Soloensis

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Dengan Baik Dan Benar

images (26)

Menjawab setiap pertanyaan wawancara dengan baik selalu menjadi harapan setiap pelamar. Namun kenyataannya, pertanyaan-pertanyaan tersebut seringkali berbeda dengan apa yang dibayangkan. Tidak jarang pelamar merasa terjebak dan kesulitan memberikan jawaban saat wawancara.

Pada dasarnya, pertanyaan dan jawaban wawancara kerja bukanlah sesuatu yang luar biasa sulit. Pelamar hanya perlu memahami pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan baik terlebih dahulu, sebelum akhirnya memberikan jawaban. Dalam hal ini, ketenangan tentu dibutuhkan. 

Wawancara merupakan proses yang sangat penting dalam mendapatkan pekerjaan, sehingga Anda harus mempersiapkannya dengan baik. Nah berikut ini kami akan membahas tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja dengan baik.

Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Bisa Ceritakan Tentang Diri Anda? 

Ini adalah salah satu pertanyaan paling umum dalam wawancara. Jawablah pertanyaan ini dengan memperkenalkan diri sekaligus memberikan gambaran bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk menempati posisi yang ditawarkan. Ceritakan kepada kami tentang latar belakang pendidikan Anda, keterampilan yang Anda kuasai atau bahkan pengalaman organisasi Anda selama ini.

Apa Hobi Anda?

Fokuslah untuk bercerita tentang hobi positif dan apakah ada kaitannya dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda hobi traveling, maka ceritakan bagaimana kegiatan ini membuat Anda terampil mengatur waktu dan bepergian dengan baik, termasuk disiplin dalam mengikuti jadwal. Katakanlah hal ini membuat Anda terbiasa dengan jadwal yang ketat dan disiplin yang tinggi, termasuk saat bekerja.

Bagaimana Anda Mendapatkan Info Tentang Pekerjaan Ini?

Tujuan dari pertanyaan jenis ini adalah untuk mengetahui minat pelamar terhadap perusahaan. Berikan jawaban yang jujur dan jangan bertele-tele. Jika Anda mendapatkan informasi secara online, beri tahu kami bagaimana Anda akhirnya memutuskan untuk melamar.

Apa Skill Terbaikmu? 

Pertanyaan wawancara ini biasanya bertujuan untuk mengetahui apakah keahlian pelamar sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan. Penting untuk mengetahui terlebih dahulu keterampilan apa yang dibutuhkan untuk posisi yang Anda lamar, agar jawabannya bisa relevan.

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Posisi Ini?

Ini juga merupakan pertanyaan yang hampir selalu muncul dalam wawancara kerja. Untuk menjawabnya dengan baik, penting untuk memahami detail tentang pekerjaan itu sendiri, seperti deskripsi pekerjaan dan juga keterampilan yang dibutuhkan disana, sehingga pertanyaan dan jawaban wawancara kerja dapat sinkron.

Apa Yang Membuat Anda Tertarik Pada Posisi Ini?

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan seperti ini dalam wawancara adalah dengan menyebutkan keterampilan atau passion apa yang sesuai untuk posisi tersebut. Bagi freshgraduate, Anda bisa menceritakan relevansi jurusan yang Anda ambil, termasuk keterampilan lain yang dipelajari di luar perguruan tinggi, misalnya mata kuliah.

Apa Saja Yang Anda Tahu Tentang Perusahaan Kami? 

Pertanyaan ini pasti muncul sebagai pertanyaan wawancara kerja dan jawabannya tentu saja harus benar. Cari tahu informasi tentang perusahaan yang Anda lamar sebelum wawancara, seperti bisnis yang dijalankan perusahaan, profil perusahaan, budaya kerja, dan lain-lain.

Coba Sebutkan Motivasi Anda Bekerja Disini?

Berikan jawaban yang menunjukkan antusiasme dan ketertarikan terhadap perusahaan. Pelamar harus menunjukkan keyakinan bahwa perusahaan adalah tempat terbaik bagi mereka untuk mengejar karir profesional.

Mengapa Kami Harus Menerima Anda?

Jawablah pertanyaan wawancara ini dengan memberikan penjelasan mengenai keterampilan profesional yang Anda kuasai, termasuk kemampuan lain yang dapat menunjang kelancaran pekerjaan.

Apa Pencapaian Terbesar Yang Pernah Anda Dapatkan?

Jawablah pertanyaan wawancara ini dengan menyebutkan prestasi-prestasi yang pernah Anda raih selama kuliah, baik di bidang akademik maupun bidang lainnya. Misalnya: menjuarai lomba menulis tingkat nasional, meraih juara pertama karya ilmiah, dan lain-lain.

Kapan Anda Bisa Mulai Bekerja Disini? 

Berikan jawaban yang tepat pada pertanyaan wawancara ini dan tentunya sesuai dengan kondisi Anda. Jika Anda masih freshgraduate, Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyatakan kesanggupan Anda untuk segera bergabung dengan perusahaan tersebut.

Berapa Gaji Yang Anda Inginkan?

Akan selalu ada pertanyaan tentang gaji. Penting untuk mengetahui kisaran gaji untuk posisi yang Anda lamar terlebih dahulu. Selain itu cari tahu juga UMR dan UMP terbaru sebagai bahan pertimbangan. Jika ditanya tentang gaji, maka berikan jawaban yang benar. Tidak ada salahnya menyebutkan jumlah nominalnya, asalkan jumlahnya wajar.

Apakah Ada Yang Ingin Anda Tanyakan?

Jangan lewatkan kesempatan ini dalam wawancara kerja. Ada beberapa pertanyaan penting yang bisa ditanyakan. Tanyakan kapan dan bagaimana hasil wawancara akan diberitahukan. Selain itu, tidak ada salahnya meminta saran atau masukan mengenai pekerjaan yang Anda lamar.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Dengan Baik Dan Benar seperti yang dikutip Indobet88. Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment