Soloensis

Menurut Theresa Corbin, Terdapat Kesamaan Ajaran Islam dan Kristen

Theresa Corbin memastikan untuk memeluk agama Islam di awal tahun 2001, awalnya wanita berkebangsaan Amerika Serikat tersebut memeluk agama Kristen dengan meyakini Tuhan Yesus sebagai Juruselamat. Wanita ini hidup di lingkungan keluarga yang multi-religi.

Ayahnya seorang atheis yang tidak mempercayai agama apapun, tetapi ibunya seorang Katolik yang benar-benar taat. Ia bersama dengan saudara-saudara kandungnya sesudah itu hidup dan lahir sebagai seorang Katolik. Belajar di sekolah Katolik dan beribadah di gereja.

Pada usia remaja, Corbin memastikan studi agama Islam. Ia pun menyadari meski banyak ajaran Alkitab yang ditulis lagi oleh manusia, namun tetap tersedia sebagian perihal yang bertahan sesuai rutinitas Yesus sesuai zamannya.

Setelah mempelajarinya, ia pun menyadari sebagian ajaran Islam yang ternyata juga terkandung terhadap ajaran Katolik. Contohnya seperti dahi berwarna kegelapan. Serta tetap banyak lagi kesamaan-kesamaan ajaran yang ia temukan.

Dalam Islam terkandung ajaran Ashbabul Kahfi yakni ditidurkannya tujuh pemuda di di dalam gua selama sebagian ratus tahun. Hal selanjutnya sudah dijelaskan secara menyadari terhadap surat Al-Kahfi. Sementara di dalam Katolik terkandung kisah perihal tujuh orang tertidur, namun kisahnya ditulis lagi bersama dengan nama tokoh Rip van Winkle sehingga jalan ceritanya termasuk sedikit berbeda.

“Dan Tuhan membuat mereka tidur selama 300 tahun untuk menjaga mereka. Dalam Surah ke-18 Alquran, kisah yang sama perihal para pemuda saleh yang tidur selama bertahun-tahun diceritakan. Dan tiap tiap ketidakakuratan yang ditambahkan selama bertahun-tahun diperbaiki,” kata Theresa Corbin.

Corbin pun menyinggung perihal hijab. Dikatakan bahwa orang Kristen kebanyakan dibesarkan bersama dengan ikonografi Bunda Maria yang merupakan wanita pengguna jilbab. Hal ini tidak banyak disadari oleh kaum Katolik bahwa perintah selanjutnya tersedia di dalam Alkitab.

Corbin kemudian melanjutkan perihal persamaan arah ibadah antara Islam dan Kristen. Menurutnya, keduanya sama-sama menceritakan bahwa arah beribadah adalah menghadap ke satu tempat yang diyakini paling suci. 

 

Masih banyak persamaan lainnya antara Kristen dan Islam. Maka dari itu kita harus senantiasa mengucap doa pengakuan dosa, doa istighfar, atau doa mensyukuri nikmat untuk meminta maaf dan bersyukur kepada sang Pencipta Alam.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Abu Ubaidillah

    Web Developer, SEO Specialist, Social Media Specialist, Content Writer, Graphic Designer

    View all posts

    Add comment