Soloensis

INDAHNYA PESONA MANDAILING NATAL

  Mandailing Natal,mungkin sebagian orang hanya tau namanya saja.Mandailing natal adalah sebuah kota yang terletak di provinsi sumatera Utara yang memiliki jarak 523 km dari kota Medan.Ibukota Mandailing Natal adalah panyabungan. Mandailing natal  yang dulunya adalah kabupaten Tapanuli Selatan memiliki pesona alam yang tersembunyi.

Banyak wisata yang masih dikembangkan hingga saat ini.Bahkan ada destinasi mandi di air hangat seperti diluar negeri,yaitu pemandian panas yang terletak dihutaraja/ sibanggor.Air panas tersebut dimanfaatkan sebagian wisatawan untuk merebus telur,mandi dan lain-lain sebagainya.

Tidak  hanya pemandian air panas Mandailing  Natal mempunyai banyak tempat  wisata.seperti,danau marambe,gunung Sorik Marapi,pantai natal,air terjun sigala-gala,payabulan,taman raja batu,bukit muhasabah dan masih banyak lagi.danau marambe sendiri terletak di desa sirambas kecamatan panyabungan barat. Danau ini memiliki lebar 20 hektar,danau ini dikelilingi banyak perbukitan hijau yang enak dipandang mata.

Begitu juga dengan gunung,pantai dan perbukitan yang masih asri dan hijau. Untuk mencapai tempat wisata tersebut sangatlah mudah karna tidak jauh dari desa yang dihuni masyarakat.Untuk mengunjunginya kalian tidak perlu mengeluarkan uang. Begitu juga dengan gunung Sorik Marapi yang sangat indah pemandangannya,untuk mencapai wisata ini kalian harus melalui desa sibanggor desa yang masih sejuk dan beratapkan sebuah ijuk.Tidak hanya itu pantai natal sendiri mempunyai laut yang bersih,pemandangan laut yang indah.

Taman raja Batu memiliki pesona  wisata yang cukup menarik,dinamakan taman raja batu karena taman tersebut dipenuhi dengan batu yang berlainan bentuk dan berwarna merah,taman raja batu ini memiliki branda Madina yang sangat cantik sehingga sangat cocok untuk pecinta foto Selfi karena dari atas beranda terlihat batu-batu batu yang disusun rapi.

   Tidak hanya wisata Mandailing Natal juga mempunyai adat budaya dan seni yang masih dijalankan hingga saat ini,adat budaya Mandailing Natal  yaitu, Onang- Onang, gordang sambilan,panjat Boru,mardikir dan sebagainya.seperti halnya gordang sambilan.gordang sambilannya.Disebut gordang sambilan karna memiliki sembilan buah gendang yang dibariskan yang dimainkan secara serentak dengan pukulan ditambah dengan alat musik tradisional lainnya diiringi musik tor tor sekaligus pemain tor-tor nya.

Mandailing Natal juga kaya akan kuliner yang sebagian orang belum mengetahuinya juga.seperti Bulung gadung (daun ubi tumbuk) berupa sayuran daun ubi yang ditumbuk halus dengan lalu dimasak dengan santan.

Yang kedua ikan sale (ikan yang sudah diasap) adalah santapan orang mandailing.ikan ini sangat cocok digulai  dengan kentang,kacang panjang,dan sayuran lainnya.

Yang ketiga, sambal tuk tuk sambal ini sangat sangat lezat yaitu perpaduan cabe bawang merah dan ikan asin yang digiling halus.

Nah betapa menariknya pesona alam, tempat wisata dan budaya di salah satu daerah di Indonesia ini yang tepatnya di Sumatera utara yaitu kecamatan Mandailing natal.

Ayo para pembaca mumpung lagi liburan jadikanlah kecamatan Mandailing natal ini sebagai salah satu destinasi wisata yang akan kalian kunjungi.

Nah buat para pembaca mari kita cintai dan lestarikan pesona alam dan budaya di Indonesia kita ini agar tidak hilang dan bisa dinikmati oleh generasi penerus bangsa selanjutnya.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Risna Hayani

    Penulis pemula

    View all posts

    Add comment