Soloensis

Alasan Kenapa Keamanan Siber itu Penting

images (31)

Keamanan siber penting karena melindungi semua kategori data dari pencurian dan kerusakan. Ini termasuk data sensitif, informasi pengenal pribadi (PII), informasi kesehatan yang dilindungi, informasi pribadi, kekayaan intelektual, data, dan sistem informasi pemerintah dan industri. Tanpa program keamanan siber, organisasi tidak dapat mempertahankan diri dari kampanye pelanggaran data, dan menjadikannya target yang tak tertahankan bagi penjahat siber.

Kedua risiko keamanan siber yang melekat dan risiko residual meningkat, didorong oleh konektivitas global dan penggunaan layanan cloud untuk menyimpan data sensitif dan informasi pribadi. Konfigurasi buruk yang tersebar luas dari layanan cloud yang dipasangkan dengan penjahat dunia maya yang semakin canggih berarti sangat risiko bahwa organisasi Anda menderita serangan cyber.

Para pemimpin bisnis tidak bisa lagi hanya mengandalkan solusi keamanan siber yang siap pakai seperti perangkat lunak antivirus dan firewall, penjahat siber semakin pintar dan taktik mereka menjadi lebih tangguh terhadap pertahanan siber konvensional. Ancaman dunia maya dapat datang dari tingkat mana pun di organisasi Anda. Anda harus mendidik staf Anda tentang penipuan rekayasa sosial sederhana. 

Seperti phishing dan serangan keamanan siber yang lebih canggih seperti serangan ransomware (pikirkan WannaCry ) atau malware lain yang dirancang untuk mencuri kekayaan intelektual atau data pribadi. GDPR dan undang-undang lainnya berarti bahwa keamanan siber bukan lagi sesuatu yang dapat diabaikan oleh bisnis dengan ukuran apa pun juga.

Insiden keamanan secara teratur mempengaruhi bisnis dari semua ukuran dan sering kali membuat halaman depan menyebabkan kerusakan reputasi permanen pada perusahaan yang terlibat. Untuk membantu Anda memahami pentingnya keamanan dunia maya, kami telah menyusun postingan yang menjelaskan berbagai elemen kejahatan dunia maya yang mungkin tidak Anda sadari.

Apa itu Keamanan Siber?

Keamanan siber adalah keadaan atau proses melindungi dan memulihkan sistem computer seperti jaringan, perangkat, dan program dari segala jenis serangan siber. Serangan dunia maya adalah bahaya yang semakin canggih dan berkembang terhadap data sensitif, karena penyerang menggunakan metode baru yang didukung oleh rekayasa sosial dan kecerdasan buatan. 

Apa Saja Alasan Kenapa Keamanan Siber itu Penting?

Faktanya adalah dunia semakin bergantung pada teknologi dan ketergantungan ini akan berlanjut saat kami memperkenalkan generasi berikutnya dari teknologi baru yang akan memiliki akses ke perangkat kami yang terhubung melalui Bluetooth dan Wi-Fi. Untuk menjaga data pelanggan tetap terlindungi sambil merangkul teknologi baru, solusi keamanan cloud yang cerdas harus diterapkan untuk mencegah akses yang tidak sah dan mendorong penggunaan kata sandi yang kuat.

Pentingnya Keamanan Siber

Pentingnya keamanan siber sedang meningkat. Pada dasarnya, masyarakat kita lebih bergantung pada teknologi daripada sebelumnya dan tidak ada tanda-tanda bahwa tren ini akan melambat. Kebocoran data yang dapat mengakibatkan pencurian identitas kini diposting secara publik di akun media sosial. Informasi sensitif seperti nomor jaminan sosial, informasi kartu kredit. 

Dan detail rekening bank kini disimpan di layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox atau Google Drive. Faktanya adalah apakah Anda seorang individu, bisnis kecil atau multinasional besar, Anda bergantung pada sistem komputer setiap hari. Pasangkan ini dengan peningkatan layanan cloud, keamanan layanan cloud yang buruk, ponsel cerdas, dan Internet of Things (IoT). 

Dan kami memiliki segudang ancaman keamanan siber yang tidak ada beberapa dekade yang lalu. Kita perlu memahami perbedaan antara keamanan siber dan keamanan informasi, meskipun keahliannya semakin mirip. Pemerintah di seluruh dunia memberikan perhatian lebih pada kejahatan dunia maya.

Mengapa Kejahatan Dunia Maya Meningkat?

Seperti yang dilansir slot Pencurian informasi adalah segmen kejahatan dunia maya yang paling mahal dan paling cepat berkembang. Sebagian besar didorong oleh meningkatnya paparan informasi identitas ke web melalui layanan cloud. Tapi itu bukan satu-satunya sasaran. Kontrol industri yang mengelola jaringan listrik dan infrastruktur lainnya dapat terganggu atau hancur.  Dan pencurian identitas bukanlah satu-satunya tujuan, serangan cyber mungkin bertujuan untuk mengkompromikan integritas data. 

Karena hal ini akan menumbuhkan ketidakpercayaan pada organisasi atau pemerintah. Penjahat dunia maya menjadi lebih canggih, mengubah apa yang mereka targetkan, bagaimana mereka memengaruhi organisasi, dan metode serangan mereka untuk sistem keamanan yang berbeda. Rekayasa sosial tetap menjadi bentuk serangan siber yang paling mudah dengan ransomware, phishing. 

Serta spyware sebagai bentuk masuk yang mudah. Vendor pihak ketiga dan keempat yang memproses data Anda dan memiliki praktik keamanan siber yang buruk adalah vektor serangan umum lainnya, membuat manajemen risiko vendor dan manajemen risiko pihak ketiga menjadi lebih penting. Itulah ulasan tentang alasan kenapa keamanan siber itu penting. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment