Soloensis

Alasan Anda Mungkin Perlu Mengupgrade Motherboard PC

images (26)

PC yang lambat sangat memusingkan. Seringkali, mengupgrade perangkat keras adalah solusi akhir. Saat membahas upgrade komponen PC, banyak yang berpikir untuk mendapatkan CPU yang jauh lebih baik atau memasang lebih banyak RAM. Pada kenyataannya, upgrade motherboard mungkin juga diperlukan karena ini adalah platform pusat yang akan memungkinkan semua komponen PC Anda berkomunikasi. 

Seberapa sering Anda harus mengupgrade motherboard Anda? Lalu bagaimana cara mengetahui sudah waktunya membeli yang baru? Pada bagian ini, kita akan membahas alasan untuk mempertimbangkan mengupgrade motherboard milik Anda dan apakah Anda memiliki pilihan lainnya selain mengupgrade. 

Haruskah Anda Mengupgrade Motherboard Pada PC? 

Anda harus mengupgrade motherboard Anda jika Anda ingin memasang modul CPU atau RAM tipe baru yang tidak kompatibel dengan board milik Anda pada saat ini. Selain itu, Anda mungkin juga akan sangat memerlukan motherboard baru ini jika berencana untuk melakukan overclocking pada komponen Anda karena motherboard yang dapat di-overclock memiliki sebuah modul pengatur tegangan yang jauh lebih tahan lama. Alasan ketiga adalah untuk mendapatkan fitur baru seperti satu atau beberapa hal berikut:

  • I/O yang jauh lebih banyak dan lebih cepat, termasuk USB 3.0.

  • Dukungan M.2 NVME.

  • Slot ekspansi PCI generasi terbaru.

  • Konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi terpasang.

  • Mengupgrade fungsionalitas BIOS.

  • Lebih banyak RGB dan header kipas.

Terakhir, mengganti motherboard lama Anda mungkin merupakan satu-satunya pilihan Anda jika motherboard saat ini rusak.

Semua komponen elektronik akan rusak, begitu pula motherboard. Masalah kecil apa pun juga dapat menyebabkan PC tidak berfungsi dan menandakan perlunya peningkatan. Akan lebih baik jika Anda tidak selalu menunggu komponen rusak sebelum mempertimbangkan untuk menggantinya. Dengan penjelasan singkat tersebut, marilah kita gali lebih dalam setiap alasan dan pertimbangkan nuansanya.

Penggantian CPU

CPU baru yang lebih cepat mungkin merupakan alasan utama untuk mengupgrade motherboard Anda. Jika sistem Anda lambat dan penggunaan CPU Anda lebih dari 90 persen saat idle, maka ini merupakan petunjuk bahwa Anda harus mempertimbangkan untuk mengupgrade CPU Anda. Komputer Anda juga dapat memperoleh manfaat dari upgrade CPU jika komputer tersebut memiliki komputer lama dengan jumlah inti terbatas (misalnya, dua inti) atau kecepatan jam yang jauh lebih rendah (misalnya, 2,5 GHz).

Sebelum membeli CPU baru untuk PC Anda, maka pastikan terlebih dahulu bahwa motherboard yang Anda miliki memiliki soket yang sesuai. Saatnya untuk melakukan upgrade jika motherboard Anda tidak mendukung soket CPU baru. Misalnya, Anda tidak dapat memasang CPU Intel Generasi ke-12 terbaru pada motherboard dengan soket LGA1200 karena model baru tentu akan memerlukan soket LGA1700. 

Karena soket motherboard digunakan bersama antar generasi CPU, upgrade motherboard ini bersifat opsional. Anda tidak perlu membeli motherboard baru jika CPU lama dan baru menggunakan soket CPU yang sama. Maka Anda mungkin perlu menginstal pembaruan BIOS agar CPU berfungsi dengan benar.

Upgrade RAM PC

Mengupgrade ke versi RAM yang jauh lebih baru ini memerlukan motherboard yang dapat mendukung modul RAM baru. RAM menggunakan teknologi Double Data Rate (DDR) untuk mentransfer data antara penyimpanan permanen dan CPU Anda. Sejauh ini, kita sudah memiliki lima generasi teknologi ini, dan tidak ada satupun yang kompatibel. Dengan kata lain, maka motherboard Anda harus mendukung versi DDR yang tepat jika Anda ingin menikmati segera manfaat kinerja dari generasi RAM yang lebih baru ini.

Jika ingin mengupgrade RAM DDR3 ke DDR5, Anda juga perlu membeli motherboard baru ini. Tentu saja memasang lebih banyak RAM pada generasi yang sama merupakan pilihan ketika ingin mengupgrade sistem Anda. Kecepatan transfer data masih dibatasi hingga 2133 MT/s, namun mengupgrade kapasitas mungkin akan memuluskan sebagian besar gangguan yang Anda alami dengan pengaturan Anda saat ini.

Fitur Paling Terbaru

Anda mungkin tidak akan menganggap motherboard sebagai bagian termewah dari komputer Anda dengan fitur-fitur yang sangat keren. Namun, seperti semua hal yang berhubungan dengan komputer, industri motherboard yang ada pada saat ini telah mengalami kemajuan signifikan. Untuk mendapatkan manfaat dari kemajuan yang satu ini, Anda perlu meningkatkan sistem Anda. Mengganti motherboard memiliki beragam keuntungan ini. Misalnya, Bluetooth dan Wi-Fi tidak tersedia di semua motherboard.

Fitur-fitur ini sangat penting di dunia modern, meskipun itu bukan komponen motherboard yang paling penting. Teknologi Wi-Fi standar yang tersedia saat ini adalah Wi-Fi 6 . Ini menawarkan koneksi paling stabil. Versi Bluetooth terbaru saat ini adalah 5.2, dan banyak yang menganggapnya sebagai upgrade besar dibandingkan 5.0 dan bahkan 5.1. Fitslotur terbaiknya adalah kapasitasnya untuk transaksi paralel ini. 

Memungkinkan Anda untuk menghubungkan beberapa perangkat Bluetooth secara bersamaan. Dengan mengupgrade motherboard, Anda dapat menggunakan SSD M.2 NVME, SSD kecil yang dimasukkan ke dalam motherboard Anda. SSD ini jauh lebih cepat dibandingkan SSD lama dan menawarkan keandalan yang jauh lebih baik karena dipasang langsung pada motherboard, sehingga tidak memerlukan kabel ini.

Demikian ulasan tentang Alasan Anda Mungkin Perlu Mengupgrade Motherboard PC seperti yang dilansir slot , semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment