Soloensis

Keberagaman Agama Indonesia

a8e567f3c83449b0b9f7f21d1eefbd8c
Berkunjung demi toleransi yang kuat

Pada pagi hari tepatnya pada tanggal  27 Januari 2024, SMPN 2 Surakarta mengadakan acara natal bersama mengunjungi rumah rumah ibadah yang berada di Semarang. Awal mulanya kami pergi ke Sam Poo Kong. Disana kami di jelaskan tentang isi dari dalam Sam Poo Kong. Lanjut ke tempat ibadah umat Katolik yaitu Gereja Katedral. Disana kami dijelaskan tentang struktur bangunan kuno alami yang ada disana.

Untuk tempat ke-3 kami ke pesantren di daerah Demak. Awalnya saya ragu dan takut karena saya nonmuslim jadi takut tidak diterima sama sekali disana atau tidak disambut dengan baik. Ternyata tidak sama sekali, apa yang saja pikirkan tidak menjadi kenyataan. Dan nyatanya orang² dipesantren sangat ramah dan menyambut saya dan teman teman dengan baik. Disana saya saling berkenalan dan bertukar cerita tentang toleransi, selain itu kami semua juga makan bersama. Setelah selesai saya lanjut ke tempat tujuan rumah ibadah yang terahkir.

Tempat terahkir yaitu Vihara Watugong. Saat tiba disana sayang sekali tidak bisa masuk dan melihat lihat isi yang ada didalam Vihara tersebut. Tapi saya bersyukur karena saya bisa melihat suasana Vihara yang indah dimalam hari. Dari situ saya juga belajar tentang banyaknya keragaman di Indonesia lebih tepatnya keragaman agama di Indonesia dan juga saya belajar tentang cara bertoleransi disetiap keragaman di Indonesia.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Olavinda Kinarningtyas

    Add comment