Soloensis

5 Cara Perawatan Gigi Ini Ampuh Hindari Gigi Berlubang

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Malas menjaga kesehatan gigi serta melakukan perawatan gigi, dapat menyebabkan gigi berlubang. Bila sudah begini, lama kelamaan dapat terjadi sakit gigi, dan makan pun terasa tidak enak.

Gigi adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia yang berperan untuk memotong serta menghancurkan makanan, hingga gampang ditelan dengan baik.

Gigi yang berlubang bisa mengganggu kenikmatan saat makan. Oleh karena itu, Anda perlu lakukan beberapa langkah perawatan gigi rutin untuk menghindari gigi berlubang.

Cara Menjaga Gigi Agar Tetap Sehat

Di bawah ini adalah lima langkah gampang perawatan gigi yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari gigi berlubang menurut RATA, The First Indonesian Clear Aligner:

1. Sikat gigi sesudah makan

Mungkin Anda sering mendengar jika menggosok gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni waktu bangun tidur dan sebelum tidur. Tetapi sebenarnya, untuk mencegah gigi berlubang, disarankan menggosok gigi minimal setiap kali selesai makan, serta janganlah lupa untuk bersihkan gigi dengan benang gigi.

Namun, jika Anda tidak bisa menggosok gigi setiap setelah makan, setidaknya berkumurlah dengan air untuk menghilangkan tersisa makanan di mulut.

2. Bersihkan gigi dengan berkumur

Tidak hanya menyikat gigi, berkumurlah menggunakan cairan pembersih mulut. Berkumur cukup ampuh untuk hilangkan plak dan bakteri dari dalam mulut. Berkumur tidak kalah pentingnya dengan menggosok gigi.

Plak menghasilkan asam penyebab gigi berlubang, yang jika dibiarkan dapat mengganggu gusi. Pada akhirnya, bukan sekedar gigi yang bermasalah, tapi juga gusi Anda. Dengan berkumur, bagian mulut yang tidak tercapai oleh sikat gigi bisa dibersihkan.

3. Gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride

Gigi Anda memerlukan perlindungan dibagian enamel gigi. Enamel sendiri merupakan susunan terluar gigi. Fluoride akan membuat perlindungan gigi Anda dari senyawa asam yang bisa mengakibatkan kerusakan gigi, dengan mencegah bakteri pada plak memproduksi zat asam. Fluoride dapat juga menolong memperbaiki susunan enamel sehingga memperkokoh perlindungan gigi.

Tetapi untuk anak-anak, dianjurkan konsultasi terlebih dulu ke dokter gigi, untuk mengetahui batas aman penggunaan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride pada anak. Sebab bila berlebihan, fluoride juga tidak baik untuk kesehatan gigi anak Anda.

4. Hindari makanan penyebab gigi berlubang

Lakukan beberapa langkah perawatan gigi di atas tidak cukup kalau Anda tidak menghindari makanan penyebab gigi berlubang. Contohnya makanan manis dan makanan yang bisa menempel di celah gigi Anda (misalnya permen, kue, coklat, dan keripik).

Saat Anda mengosumsi makanan atau minuman manis, bakteri di dalam mulut akan memproduksi asam yang bisa mengakibatkan kerusakan susunan enamel gigi Anda.

Tidak hanya menghindari makanan pemicu gigi berlubang, konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan gigi, seperti sayuran, buah, susu, keju, dan air putih. Anda dapat juga mengganti permen kesukaan Anda dengan permen karet yang bisa menolong bersihkan sisa partikel makanan dari dalam mulut.

5. Periksakan kesehatan gigi dan mulut dengan teratur ke dokter

Lakukan pemeriksaan gigi teratur dapat menjadi salah satu langkah untuk menghindari gigi berlubang dan merupakan langkah perawatan gigi yang baik. Dengan pemeriksaan gigi teratur, masalah pada gigi dapat terdeteksi lebih dini hingga lebih gampang diatasi.

Bila pada kontrol dijumpai jika gigi rawan berlubang, dokter akan memberi perlindungan lebih pada gigi berbentuk sealant. Sealant adalah jaket pelindung gigi yang berfungsi melindungi enamel gigi dari zat asam serta plak yang bisa mengakibatkan kerusakan gigi.

Sedangkan bila dijumpai ada gigi yang tidak rata, biasanya dokter akan menyarankan agar pasang kawat gigi, atau behel. Dengan adanya behel pertumbuhan gigi akan lebih teratur, sehingga gigi yang tidak rata akan menjadi lebih rata.

Melakukan perawatan gigi tidak harus menunggu sampai gigi mengalami kerusakan, busuk atau sampai mengganggu kenikmatan waktu makan. Mulailah menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan teratur lakukan perawatan gigi di atas.

Selain itu, hindari makanan yang bisa mengakibatkan kerusakan gigi, sebab tidak hanya dapat mengganggu kesehatan gigi Anda, tetapi juga bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment