Soloensis

Yuk Ketahui Apa Saja Penyebab Baterai HP Cepat Habis

images (26)

Hp merupakan salah satu hal yang penting saat ini. Kehadirannya dapat mempermudah segala urusan dan juga memperlancar interaksi. Tak hanya itu, dengan berkembangnya dunia kerja saat ini, aktivitas kerja juga banyak dilakukan dengan menggunakan ponsel. Namun banyak orang yang mengeluhkan penyebab baterai ponsel cepat habis.

Penyebab baterai hp cepat habis adalah karena penggunaan hp yang tinggi, yang pada akhirnya mengakibatkan konsumsi baterai berlebih yang dapat menyebabkan hp kembung dan mati sendiri. Tapi jangan khawatir. Penyebab Baterai HP Cepat Habis akan kami ulas berikut ini.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Ada Aplikasi Yang Berjalan Di Latar Belakang

Salah satu penyebab baterai ponsel cepat terkuras adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini berlaku bagi Anda yang lupa menutup aplikasi yang sedang terbuka dan tanpa disadari aplikasi tersebut masih berjalan di background. Ketika muncul notifikasi pesan, Anda langsung menekannya hingga muncul layar lalu beralih ke aplikasi chat. 

Daftar history media sosial yang Anda buka tanpa sadar masih berjalan di layar belakang, dan inilah yang membuat baterai ponsel Anda boros. Anda bisa mengeceknya di bagian pengaturan, dengan begitu Anda akan melihat aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan daya baterai. 

Setelah dicentang, Anda dapat mengatur aplikasi untuk menonaktifkannya dari latar belakang jika tidak diperlukan lagi. Bagi Anda yang suka bermain game, sebaiknya lebih selektif dalam mendownload sejumlah game di ponsel Anda.

WiFi Dan GPS Masih Menyala

Salah satu penyebab baterai lemah yaitu karena Wifi dan GPS masih menyala. Terkadang ketika Anda membuka aplikasi Maps berarti Anda secara otomatis mengaktifkan fitur GPS. Setelah selesai menggunakan lupa mematikannya. Hal inilah yang bisa semakin menguras baterai ponsel kamu.

Mengaktifkan Wifi secara terus menerus juga dapat menghabiskan daya ponsel lebih banyak. Memang ketika Anda terhubung ke Wifi akan lebih menghemat biaya kuota, namun sinyal Wifi yang hanya berputar akan membuat daya baterai pada ponsel Anda terbuang sia-sia.

Layar Terlalu Terang

Layar HP terlalu terang biasanya sering digunakan oleh orang tua. Karena mata yang lebih tua biasanya sulit untuk membaca atau menonton video di layar hp, hal ini yang dapat menyebabkan daya ponsel cepat melemah. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan kecerahan layar normal saja. Selain itu gunakanlah wallpaper dengan warna yang gelap. Selain itu, segera matikan ponsel Anda jika sudah tidak digunakan lagi.

Sinyal Yang Sulit Didapat

Selanjutnya salah satu penyebab hp kamu cepat habis adalah karena sinyal yang sulit didapat. Karena ponsel Anda sedang bekerja keras untuk bisa terhubung dengan sinyal. Jika digunakan terus menerus, maka baterai ponsel cepat terkuras.

Google Maps Selalu Aktif

Google Maps merupakan aplikasi yang sangat berguna untuk mengetahui lokasi dan petunjuk arah. Namun aplikasi ini juga harus mengaktifkan GPS sehingga membutuhkan banyak daya baterai. Anda bisa mengatasinya dengan mematikan fitur lokasi saat tidak menggunakan Google Maps.

Baterai Hp Rusak

Baterai ponsel mempunyai umur tertentu, dan akan menurun seiring berjalannya waktu. Baterai ponsel yang sudah tua atau rusak akan mudah panas, membengkak, atau cepat habis. Anda bisa mengatasinya dengan mengganti baterai ponsel dengan yang baru.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

Menurunkan Kecerahan Layar 

Seringkali Anda meningkatkan kecerahan layar ponsel Anda, terutama saat Anda berada di luar ruangan. Tentu saja tujuannya untuk menghindari silau pada layar dan membuatnya lebih nyaman digunakan. Namun kecerahan layar yang terlalu tinggi memaksa kinerja baterai menjadi maksimal. 

Oleh karena itu, untuk menghemat daya baterai, Anda bisa menurunkan kecerahan layar ponsel Anda. Pengguna hanya perlu menggeser atau menggulir menu dropdown yang ada di ponsel. Selanjutnya, turunkan kecerahan layar. Salah satu caranya adalah dengan mengalihkan tampilan aplikasi ke mode gelap. Melalui mode gelap, pengguna dapat mengurangi intensitas kecerahan layar ponselnya saat menggunakannya di luar ruangan.

Nonaktifkan fitur WiFi Atau Hotspot

Tidak jarang pengguna menggunakan WiFi publik saat berada di lokasi tertentu. Setelah tidak digunakan, terkadang pengguna lupa menonaktifkan fitur WiFi. Hal seperti ini tanpa Anda sadari bisa saja menguras daya ponsel Anda. Begitu juga dengan hotspot smartphone yang aktif. 

Meski tidak jarang fitur ini otomatis mati saat tidak digunakan, namun ada baiknya pengguna segera menonaktifkannya saat tidak digunakan. Dengan begitu baterai ponsel akan lebih awet dan tidak mudah habis.

Nonaktifkan Aplikasi Google Maps 

Akses Google Maps seringkali dibutuhkan saat menggunakan aplikasi lain. Inilah sebabnya mengapa pengguna umumnya selalu mengaktifkan Gmaps. Ternyata Gmaps yang terus aktif menyebabkan baterai ponsel lebih cepat terkuras. Jika Anda berada dalam posisi genting dan akan menggunakan ponsel dalam waktu lebih lama, ada baiknya Anda menonaktifkan sementara Google Maps.

Nonaktifkan Beberapa Notifikasi

Beberapa aplikasi biasanya secara otomatis menampilkan notifikasi di ponsel. Biasanya aplikasi berita sering dan rutin memberikan notifikasi berita terkini melalui notifikasi. Jika pengguna merasa terlalu banyak notifikasi yang menumpuk dari berbagai aplikasi, Anda bisa menonaktifkannya.

Demikian ulasan artikel tentang Yuk Ketahui Apa Saja Penyebab Baterai HP Cepat Habis seperti yang dilansir sbobet. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment