Soloensis

Apa Itu Zakat?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Zakat adalah istilah keuangan Islam yang mengacu pada kewajiban bahwa seseorang harus menyumbangkan proporsi tertentu dari kekayaan setiap tahun untuk tujuan amal.

Zakat adalah proses wajib bagi umat Islam dan dianggap sebagai bentuk ibadah. Memberikan uang kepada orang miskin dikatakan untuk memurnikan pendapatan tahunan yang melebihi dan di atas apa yang dibutuhkan untuk menyediakan kebutuhan penting seseorang atau keluarga.

Bagaimana Zakat Bekerja

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang lima, selain rukun iman, shalat, puasa Ramadhan, dan haji. Ini adalah prosedur wajib bagi Muslim yang berpenghasilan di atas ambang batas tertentu dan tidak boleh disamakan dengan Sadaqah, tindakan memberikan hadiah amal secara sukarela karena kebaikan atau kemurahan hati.

Teks-teks agama menawarkan deskripsi komprehensif tentang jumlah minimum zakat yang harus dibagikan kepada mereka yang kurang beruntung. Umumnya bervariasi, tergantung pada apakah kekayaan itu berasal dari hasil pertanian, ternak, kegiatan bisnis, mata uang kertas, atau logam mulia, seperti emas dan perak.

Zakat didasarkan pada pendapatan dan nilai harta. Jumlah minimum umum bagi mereka yang memenuhi syarat adalah 2,5%, atau 1/40 dari total tabungan dan kekayaan seorang Muslim.

Zakat sering dibayarkan pada akhir tahun setelah perhitungan sisa kekayaan dibuat. Penerima adalah orang miskin dan membutuhkan, mualaf Muslim yang berjuang, orang-orang yang diperbudak, orang-orang yang berhutang, tentara yang berjuang untuk melindungi komunitas Muslim, dan mereka yang terdampar selama perjalanan mereka. Para pemungut zakat juga diberi kompensasi atas pekerjaan yang mereka lakukan.

Zakat vs Nisab

Nisab adalah istilah yang sering muncul di samping zakat. Ini adalah ambang batas, mengacu pada jumlah minimum kekayaan dan harta benda yang harus dimiliki seorang Muslim sebelum diwajibkan untuk membayar zakat. Dengan kata lain, jika kekayaan pribadi berada di bawah nisab selama satu tahun lunar, maka tidak ada kewajiban zakat untuk periode tersebut.

Pertimbangan Khusus

Sebagai salah satu Rukun Islam, zakat adalah kewajiban agama bagi semua Muslim yang memenuhi kriteria kekayaan yang diperlukan. Aturan ini telah memainkan peran utama dalam sejarah Islam dan telah menyebabkan perselisihan, terutama selama perang Ridda.

Zakat dianggap sebagai jenis pajak wajib, meskipun tidak semua Muslim mematuhinya. Di banyak negara dengan populasi Muslim yang besar, individu dapat memilih untuk membayar zakat atau tidak.

Tidak demikian dengan negara-negara seperti Libya, Malaysia, Pakistan, Arab Saudi, Sudan, dan Yaman. Mereka yang gagal membayar zakat di tempat-tempat yang diwajibkan diperlakukan seperti penghindar pajak dan diperingatkan bahwa mereka akan menghadapi hukuman Tuhan pada Hari Penghakiman.

Kritik Zakat

Ada banyak kontroversi dan kritik seputar zakat. Cendekiawan Islam dan pekerja pembangunan berpendapat bahwa itu telah gagal untuk mengangkat orang keluar dari kemiskinan, mendorong mereka untuk menyarankan bahwa dana yang terbuang dan salah kelola.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bl Alhilal

Lembaga Penyalur Zakat

Add comment