Soloensis

Jenis-jenis Alat Musik Hadroh

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Alat musik hadroh adalah alat musik yang terdiri dari beberapa komponenn yang biasa dipakai untuk musik pengiring dari lantunan sholawat. Jika Anda sering menghadiri acara Sholawat bersama seperti Habib Syehan pasti sudah tidak asing lagi dengan alat musik Hadroh ini.

Pasalnya musik pengiring yang digunakan untuk mengiringi sholawat dari Habib Syeh tersebut adalah alat musik hadroh. Alat musik seperti ini memang susah untuk ditemukan, berbeda dengan alat musik kontemporer seperti gitar, gitar bass, drum atau piano yang bisa anda temukan di toko-toko musik.

Bagi Anda yang sedang mencari alat musik hadroh di Palembang, atau sedang mencari jasa jual hadroh Palembang mungkin akan kesulitan karena seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwasannya alat musik sejenis ini memang sedikit sulit untuk ditemukan.

Alat musik hadroh ini juga terdiri dari beberapa komponen atau alat musik lainnya sehingga menjadi satu sekumpulan alat musik hadroh yang bisa digunakan untuk mengiringi atau membuat backsound musik sholawat. Dari sekian banyak pecinta dari Sholawat ini ternyata tidak semuanya tahu tentang apa saja sih nama dari masing-masing alat musik hadroh tersebut.

Jenis-jenis Alat Musik Hadroh

Perlu Anda ketahui jika nama-nama dari alat hadroh ini berbeda-beda tergantung dari wilayah yang anda tempati tersebut. Jadi bisa dibilang masing-masing daerah atau wilayah mempunyai penyebutan nama alat musik hadroh ini sendiri-sendiri.

Namun ada juga yang mirip jika masih satu kepulauan, misalnya berbeda daerah namun masih di pulau Jawa maka penyebutan alat musik hadroh ini berbeda namun masih memiliki kemiripan. Berbeda lagi jika sudah menyebrang atau dibatasi dengan lautan, misalnya seperti antar pulau pasti sudah berbeda jauh penyebutannya.

          Hadroh Tung Tam

Jika Anda mencari di internet jual hadroh Palembang pasti akan muncul salah satu alat musik ini. Tung Tam adalah alat musik Bass hadroh yang terbuat dari bahan kulit kemudian dilapisi dengan mika atau bahan lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pembeli. Misalnya Anda ingin melakukan custom terhadap material yang digunakan pada alat musik Tung Tam ini.

Pada umumnya ukuran dari Tung Tam ini adalah memiliki Diameter seukuran 25 cm, itu jika Tung Tam yang terbuat dari bahan kulit. Sedangkan jika Tung Tam yang terbuat dari bahan mika biasanya memiliki ukuran 8 sampai 10 inchi. Alat musik Tung Tam ini biasanya dipakai untuk melengkapi satu set alat musik hadroh.

          Bass Hadroh

Berikutnya ada alat musik Bass Hadroh. Bass Hadroh ini sudah pasti digunakan dan bisa anda temukan pada satu set alat musik hadroh. Ukuran dari alat musik ini beragam, selain itu desain alat musik ini juga beragam ada yang polosan. Ada yang ukiran bahkan di era modern seperti sekarang alat musik ini sudah mulai mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan airbrush untuk memberi motifnya.

Bass Hadroh ini terbuat dari bahan kayu kemudian dihaluskan dan juga finishing sampai siap digunakan. Ukuran standar dari bass hadroh ini biasanya adalah seandar 40 cm. Pasangan setia dari bass hadroh ini adalah alat musik Tung Tam yang sudah kami bahas pada point pertama di atas.

          Keprak

Ibarat dalam sebuah satu set drum, Keprak adalah cymbal-cymbal dalam drum. Tanpa keprak tentu saja alat musik hadroh tidak lengkap, bagaikan sayur tanpa garam. Salah satu alasan kenapa alat musik ini diberi nama keprak mungkin adalah bunyi yang dihasilkan berbunyi “prak-prak” oleh sebab itu alat musik ini disebut dengan nama keprak.

Sama seperti alat musik lainnya, keprak ini dibuat dari dua jenis bahan pembuatan yaitu ada yang berbahan mika ada juga yang berbahan kulit. Kemudian untuk ukuran dari keprak ini juga beragam, ada yang memiliki diameter 23 cm ada juga yang memiliki ukuran 8 inchi.

Membeli Alat Musik Hadroh

Saat ini Anda bisa mendapatkan apa saja keinginan anda dengan mudah karena sudah ada perkembangan dari teknologi dan internet. Anda tidak perlu lagi datang ke toko-toko alat musik khusus marawis ini untuk bisa membeli hadroh.

Cukup dengan mencari di google jual hadroh Palembang saja, Anda sudah bisa mendapatkan informasi mengenai penjual-penjual dari alat musik tersebut. Salah satunya bisa membelinya di Jual Hadroh yang selama ini dipercaya banyak kalangan masyarakat.

Yang terpenting saat membeli alat musik hadroh ini adalah jangan hanya terpancing dengan harga yang murah, namun juga Anda perlu memperhatikan kualitas dari alat musik ini. Jangan sampai Anda membeli alat musik hadroh dengan kualitas yang abal-abal atau gampang rusak. Tentu saja Anda tidak ingin gonta-ganti hadroh karena menggunakan hadroh yang mudah rusak dan tidak berkualitas.

Anda juga harus memperhatikan sisi kenyamanan dari alat musik ini. Perhatikan apakah Anda akan merasa nyaman ketika menggunakan alat musik ini. Anda bisa menyesuaikan bahan yang digunakan untuk membuat alat musik ini apakah kulit atau mika, sesuaikan dengan kenyamanan. Anda kira-kira nyaman menggunakan alat musik hadroh dari bahan mika atau kulit.

Untuk masalah membeli alat musik hadroh sepertinya sudah bukan menjadi masalah lagi saat ini. Anda bisa mengandalkan jasa pengiriman atau kurir ekspedisi yang sudah terkenal jika memang dirasa jarak antara penjual dengan anda cukup jauh. Jika Anda takut tertipu, Anda bisa menggunakan beberapa marketplace atau toko online untuk membeli alat musik hadroh ini di  jual alat hadroh Palembang ini. Informasi ini kami berikan untuk Anda, semoga berguna.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zamhari S, Kom. I

Hanya manusia yang suka belajar

1 comment