Soloensis

Wah Ini Dia Fungsi Cloud VPS Yang Wajib Anda Pelajari!

images (32)

Apakah Anda memiliki website? Jika ya, maka salah satu hal yang Anda inginkan adalah menjaga website tetap stabil dan berjalan lancar. Nah sebagai solusinya Anda bisa menggunakan Cloud VPS agar kinerja website menjadi lebih optimal. 

Fungsi Cloud VPS adalah menyediakan server virtual yang dapat memberikan kontrol penuh dan konfigurasi independen sesuai keinginan pengguna. Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Cloud VPS?

Apa itu Cloud VPS? Cloud VPS merupakan layanan private server yang memiliki server khusus untuk digunakan oleh pengguna tanpa harus membaginya dengan pengguna lain. Artinya satu pengguna mempunyai satu server. Setiap server virtual terus menjalankan sistem operasi lengkapnya sendiri, dan setiap server dapat di-boot ulang secara mandiri.

Biasanya dengan layanan ini Anda bisa melakukan aktivitas kapan saja, hingga 24 jam sehari. Hal ini disebabkan karena penggunaan root atau akses utama pada VPS cloud. Jadi cloud VPS memungkinkan Anda menggunakan sumber daya yang terukur dan tervirtualisasi.

Fungsi Cloud VPS

Penyimpanan File

Pertama, fungsi cloud VPS bisa digunakan untuk penyimpanan file hosting. Jika biasanya Anda menyimpan data melalui aplikasi seperti Google Drive atau situs penyimpanan lainnya. Jadi, cara kerja VPS adalah memungkinkan penggunanya menyimpan file berukuran besar.

Selain itu, VPS juga memungkinkan pengguna untuk mengakses file penyimpanan secara pribadi atau oleh pengunjung website. Fitur penyimpanan online yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan VPS adalah layanan berbagi file, foto, software, penyimpanan cadangan dan lain-lain.

Sumber Daya Khusus

Selanjutnya, cloud VPS dapat digunakan sebagai resource khusus untuk website. Artinya, semua sumber daya VPS akan didedikasikan hanya untuk situs web Anda. Tak hanya itu, jumlah RAM dan CPU yang tersedia jauh lebih besar, sehingga Anda bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa khawatir terhambat.

Menampung Traffic Tinggi

Biasanya salah satu alasan mengapa VPS sering digunakan adalah karena mampu menampung trafik yang tinggi. Jika Anda memiliki situs web yang selalu mendatangkan banyak lalu lintas, layanan ini cocok untuk Anda. Untuk mengetahui apakah website Anda mendatangkan traffic tinggi atau tidak. Biasanya penyedia layanan akan memberitahu Anda untuk segera berpindah dari layanan hosting ke layanan VPS. 

Meningkatkan Kinerja Website

VPS mempunyai resource yang khusus sehingga hal inilah yang menyebabkan performa website mencapai level yang lebih tinggi. Dengan sumber daya khusus ini, pemrosesan konten akan lebih cepat. Jika performa website meningkat, tentu dampaknya terhadap pengunjung website juga akan semakin tinggi.

Selain itu, proses yang berjalan di server bisa lebih cepat tanpa berdampak pada operasi lain jika dijalankan pada waktu yang bersamaan. Misalnya saja jika Anda ingin mengirim email dalam jumlah banyak, kinerja website tidak akan terhambat.

Sebagai Virtual Private Network (VPN)

Kemudian cloud VPS juga dapat digunakan sebagai virtual private network (VPN). VPN merupakan suatu jaringan yang terhubung melalui internet, namun hanya orang-orang tertentu saja yang mempunyai akses untuk membukanya. 

Oleh karena itu, VPN seringkali digunakan oleh perusahaan khusus untuk anggota atau karyawannya saja. Dengan cloud VPS hal ini dapat terwujud karena layanan ini dapat menyimpan data-data penting dengan aman.

Membantu Meningkatkan Green Platform

Hingga saat ini, pengurangan jejak karbon masih menjadi perhatian semua orang. Untuk itu, sebagai bentuk kontribusi untuk menguranginya, penggunaan teknologi ramah lingkungan juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah VPS. Mengapa? Karena VPS memiliki server khusus yang dapat membantu Anda mengurangi jejak karbon.

Memiliki Sistem Keamanan Yang Ketat

Anda tidak perlu khawatir tentang privasi data Anda. Sebab layanan VPS sangat mendukung sistem keamanan yang sangat baik bagi penggunanya. Hal ini juga disebabkan oleh ruang virtual yang digunakan dan adanya sistem root pada perusahaan. Jadi jika terjadi pelanggaran keamanan data yang terjadi pada pengguna lain, maka keamanan data Anda akan jauh lebih aman.

Server Dapat Diakses Dari Jarak Jauh

Yang membedakan dengan layanan lainnya adalah VPS dapat diakses dari jarak jauh. Artinya Anda sebagai pengguna tidak perlu repot datang ke kantor, karena dengan sistem ini Anda bisa mengakses komputer Anda dari mana saja. Selain itu, pengguna juga diberikan kendali penuh terhadap server kapan saja.

Private Backup

VPS juga menyediakan layanan private backup yang bertujuan untuk menyimpan file atau data secara online dalam bentuk salinan. Dengan layanan ini, Anda tidak perlu khawatir jika ada data yang hilang sewaktu-waktu. Karena tersedia private backup sesuai dengan kapasitas byte yang disediakan masing-masing penyedia.

Harga Terjangkau

Salah satu pertimbangan sebaiknya Anda menggunakan layanan ini adalah dari segi harga. Bisa dikatakan VPS merupakan layanan yang menyediakan server khusus bagi penggunanya dengan harga terjangkau. Misalnya saja jika Anda menggunakan layanan ini, tagihan yang masuk hanya sesuai dengan kebutuhan Anda, maka tidak ada biaya tambahan yang ditetapkan. 

Kustomisasi Sesuai Kebutuhan

Biasanya setiap perusahaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Beberapa memerlukan kapasitas server yang besar untuk memungkinkan sistem yang lebih kompleks, dan sebaliknya. Ada beberapa perusahaan yang tidak membutuhkan kapasitas server terlalu besar. Mengatasi hal tersebut, layanan ini cocok untuk Anda gunakan. 

Demikian ulasan tentang Wah Ini Dia Fungsi Cloud VPS Yang Wajib Anda Pelajari seperti yang dilansir sbobet, Semoga bermanfaat.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    mediacirebon

    Add comment