Soloensis

Ini Dia Rekomendasi Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba

images (22)

Wilayah Sumatera Selatan terkenal dengan budayanya yang beragam. Dengan keanekaragaman budayanya, Sumatera Selatan menjadi daerah yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Satu hal yang menonjol adalah pilihan makanannya yang beragam. Perpaduan cita rasa kuliner melayu, cina dan lokal sumatera selatan.

Makanan Khas Sumatera Selatan juga sangat populer dan mempunyai penggemar dari berbagai daerah. Tak heran jika banyak pendatang dari berbagai kota selalu menyempatkan diri untuk mencicipi atau membawa pulang makanan khas Sumsel sebagai oleh-oleh. Bagi anda yang ingin berlibur ke daerah sumsel, wajib mencoba makanan khas daerah ini. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Rekomendasi Makanan Khas Sumatera Selatan

Pempek

Pempek merupakan makanan ringan yang terbuat dari olahan daging ikan dan tepung. Pempek disajikan dengan irisan timun, udang kering, dan saus cuko. Olahan pempek penuh variasi, misalnya pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek kinky dan lain-lain. Anda tidak akan bosan dengan berbagai macam olahan pempek. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Sumatera Selatan, pempek merupakan makanan wajib yang wajib Anda coba.

Martabak Palembang

Martabak ini hampir sama dengan martabak telur yang terdapat di daerah lain. Namun martabak palembang memiliki ciri khas pembuatan yang berbeda. Martabak telur disiram kuah kari kaya bumbu dan beberapa potong kentang. Rasa martabak ini sangat gurih sehingga dapat membuat Anda ketagihan ingin mencicipinya lagi. Martabak palembang cukup mudah ditemukan di kawasan Sumatera Selatan.

Mie Celor

Anda yang menyukai jajanan berupa mie pasti akan jatuh hati dengan Mie Celor. Tekstur mienya cukup kental seperti udon, lalu disiram dengan kaldu udang dan dicampur lalapan seperti tauge dan daun bawang. Mie celor cocok dijadikan santapan makan siang bagi Anda yang berkunjung ke Sumatera Selatan.

Laksan

Makanan ini cocok dijadikan santapan di pagi hari. Bentuk laksan mirip dengan pempek lenjer, tebalnya 2 cm namun teksturnya lebih lembut dan mudah digigit. Laksan ini rasanya sangat lezat karena di dalam masakannya terbuat dari kuah yang gurih. Laksan mudah ditemukan di pasar pagi sekitar wilayah Sumsel.

Tekwan

Tekwan adalah bakso ikan versi Sumatera Selatan. Bedanya, tekwan menggunakan kuah ikan bening. Tekwan disajikan dengan olahan ikan yang sama seperti pempek lalu ditambah bihun, jamur kuping, dan kuah ikan. Tekwan ini memiliki rasa yang khas karena ditambah bumbu pelengkap seperti daun bawang yang dapat menambah cita rasa masakan ini. 

Kue Lapan Jam

Kue-kue yang sering ditemui pada hari raya kali ini cukup unik. Kue ini dibuat selama delapan jam, jadi rasa yang dimiliki sangat enak. Kue tersebut dikukus selama delapan jam dan setelah itu bisa dimakan. Kue ini terbuat dari 28 butir telur dan susu kental manis. Harus bersabar, menunggu delapan jam untuk menyantap kue manis ini.

Kemplang

Kemplang merupakan kerupuk khas Sumatera Selatan yang wajib Anda nikmati. Pengolahan ikan tenggiri dalam kemplang menambah cita rasa khas saat menyantapnya. Kemplang sangat populer dan biasa dijadikan oleh-oleh khas Sumatera Selatan.

Kemplang mempunyai dua jenis olahan yaitu kemplang bakar dan kemplang goreng. Ketika Anda sedang berlibur ke Sumatera Selatan, maka Anda bisa membeli kemplang sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah. 

Es Kacang Merah

Cuaca panas di Sumsel bikin pengen nyari minuman dingin. Es kacang merah khas Sumsel bisa jadi solusinya. Es kacang merah ini bisa Anda temukan di sekitar pinggir jalan. Es serut dan sirup serta berbagai topping pada es kacang merah ini mampu memanjakan lidah Anda.

Sambal Tempoyak

Tempoyak merupakan sambal khas dari Sumatera Selatan. Tempoyak terbuat dari daging durian yang difermentasi. Sambal tempoyak dibuat dengan cara digoreng bersama campuran cabai dan bawang bombay. Rasa durian yang terfermentasi membuat sambal tempoyak menjadi cocolan yang nikmat ditemani nasi putih hangat.

Pindang Patin

Untuk makan siang di Sumsel, jangan lupa menikmati sajian pindang patin. Kuah patin pindang yang khas dengan perpaduan rasa asam, manis, dan pedas pasti bikin ngiler. Saat anda sarapan lauk pindang patin, maka sebaiknya dipadukan dengan minuman es teh manis. 

Celimpungan

Makanan ini bentuknya bulat seperti pempek. Namun celimpungan ini mempunyai adonan yang berbeda dengan pempek. Selain itu, makanan ini disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan dan campuran bumbu lainnya, membuat cita rasa celimpungan kaya dengan aroma rempah yang sedap.

Godo-Godo

Masakan ini mirip dengan pempek, hanya saja tanpa menggunakan olahan ikan di dalamnya. Godo-godo memiliki rasa yang khas yaitu pedas. Kita juga bisa membuat godo-godo sendiri. Bahannya tepung terigu, ubi dan telur. Godo-godo biasanya disantap dengan dipadukan cuko sebagai saus celupnya. 

Burgo

Burgo adalah adonan tepung beras yang dimasak dengan telur dadar tipis lalu ditaburi kuah santan yang nikmat. Bentuknya mirip dengan kwetiau dan lembut saat digigit. Kuah gurih yang dipadukan dengan santan dan berbagai bumbu melengkapi cita rasa makanan ini. Makanan ini menjadi menu favorit karena terbuat dari kuah yang kental. Makanan ini biasanya bisa Anda temukan di gang rumah. 

Lempok Durian

Makanan berbahan dasar durian merupakan salah satu makanan khas daerah Sumatera Selatan. Meski lempok durian juga bisa ditemukan di berbagai daerah lain di Sumatera, namun lempok durian khas Sumsel patut untuk dicicipi. Daging durian yang merupakan bahan utama lempok durian diaduk selama kurang lebih 2-3 jam. Bentuk akhir dari lempok durian mirip dengan dodol. Bagi anda penyuka durian lempok durian bisa mencoba jajanan ini.

Demikian ulasan tentang Ini Dia Rekomendasi Makanan Khas Sumatera Selatan Yang Wajib Dicoba seperti yang dilansir bandar Toto macau. Semoga bermanfaat. 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment