Soloensis

Mengenal Lebih Dalam Apa itu Panti Asuhan

Istilah orphanage atau panti asuhan mengacu pada lembaga yang berorientasi untuk merawat anak-anak yang paling tidak beruntung. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani Orphanos yang secara harfiah berarti kehilangan orang tua.

Dalam pengertian ini, lembaga ini memberikan perlindungan dan pengasuhan khusus bagi anak-anak yatim piatu, serta mereka yang kehilangan orang tuanya atau karena alasan lain.

Dalam beberapa kasus, panti asuhan sedang menunggu kemungkinan adopsi oleh keluarga. Bagaimanapun, ketika anak di bawah umur mencapai usia dewasa, mereka dapat meninggalkan institusi tempat mereka tinggal pada saat itu.

Panti asuhan biasanya merupakan entitas publik meskipun dalam beberapa kasus mungkin ada partisipasi entitas swasta atau lembaga keagamaan. Panti asuhan

Pendekatan Terhadap Situasi Anak Yatim Piatu

Perlu dicatat bahwa sosok ayah dan ibu serta   lingkungan keluarga merupakan elemen penting bagi pertumbuhan pribadi dan pendidikan setiap anak.

Penyebab yang menimbulkan situasi ini berbeda sifatnya: pengabaian orang tua, situasi kemiskinan ekstrem , perpecahan keluarga, penyakit, dll.

Tinggal di panti asuhan dapat bersifat sementara atau dalam jangka waktu yang lama. Jika anak yatim piatu memiliki ayah dan ibu, maka diusahakan agar dia dan orang tuanya tetap berhubungan. 

Bagaimanapun, perhatian terhadap anak di bawah umur di rumah-rumah ini berorientasi pada perawatan integral mereka, yang berarti bahwa pusat-pusat ini menyambut anak-anak serta mencoba menawarkan semua jenis layanan dan perawatan (pendidikan, bantuan medis, lingkungan keluarga, dll.).

Mengenal Panti Asuhan Samiyah Amal Insani Bandung

Menjadi salah satu panti asuhan di Bandung, Yayasan Samiyah Amal Insani memiliki beberapa program aktif untuk menunjang produktifitas anak-anak.

Beberapa program yang sedang berjalan yaitu diantaranya seperti; jumat berkah, patroli pemadam kelaparan, pendidikan, dapur sehat, dan lainnya.

Informasi lengkap bisa Anda temukan di situs website resmi https://samiyahamalinsani.or.id akun Instagram @samiyahamalinsani dan Channel YouTube Samiyah Amal Insani.

Yayasan ini beralamatkan di Jl Babakan Jati I No 55, RT 02 , RW 08, Kel. Binong, Kec. Batununggal, Kota Bandung.

Serta, terbuka lebar untuk para donatur dalam bentuk apapun. Informasi donasi bisa Anda temukan disini.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment