Soloensis

TETANGGAKU SEPERTI KELUARGAKU

IMG-20230402-WA0027

TETANGGAKU SEPERTI KELUARGAKU

Ada sebuah desa di kecamatan Grogol yaitu desa Sanggrahan, Khususnya di kampung Ngronggah. Saya melihat bahwa semua masyarakat masih menjaga kerukunan dan toleransi. Mereka tidak memandang perbedaan Agama,Suku,Ras. dan Budaya.

Sejak dahulu saya melihat Ketika warga Ngronggah menerapkan sikap Toleransi contohnya nya ketika ada warga yang beragama Kristen sedang mengadakan arisan yang dimana di dalam acara tersebut dihadiri oleh teman teman gereja, setelah menjelang siang mereka menyanyi nyanyi agar acara tersebut kelihatan seru, namun disaat seru seru nya berkumandang lah suara adzan, lalu tuan rumah pada acara tersebut memerintahkan kepada teman temannya untuk berhenti sejenak hingga salat tersebut selesai. 

         Kemudian Ketika ada seseorang atau warga muslim yang meninggal dunia, warga pun ikut membantu untuk menyiapkan proses pengurusan jenazah warga tersebut hingga ke pemakaman. Setelah acara pemakaman selesai warga ikut membersihkan atau membereskan tempat warga yang meninggal tadi karena masih banyak kursi yang belum dikembalikan. Setelah warga selesai membantu mebereskan semuanya,  warga pun pamit kepada tuan rumah, karena tuan rumah ini seorang muslim maka tuan rumah mengundang kepada seluruh warga untuk mengahadiri acara yasinan dan kirim doa kepada almarhum tersebut. Kemudian warga berangkat menuju acara yasinan dan kirim doa untuk warga yang sedang berduka tadi, meskipun ada beberapa warga yang non islam tapi mereka tetap datang dan mengikuti acara tersebut sampai selesai. 

Sangat indah Toleransi di Desa Ngronggah ini, Oleh karena itu upaya menjunjung Kerukunan dan Toleransi antar umat beragama sangat penting. Saya harap di generasi – generasi salanjutnya masyarakat Ngronggah ini tetap menjaga dan melestarikan Kerukunan dan Toleransi antar umat Beragama.

Kerukunan antar umat Beragama merupakan keadaan hubungan antarumat beragama yang di landasi Toleransi, saling pengertian dan saling menghormati dalam pengamalan ajaran agama serta Kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat.

Toleransi mengandung pengertian adanya sikap seseorang untuk menerima perasaan, kebiasaan, pendapat atau kepercayaan yang berbeda dengan yang dimilikinya. Namun Susan mendus dalam bukunya, Toleransi menjadi dua bagian macam, yakni Toleransi negative (negative interpretation of tolerance) dan Toleransi positif (positive interpretation of tolerance).

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment