banyak orang yang mengira bahwa kotak kemasan hanya digunakan sebagai wadah untuk produk. Tak jarang para pelaku usaha tidak terlalu memikirkan hal ini. Padahal, kemasan memiliki fungsi lebih dari itu. Ketahuilah fungsi dan jenis kotak kemasan berikut ini saat ingin memulai sebuah bisnis.

Fungsi Kotak Kemasan

Melindungi Produk Agar Aman di Tangan Konsumen

Setiap konsumen menginginkan produk yang dibeli baik offline maupun online terkirim dalam kondisi baik dan utuh. Jika barang yang diterima rusak tentunya konsumen akan kecewa, bahkan mungkin akan menyerah membeli di tempat yang sama. Jadi disinilah fungsi dari packaging box, pastinya untuk melindungi produk agar tidak mudah rusak.

Namun, untuk memastikan barang atau produk dalam kemasan tidak rusak atau pecah, penjual perlu memilih bahan kemasan yang berkualitas, dan mengemas produk dengan cermat. Menggunakan box maker akan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan hasil packaging box yang rapi. 

Membedakan dari Produk Lain

Tidak hanya berfungsi untuk mengemas dan melindungi produk agar tidak mudah rusak, kotak kemasan juga bisa menjadi ciri khas suatu produk. Tentunya setiap pelaku usaha ingin memberikan citra produk yang baik kepada konsumen, dan membedakan produknya dengan produk pesaing. Sehingga dengan membuat packaging box menggunakan bahan yang berkualitas, tampilan yang unik dan warna yang menarik akan memudahkan konsumen untuk mengingat produk Anda.

Tingkatkan Daya Tarik dan Nilai Produk

Kotak kemasan juga memiliki peran dalam kesuksesan sebuah produk. Selain dari klaim dan bahan baku produk, konsumen biasanya juga melihat produk dari segi kemasannya. Jika Anda ingin meningkatkan nilai dari suatu produk yang Anda tawarkan, maka memilih menggunakan packaging box seperti rigid box. Menggunakan Rigid box untuk mengemas suatu produk dapat memberikan kesan mewah sehingga dapat menimbulkan kesan eksklusif pada produk tersebut.

Namun untuk membuat Rigid box secara manual membutuhkan keahlian dan ketelitian sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga untuk membuat kemasan kaku dengan menggunakan mesin kaku. Harga mesin kaku di pasaran juga sangat bervariasi.

Jenis Kotak Kemasan

Corrugated Box

Corrugated box atau lebih familiar dengan nama karton box ini merupakan jenis kemasan yang sangat banyak digunakan untuk mengemas berbagai jenis produk. Ciri khas dari kotak kardus atau kardus ini adalah memiliki seruling dan terbuat dari beberapa lembar kertas kraft liner dan kertas medium bergelombang. 

Cardboard Box

Cardboard Box adalah kemasan yang terbuat dari kertas karton atau lebih dikenal dengan kotak kertas. Bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan Cardboard Box adalah ivory, art carton, dan duplex. Bahan kemasan yang digunakan sebagai kotak kertas akan melalui proses pencetakan, pemotongan dan pembuatan pola yang rapi. Untuk mempermudah membuat Cardboard Box yang berkualitas, para pebisnis bisa mencoba menggunakan mesin pembuat box.

Rigid Box

Rigid box merupakan salah satu jenis kemasan yang dikenal memiliki tampilan yang menawan dan mewah sehingga dapat meningkatkan nilai dan citra suatu merek atau produk. Pasalnya, pembuatan kotak kemasan ini menggunakan bahan papan yang dilapisi dengan kertas cetak. Bahan yang digunakan untuk rigid box juga sangat kokoh sehingga produk akan terjamin aman di dalam container, sehingga baik produsen maupun konsumen tidak perlu khawatir jika barang rusak.

Biasanya, Rigid box digunakan sebagai kemasan untuk perangkat elektronik, ponsel, jam tangan, dan lain-lain. Bentuk dari rigid box sendiri juga sangat bervariasi karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Karena itulah untuk membuat dan mencetak produk ini, membutuhkan ketekunan dan kerapian, sehingga dalam membuat kotak ini biasanya hanya bisa diproduksi dalam jumlah minimal dan waktu yang cukup untuk pengerjaan yang maksimal.

Namun jika anda menginginkan proses pembuatan rigid box yang lebih efisien, Anda dapat menggunakan mesin rigid box maker. Jenis-jenis mesin pembuat Rigid box yang dibutuhkan untuk membuat kemasan kaku antara lain;

  • Mesin Isolasi Kotak

Alat pertama yang dibutuhkan untuk membuat Rigid box adalah mesin isolasi kotak. Mesin pembuat kotak ini berfungsi untuk merekatkan setiap sisi kotak, yang membuat Rigid box berdiri. Selanjutnya, paket setengah jadi ini juga akan ditutup dengan kertas sampul agar terlihat lebih menarik.

  • Mesin Lem

Sesuai dengan namanya, salah satu rangkaian mesin yang dibutuhkan dalam pembuatan regid box ini berfungsi untuk membantu pengaplikasian lem pada material. Seluruh permukaan material yang masuk ke mesin ini akan diolesi lem untuk memastikan rigid box menempel sempurna. Dalam pembuatan rigid packaging, mesin rigid box ini berguna untuk menempelkan cover yang akan digunakan sebagai lapisan luar pada rigid box.

Demikian ulasan tentang Ketahuilah Fungsi dan Jenis Kotak Kemasan seperti yang dilansir situs slot, semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment