Soloensis

Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi Perusahaan dengan Program Internship

Sebelum merekrut fresh graduate untuk bekerja full time, biasanya perusahaan ingin melihat apakah para fresh graduate tersebut bisa bekerja dilingkungan kerja profesional atau tidak. Oleh karena itu banyak perusahaan-perusahaan besar merekrut fresh graduate untuk bergabung di program internship mereka. Bahkan untuk perusahaan kecil dan menengah sudah banyak juga yang menerapkan program ini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan diterima oleh perusahaan yang menjalankan program internship diperusahaannya.

1. Meningkatkan produktifitas di berbagai area bisnis
Walaupun belum memiliki pengalaman kerja, jika diarahkan dengan benar fresh graduate akan memiliki kualitas kerja yang baik. Selain itu karakter positif para fresh graduate adalah mereka sangat antusias dengan hal-hal baru dan memiliki motivasi yang sangat baik. Dengan semangat yang dimiliki mereka akan bekerja keras untuk mengerjakan bermacam project yang diberikan ke mereka. Dari sini perusahaan bisa menilai seberapa baik kinerja para karyawan magang tersebut dan jika memang dinilai cukup mumpuni perusahaan bisa mengangkatnya sebagai karyawan dan menempatkan karyawan tersebut di area yang dibutuhkan perusahaan.

2. Mendapatkan karyawan yang berkualitas dengan biaya yang lebih rendah
Dilihat dari sisi biaya, perusahaan bisa mendapatkan beberapa keuntungan dengan menjalankan program internship. Sebagaimana kita ketahui untuk merekrut karyawan baru dengan pengalaman kerja akan mengeluarkan biaya yang lebih besar, karena perusahaan harus memberikan gaji sesuai pengalaman mereka dan beberapa benefit lainnya. Dan jika perusahaan tidak cocok dengan kinerja karyawan baru tersebut akan sulit untuk memberhentikannya karena sudah terikat dengan perjanjian kerja.
Biaya dan kesulitan tersebut dapat dikurangi dengan menerapkan program internship, karena nilai untuk fresh graduate belum terlalu tinggi dibandingkan karyawan yang sudah berpengalaman. Namun jika perusahaan menjalankan program internship ini dengan baik maka kualitas pekerjaan mereka tidak kalah atau bahkan lebih baik dibandingkan karyawan yang sudah berpengalaman. Selain itu jika perusahaan tidak puas dengan kinerja karyawan magang tersebut, tentu prosedur pemberhentiannya akan lebih mudah. Jika anda telah memanfaatkan payroll software, anda akan lebih mudah melihat seberapa optimal pemanfaatan biasa SDM anda setelah menerapkan program internship.

3. Terbentuknya tim yang berkualitas dan lebih solid
Kesuksesan program internship sangat dipengaruhi oleh user yang tidak lain adalah atasan para karyawan magang tersebut. Manager atau para senior harus bisa mengarahkan si anak magang agar mereka mengerti dengan yang namanya dunia kerja. Berikan mereka kesempatan untuk mencoba dan belajar dari banyak hal yang mereka lakukan serta berikan ruang kepada mereka untuk bertanya kepada semua anggota tim. Dengan begitu akan timbul rasa respect dalam diri karyawan kepada tim yang sudah mengajarinya banyak hal sehingga dalam manfaat jangka panjangnya akan tercipta tim yang lebih solid dan tentu akan memberikan dampak positif untuk perusahaan.

Apakah tulisan ini membantu ?

Add comment