Soloensis

Keragaman Budaya di Indonesia

5342c286a2d77eb526dbfe43ebe76e09

KEBERAGAMAN BUDAYA di INDONESIA

-PENGERTIAN BUDAYA Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang , dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Bentuk:

-BENTUK-BENTUK BUDAYA DI INDONESIA Dari berbagai keragaman itulah melahirkan bentuk keragaman budaya INDONESIA yang taka ada tandingannya. Berikut adalah bentuk dari keragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan warisan budaya melimpah seperti rumah adat ,pakaian adat ,upacara adat ,tarian adat tradisional ,alat music tradisional,lagu tradisional ,senjata tradisional ,bahkan hingga beragam makanan khas

-MANFAAT BUDAYA Budaya juga membawa banyak manfaat bagi bangsa INDONESIA. Beberapa contoh manfaat budaya bagi bangsa Indonesia sebagai berikut :

1.Sebagai ikon pariwisata

2.Menubuhkan sikap Nasionalisme

3.Menigkatkan dan mendapatkan penghasilan Nasional

4. Alat pemersatu Bangsa Indonesia

5.Sebagai identitas Bangsa Indonesia

-SIKAP YANG DILAKUKAN Budaya merupakan warisan leluhur yang dimiliki Indonesia yang tak ternilai harganya. Upaya untuk mempertahankan agar budaya tetap sebagaimana adanya. Dengan mempertahankan dan melestarikan kebudayaan Bangsa Indonesia yang menjadi dasar jati diri Bangsa,maka Sikap yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya bangsa sebagai berikut:

1.Mau menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada di masyarakat kita

2.Mempelajari kesenian daerah lainnya

3.Mengembangkan budaya daerah sendiri

4.Mengadakan pertunjukkan kesenian daerah

5.Tidak terpengaruh dengan budaya asing

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment