Soloensis

10 Hal yang di Persiapkan untuk Pernikahan di Rumah

10 Hal yang di Persiapkan untuk Pernikahan di Rumah – Pernikahan sebagai peristiwa yang sangat sakral dalam kehidupan, karena peristiwa ini hanya bisa terjadi sekali seumur hidup (jika menikah 1x hehe). Maka tak heran bila pasangan yang ingin menikah berharap di hari pernikahannya nanti harus disiapkan dan digelar semeriah dan sesempurna mungkin. Untuk hantaran di daerah pemalang, kami menyarankan untuk memesan di Hantaran Pernikahan Pemalang.

Oleh karena itu, persiapan pada saat sebelum menikah juga harus sematang mungkin. Kemeriahan saat acara pesta pernikahan bisa juga di ukur dari budget yang ada. Seumpama budget kamu hanya pas pasan maka dapat melangsungkan acara pesta pernikahan di rumah.

10 Hal yang di Persiapkan untuk Pernikahan di Rumah

Berikut daftar persiapan pernikahan di rumah yang harus kamu simak :

1. Persiapan Dokumen Pernikahan

Saat sebelum menikah, calon pengantin harus mempersiapkan document administratif untuk mencatatkan perkawinannya agar sah dimata hukum dan agama. Tujuan dari pencatatan pernikahan yaitu mewujudkan ketertiban pernikahan dan melindungi suami istri dan menjamin haknya dalam memiliki keluarga.

Untuk mendaftarkan di KUA kamu harus mempersiapkan berbagai document yang bisa kamu urus mulai dari tingkat RT sampai KUA. Yakini untuk mendaftar pernikahan ke KUA paling lambat 10 hari saat sebelum hari pernikahan berlangsung.

2. Catering dan Dekorasi

Umumnya catering dalam pernikahan disajikan berbentuk prasmanan dengan berbagai macam lauk dan makanan pendamping yang lain. Kamu bisa memakai jasa vendor catering atau memasak sendiri dengan mengeluarkan biaya dan tenaga lebih banyak.

3. Gaun Pernikahan, Seragam Keluarga dan Riasan

Gaun pernikahan jadi impian setiap calon pengantin dalam mewujudkan pernikahan impiannya. Beberapa orang yang mempersiapkan gaun pernikahan jauh-jauh hari karena ingin tampil stand out saat hari pernikahan. Jika kamu ingin mengalokasikan dana lebih ke gaun pernikahan maka dapat kustom gaun pengantin di banyak vendor wedding dress dan rumah mode yang lain.

Kecuali gaun pernikahan, mempersiapkan seragam pernikahan untuk keluarga juga penting. Kamu dapat pesan bahan baju dalam jumlah yang banyak dan menyesuaikannya dalam jumlah anggota keluarga. Jika memberi bahannya saja otomatis keluarga akan pikirkan sendiri biaya jahitnya. Oleh karena itu pikirkan baik-baik bagaimana jalan tengahnya.

4. Mahar

Mahar sebagai pemberian sejumlah harta ke pengantin saat akad nikah berjalan. Memberi mahar ke pengantin wanita jadi penentu sahnya pernikahan. Lazimnya, mahar pernikahan berbentuk seperangkat alat sholat, uang, dan emas (logam mulia). Berikan mahar sesuai kesepakatan dan kemampuanmu dalam memberi mas kawin tersebut.

5. Cincin Kawin

Selain mahar, cincin nikah tidak bisa dipisahkan dalam upacara pernikahan. Cincin nikah adalah simbol pengikat dan bukti jika pasangan suami istri telah sah secara hukum dan agama. Kamu dan pasangan dapat mempersiapkan cincin nikah dengan custom atau memilih cincin sesuai ketersediaan store-nya.

6. Biaya Seserahan

Seserahan jadi budaya pernikahan Indonesia yang biasanya dilakukan oleh masyarakat. Jika kamu berasal dari daerah pemalang, bisa memesannya di Seserahan Pernikahan Pemalang. Kamu harus mempersiapkan dana untuk membeli beberapa barang seserahan yang umumnya terdiri dari kebutuhan calon pengantin seperti pakaian, tas, sepatu, alat beribadah, make up, makanan, dan lain-lain.

7. Undangan dan Souvenir

Undangan bermanfaat untuk menyebarkan berita pernikahan ke orang lain. Di masa pandemi seperti saat ini, ramai undangan bersifat undangan digital hingga memudahkan dalam memberi kabar pernikahan. Ada banyak supplier yang menyediakan jasa pembuatan undangan digital dengan design yang menarik.

Selain undangan, umumnya banyak pasangan yang memesan souvenir sebagai kenang-kenangan pernikahan. Jika kamu ingin souvenir pastikan jumlahnya sesuai tamu undangan dan berikan souvenir yang berguna dan berkesan.

8. Dokumentasi

Dokumentasi jadi fasilitas untuk mengabadikan peristiwa sakral pernikahan. Tentu saja momen sekali seumur hidup tidak dapat dilewati begitu saja. Oleh karena itu cari vendor fotografer yang umumnya membantu pengantin untuk mendokumentasikan pernikahan. Bila ingin lebih hemat, kamu dapat memakai kamera pribadi atau meminjam teman dan minta kerabat untuk dapat mendokumentasikan acara.

9. Panitia Acara                            

Panitia acara berguna untuk membantu acara agar tersusun dan terorganisir secara baik. Umumnya panitia acara terbagi dalam penerima buku tamu, perlengkapan, keamanan, bagian catering, dan lain-lain. Bila menggunakan WO umumnya telah disediakan panitia saat hari pernikahan. Tetapi bila ingin memakai jasa WO, kamu bisa menyewa jasa MC atau teman terdekat sebagai panitia acara.

10. Entertainment Pernikahan

Umumnya entertainment pernikahan bermanfaat untuk menghibur para tamu undangan. Dapat dengan band, vokalis wanita, organ tunggal, campursari dan lain-lain. Sesuaikan dengan tema dan ide pernikahan.

Demikian artikel di atas mengenai 10 Hal yang di Persiapkan untuk Pernikahan di Rumah. Semoga informasi di atas seputar pernikahan bisa bermanfaat bagi pembaca.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment