Soloensis

Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Local Web Server

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jika Anda seorang pelajar ataupun mahasiswa seputar ilmu komputer maka sebenarnya Anda sudah tahu apa yang di maksud dengan Local Web Server ini ? Karena secara umum pembahasan seputar web server pasti ada pada mata pelajaran seputar ilmu komputer apalagi web designer.

Jika Anda masih bingung apa yang di maksud Local Web Server. Baik lah disini kami akan menjelaskannya secara singkat.

Apa itu Lokal Web Server?

Local Web Server merupakan salah satu alat yang memberikan layanan berbasis data. Fungsi dari layanan ini ialah untuk menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang ingin mengakses situs milik kita.

Fungsi atau kegunaan Local Web Server ini untuk kita selaku pemilik situs ialah untuk mentransfer semua data dan info seputar situs milik kita kepada klien yang akan mengakses situs milik kita menggunakan browser. Baik itu dari segi teks, gambar, video, dan file lainnya yang ada di dalam halaman situs milik kita.

Kembali ke topik postingan kita kali ini yang akan membahas Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Local Web Server. Sebenarnya untuk menjadikan smartphone android sebagai local web server sangat lah mudah. Syarat yang paling penting ialah ilmu seputar kode html.

Karena di sini kita disuruh membuat sebuah kalimat atau cerita dengan bahasa/kode html. Jadi pastikan Anda sudah dapat membuat kalimat sederhana menggunakan html. Jika ternyata Anda masih sangat awam seputar bahasa html.

Tenang masih ada kok caranya untuk membuat sebuah kalimat dengan kode html tanpa perlu keahlian bahasa pemrograman html. Nanti akan kami bahas juga caranya di bawah ini. Oke dari pada berlama – lama lagi , Langsung saja kita bahas cara nya di bawah ini.

Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Local Web Server

Sebelum kami membahas cara nya, terlebih dahulu kami akan melihatkan beberapa persyaratan untuk menjadikan smartphone android sebagai local web server. Jadi jika Anda ingin menjadikan smartphone android milik Anda sebagai local web server. Maka pastikan bahwa Anda sudah menyelesaikan beberapa persyaratan di bawah ini.

Persyaratan :

– Siapkan satu buah smartphone android untuk di jadikan sebagai Local Web Server

– Siapkan satu buah perangkat baik itu smartphone atau laptop yang mempunyai koneksi WiFi nya

– Pastikan Aplikasi PAW Server for Android Sudah Terinstall Pada Smartphone Android Yang Ingin di Jadikan Local Web Server

Jika semua persyaratan sudah Anda selesai kan. Maka sekarang Anda sudah siap untuk membuat/menjadikan smartphone android sebagai local web server. Langsung saja ikuti langkah – langkah nya di bawah ini.

Langkah – Langkah :

1. Langsung saja hidupkan Tethering Hotspot Wifi melalui smartphone android yang ingin di jadikan local web server. Setelah itu silahkan hubungkan perangkat lainnya misal disini kami menggunakan laptop. Maka kami langsung connect laptop ke hotspot WiFi yang di buat oleh smartphone android milik Anda tadi.

2. Setelah kedua perangkat sudah terhubung. Kemudian buka aplikasi Paw Server for Android. Tampilan pertama aplikasi ini akan tampak seperti gambar di bawah

Silahkan tap Start dengan logo tanda panah

3. Kemudian Anda akan di tampilan seperti gambar di bawah ini. Terlihat di situ IP address dan port nya dengan jelas. Misalnya disitu https://192.168.43.1:8080

4. Silahkan buka browser pada laptop, lalu ketik dan buka https://192.168.43.1:8080 (seperti pada aplikasi Paw Server tadi)

5. Maka Anda akan di tampilkan pada halaman login. Silahkan login dengan user default dari aplikasi Paw Server

User : admin

Password : paw

6. Setelah berhasil login maka tampilannya akan seperti gambar di bawah

7. Selanjutnya silahkan buat sebuah kalimat sederhana dengan format bahasa html. Misal nya

<html>

   <body>

               <h1>Selamat Datang di Website Kami</h1>

       Created by sanepo.com

   </body>

</html>

Cara buat nya bisa menggunakan program notepad pada laptop. Lalu simpan dengan format index.html

8. Selesai di simpan sekarang , silahkan Anda copy file index.html tadi ke memori internal/paw/html

9. Langkah terakhir silahkan Anda Stop, kemudian Start kembali pada aplikasi Paw Server for Android.

10. Dan selesai , coba buka https://192.168.43.1:8080/index.html

Itu lah beberapa cara membuat/menjadikan smartphone android sebagai local web server. Perlu di ketahui juga , Bahwa semua cara di atas dapat Anda lakukan tanpa root dan tanpa akses internet. Jadi tidak perlu terhubung ke internet ataupun akses root, agar Anda dapat membuat/menjadikan smartphone android sebagai Local Web Server.

Demikian lah postingan Admin Sanepo yang sederhana ini mengenai “Cara Menjadikan Smartphone Android Sebagai Local Web Server”. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya pengguna smartphone android. Jika Anda ingin membagi artikel ini berarti Anda telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini.

Baca artikel menarik lainnya di https://sanepo.com

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Add comment