Soloensis

Pahami Jenis-Jenis Investasi Perak

Investasi perak

Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi? Investasi Perak Apa yang Harus Anda Pahami? Pernahkah Anda mendengar tentang investasi perak? Inilah yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi di perak.  Perak adalah salah satu jenis logam mulia. Seperti logam mulia lainnya, logam mulia ini dapat dijadikan salah satu jenis investasi. Faktanya, mereka lebih tepat digambarkan sebagai lindung nilai mata uang. Karena logam-logam tersebut tidak terpengaruh oleh inflasi.

Dibandingkan dengan menghemat tagihan, itu pasti sepadan. Investopedia juga mengatakan bahwa membeli logam mulia dapat digunakan untuk mendiversifikasi portofolio.  Uniknya, perak tidak hanya digunakan untuk investasi. Itu juga dibutuhkan di berbagai industri. Misalnya untuk membuat peralatan makan, mesin dan lainnya. Oleh karena itu, tidak hanya investor yang mempengaruhi harga perak. Ia juga dipengaruhi oleh  industri.

Baca Juga : Perak Atau Emas, Sebagai Pilihan Berinvestasi Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Investasi Perak yang Perlu Anda Pahami

Berinvestasi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan  dalam bidang keuangan, karena kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar perekonomian berjalan dengan baik dan lancar. Bahkan ada yang mempelajari investasi secara mendalam karena kegiatan ini sangat penting dan dapat mempengaruhi kualitas hidup mereka di masa depan.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan berbagai macam investasi, baik  investasi jangka panjang maupun  jangka pendek. Tentunya sangat penting untuk memahami pilihan jenis investasi ini  sejak awal, karena ada beberapa risiko yang terkait dengan investasi apa pun. Selain emas, investasi  perak menjadi pilihan banyak orang karena jenis investasi  ini dinilai mampu menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi, bahkan ada yang meyakini bahwa investasi  ini lebih menjanjikan dibandingkan investasi emas itu sendiri.

Namun pembelian investasi ini  harus dilakukan dengan penuh pertimbangan, karena perak sendiri tidak begitu  dipilih sebagai investasi di Indonesia. Oleh karena itu, akses jualan tidak semudah jual beli emas, karena Anda juga tidak banyak mendengar informasi mengenai jual beli ini. Selain itu, tingkat kesulitan dalam mempertahankannya juga sedikit lebih sulit, karena perak dapat teroksidasi (bereaksi dengan oksigen) sehingga warnanya kusam dan kusam.

Jika  dalam kondisi tercoreng dan tercoreng, harga jual perak bisa turun drastis atau bahkan tidak laku. Tentunya investasi yang tidak dapat ditebus akan mengakibatkan banyak kerugian bukan?

Pilihan Jenis Investasi Perak

Seperti investasi lainnya, Anda bisa mendapatkan perak  dalam dua bentuk investasi, yaitu berwujud (fisik) dan  sertifikat (aset). Nyaman bagi Anda, dimana Anda dapat lebih mudah memilih dan membeli bentuk investasi yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika dilihat dari harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan emas, maka Anda tentu bisa saja mengalami kesulitan dalam menyimpan sendiri investasi yang satu ini di rumah, terutama jika Anda membelinya dalam jumlah yang besar. Hal-hal seperti inilah yang patut menjadi sebuah pertimbangan awal, sebab berbagai biaya yang akan Anda keluarkan untuk investasi tentu akan sangat berpengaruh pada imbal hasil yang akan diberikan oleh investasi itu sendiri.

Simak beberapa jenis investasi perak berikut ini yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan:

1. Koin dan Batangan

Bentuk koin dan batangan menjadi jenis investasi yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, terutama bagi Anda yang memang hanya memiliki sejumlah dana investasi yang tidak begitu besar. Di Indonesia sendiri, koin perak dan batangan ini secara resmi dijual oleh PT ANTAM dalam beberapa bentuk. Anda bisa leluasa memilih jenis perak yang Anda inginkan di perusahaan resmi milik pemerintah ini. Namun jangan lupa untuk mempertimbangkan biayanya sejak awal, sehingga investasi Anda memang menguntungkan.

2. Exchanged Trade Funds (ETF) Perak

Jika ingin berinvestasi dalam bentuk perak yang lebih praktis, maka Anda bisa menggunakan ETF ini sebagai solusinya. ETF memungkinkan Anda untuk menginvestasikan sejumlah dana Anda ke dalam bentuk saham, dimana produk yang satu ini memang dapat diperdagangkan di dalam pasar modal. Ini akan lebih menguntungkan bagi keuangan Anda, terutama jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam mengawasi pergerakan harga investasi tersebut dengan baik. Anda tidak akan dipusingkan dengan proses pembelian, penjualan, atau bahkan penyimpanan sebagaimana yang dibutuhkan dalam investasi koin perak/batangan.

Baca Juga : Cara Investasi Emas Batangan Antam Bagi Pemula

3. Kontrak Perak Berjangka

Anda juga bisa memilih investasi yang satu ini sebagai pilihan, terutama bagi Anda yang memang tidak ingin mengalami kerepotan untuk menyimpan dan juga mengurus investasi perak Anda dalam bentuk fisik. Investasi berjangka ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang sangat besar, sebab investasi ini memang memiliki leverage yang cukup tinggi. Namun, sangat penting bagi Anda untuk memahami dan memiliki kemampuan yang baik terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda terjun ke dalam instrumen investasi yang satu ini, sebab risiko yang terkandung di dalamnya juga terbilang tinggi.

4. Perusahaan Pengolahan Perak (Silver–Streaming Companies)

Jika memiliki kemampuan yang cukup baik, Anda juga bisa berinvestasi pada perusahaan perak seperti ini. Sebagian besar perak dunia memang dihasilkan sebagai hasil tambang sampingan (bukan hasil utama) dari sejumlah penggalian yang dilakukan terhadap berbagai logam lainnya. Di dalam perusahaan ini, berbagai pengolahan logam dilakukan, bahkan mereka bisa mengubah timah menjadi emas dan perak dengan melakukan sejumlah proses pengolahan tertentu. Namun jangan lupa untuk tetap mempertimbangkan risiko yang harus Anda tanggung di dalam investasi ini, sebab aksi mogok tenaga kerja pertambangan dan juga berbagai risiko lainnya juga terbilang sangat besar, pasti akan mempengaruhi kinerja investasi Anda.

5. Perusahaan Pertambangan

Anda juga bisa menginvestasikan dana Anda pada perusahaan pertambangan perak. Sebagaimana jenis saham lainnya, saham perusahaan perak juga bisa saja mengalami masalah yang kemudian menimbulkan turunnya harga secara signifikan. Jika ingin berinvestasi di perusahaan seperti ini, pastikan Anda memiliki sejumlah dana cadangan yang memadai, sebab terlalu berisiko bagi Anda untuk menjual/melepas saham Anda secara terburu-buru ketika kinerja pasar sedang lesu.

Pahami dan Kelola Investasi Perak Anda

 

Apapun jenis investasi perak pilihan Anda, pastikan Anda memahami dengan baik semua risiko yang terdapat di dalamnya, sehingga Anda bisa mengelolanya dengan sebaik mungkin dan mendapatkan imbal hasil yang paling maksimal.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment