Soloensis

Desain Rumah di Atas bukit

Perbukitan memang sebuah tempat hijau yang indah. Tidak heran ada saja yang kemudian ingin membangun hunian di atas bukit supaya nampak keindahan alam. Namun, untuk melakukannya desain rumah di atas bukit harus melalui perhitungan yang matang. 

Model Desain Rumah di Atas Bukit

Membangun rumah di atas bukit menjadi pekerjaan yang cukup menantang bagi seorang arsitek. Pasalnya medannya sendiri tidak seperti dataran biasanya. Itulah kenapa kreativitas sangat diperlukan untuk mewujudkannya. Ini dia desain rumah yang dapat menjadi referensi.

1. Desain Rumah Panggung Modern

Bukit terkenal memiliki tanah berundak dan tidak rata. Otomatis pembangunan rumah pun harus berdasarkan kreativitas arsitek. Salah satu solusi membangun rumah di atas bukit adalah membuat hunian bentuk panggung namun bergaya modern. 

Gunakan pancang besar untuk menopang bangunan secara keseluruhan. Sedangkan jumlah tiangnya sendiri bisa mengikuti ukuran rumah tersebut. Buat rumah dengan ornamen kayu yang mendominasi supaya menimbulkan kesan asri. 

2. Rumah dengan Pintu Masuk Mengagumkan

Rumah di atas bukit tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Supaya memudahkan akses jalan, tambahkan jalan setapak dengan desain unik. Hiasan tanaman hijau akan membuatnya nampak alami. Sebagai referensi, gunakan pintu kayu yang berpadu dengan dinding dan hiasan batu. 

3. Rumah Desain Modern 

Rumah di atas bukit memang nampak menarik sebab tanahnya yang berundak sehingga menghasilkan desain beda dari lainnya. Supaya lebih modern, rumah bisa didesain bernuansa conwood dan ada kolam rena. Soal pembuatannya, Anda bisa lihat biaya bangun rumah di Jogja sebagai refrensi. 

4. Kamar dengan Jendela Besar

Terlepas dari bentuk bangunan yang tampak di luar, suasana di alam rumah juga memerlukan perhatian. Supaya dapat memaksimalkan lahan bukit beserta keindahannya, gunakan pintu kaca geser sebagai jalan sirkulasi udara. 

5. Ruang Makan Menyatu dengan Ruang Keluarga

Ruang makan dan ruang keluarga yang dibiarkan menyatu tanpa adanya kongliong akan membuat ruangan nampak luas. Suasana perbukitan memang paling nyaman dengan nyiur dari dedaunan serta kicauan burung. 

Istilah desain rumah di atas bukit yang bisa menjadi referensi. Sebelum mulai membangun cermati dulu medan di area tersebut. Supaya bisa terencana dengan jelas model apa yang kiranya cocok dengan lahan tersebut. 

 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Zamhari S, Kom. I

    Hanya manusia yang suka belajar

    View all posts

    Add comment