Soloensis

Manfaat dan Hikmah Melaksanakan Aqiqah

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Ada beberapa manfaat beribadah aqiqah buat tiap muslim yang melakukannya. Ini sebab pada intinya aqiqah dikerjakan jadi bentuk rasa sukur pada Allah ﷻ atas kelahiran bayi.

Mengenai manfaat penerapan aqiqah mencakup manfaat untuk orangtua, anak yang diaqiqahi, sama-sama muslim, sampai manfaat aqiqah di akhirat.

Berikut adalah manfaat dan hikmah menjalankan Aqiqah sebagaimana yang kami lansir dari situs Nur Aqiqah, salah satu penyedia jasa Aqiqah Jakarta.

Manfaat Aqiqah buat Orang Tua

Buat orangtua, ada banyak manfaat beribadah aqiqah jika dikerjakan. Berikut beberapa manfaat melakukan aqiqah buat orangtua:

1. Hidupkan Sunnah Rasulullah ﷺ. Ini sebab Rasulullah ﷺ sendiri mengajurkan tiap muslim yang mampu untuk melakukan aqiqah jadi bentuk beribadah. Diluar itu, ada hadits yang menerangkan tentang keutamaan melakukan sunnah Rasulullah ﷺ,

Berarti: “Barangsiapa yang hidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, selanjutnya diamalkan oleh manusia, karena itu dia akan memperoleh (pahala) seperti pahala orang yang mengamalkannya, dengan tidak kurangi pahala mereka sedikit pun”. (HR. Ibnu Majah no.209).

2. Mengemukakan berita bahagia pada tetangga atas kelahiran anak. Mencuplik dari situs almanhaj.or.id, dalam Al-Qur’an ada saran untuk mengemukakan berita bahagia mengenai lahirnya anak.

3. Manfaat aqiqah buat orangtua yang selanjutnya untuk melaksanakan ibadah sekaligus juga memperingatkan supaya tetap mengucapkan syukur pada Allah ﷻ atas nikmat berbentuk lahirnya bayi ke dunia. Mencuplik dari situs almanhaj.or.id, Allah ﷻ berfirman,

Berarti: “Maka ingat-ingatlah kepada-Ku, Saya akan ingat padamu. Syukurlah kepada-Ku, serta jangan sampai kamu ingkar kepada-Ku” (QS. Al-Baqarah [2]:152).

Minimal itu beberapa sedikit dari manfaat penerapan aqiqah buat orangtua. Jika satu orang muslim mampu merenungkan manfaat lain dari aqiqah, tentu saja tidak terhitung. Ini sebab aqiqah bisa jadi jembatan untuk mendekatkan diri pada Allah ﷻ.

Manfaat Melakukan Aqiqah buat Anak

Tidak hanya untuk orangtua, ada pula hikmah aqiqah untuk bayi atau anak yang baru lahir. Mencuplik dari situs www.aqiqahberkah.com, manfaat melakukan aqiqah untuk anak ialah:

  • Lepas dari status ‘tergadai’. Seperti yang diterangkan di atas, tiap anak tergadai dengan aqiqahnya. Dalam kata lain, statusnya itu bisa hilang jika orangtua melakukan aqiqah atas anak.
  • Anak didoakan oleh sama-sama muslim supaya jadi orang yang sholeh serta berbakti pada agama dan orangtua. Masalahnya dalam penerapan aqiqah ada beberapa daftar acara berbentuk beribadah seperti pembacaan ayat suci Al-Qur’an sampai doa yang diperuntukkan pada bayi yang baru lahir. Dengan demikian, karena itu diinginkan bayi yang diaqiqahi bisa tumbuh secara baik.
  • Hilangkan kotoran pada bayi adalah satu diantara manfaat penerapan aqiqah yang selanjutnya. Mencuplik dari konsultasisyariah.com, ada hadits yang menerangkan mengenai ini.

Manfaat serta Hikmah Aqiqah dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan setiap hari, aqiqah dapat memberi manfaat jika dikerjakan. Diantaranya ialah memperkuat jalinan antar sama-sama muslim.

Ini sebab pada penerapan aqiqah, ahlul aqiqah akan mengundang sama-sama muslim serta tetangga untuk merayakannya. Dengan demikian, karena itu jalinan sama-sama manusia dalam kehidupan setiap hari semakin lebih erat.

Itu beberapa manfaat aqiqah yang akan didapat tiap muslim yang melakukannya. Dengan beberapa manfaat di atas, karena itu benar-benar disarankan untuk melakukan beribadah sunnah muakkad ini jika mampu. Mudah-mudahan apa yang diterangkan oleh Nur Aqiqah kesempatan ini bawa manfaat buat Anda.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment