Soloensis

Kunjungan Keberagaman

IMG-20240201-WA0016
Kunjungan

Pada tanggal 27 Januari 2024, Siswa/i SMP Negeri 2 Surakarta yang beragama kristen dan katholik, berkunjung ke berbagai tempat tempat ibadah yang ada Indonesia tepat nya di Kota Semarang, kami mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong, Gereja Katedral Semarang, Pon Pes Roudhotus Solihin, dan terakhir kami berkunjung ke Vihara Avalokitesvara.

 

Kunjungan yang bukan hanya sekedar hiburan, namun sangat berkesan dan menambah wawasan. saya yang sebelumnya berpandangan bahwa kaum minoritas seperti kami, akan selalu di kucil kan, dan dimaki maki, nyata nya… kami disambut dengan penuh kehangatan dan kegembiraan.

 

Menurut saya, tempat yang paling berkesan adalah saat kami berkunjung ke Pon Pes Roudhotus Solihin, walau jalan menuju kesana tidak lah mudah, tempat yang jauh dari toko toko modern, bangunan yang rata rata masih bermaterial kayu, namun siapa sangka, kami disambut dengan meriah, baik oleh Santriwan/Santriwati, Pembawa acara, dan Pengurus pengurus ponpes

 

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kegiatan kunjungan ini, kami bisa merasakan dan memberi rasa hormat satu sama lain, ini lah mengapa “pentingnya rasa toleransi dipupuk sejak dini” agar tidak lagi terjadi konflik konflik antar Agama, Ras, Suku, Etnis, dan Kebudayaan yang ada.

 

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus memperdalam rasa persaudaraan, dan melanjutkan perjuangan para pahlawan, yang telah berjuang untuk menyatukan dan menyejahterakan Bangsa Indonesia dari kejam nya kaum penjajah, hingga kita bisa menikmati apa yang sudah kita dapatkan sampai di titik ini, maka sudah seharusnya kita tidak menjadikan perbedaan sebagai suatu yang harus dipermasalahkan, justru perbedaan adalah suatu pemicu terjadinya rasa persaudaraan, untuk saling melengkapi satu sama lain.

 

Saya Maria Vanessa M.H dari SMP Negeri 2 Surakarta, mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan dalam berkata kata, dan juga mengucapkan Terimakasih yang sebanyak banyak nya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Maria Vanessa Margaretha Hulu

    Add comment