Soloensis

Jenis Waralaba (Franchise) Paling Banyak di Indonesia

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Usaha waralaba atau yang umum dikenal dengan bisnis franchise, memang menyediakan banyak kemudahan bagi Anda yang ingin memulai usaha. Sebab, dengan dasar unsur kemitraan, semua pihak yang terlibat akan memiliki potensi profit yang tergambar jelas.

 

Jenis-Jenis Waralaba Atau Franchise

 

Nah, sebelum memulai untuk menginvestasikan uang Anda dalam bisnis franchise, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis waralaba yang akan diambil.

Meskipun langkah-langkahnya cukup mirip, seperti membeli royalti merk dagang, menyediakan tempat untuk operasional usaha, dan sebagainya.

Ada beberapa model usaha franchise, yang akan diuraikan sebagai berikut:

1. Waralaba Ritel

Jenis franchise ini adalah yang paling populer dipilih. Karena, waralaba jenis ini menyediakan produk berbentuk jasa untuk pelanggannya. Bidang usahanya pun beragam, seperti gerai makanan, teknologi, hingga bidang pendidikan.

Untuk memulai franchise jenis ini, yang pertama harus dilakukan adalah menemukan tempat usaha yang strategis. Sebab, pihak pemilik franchise berhak menilai apakah tempat yang Anda miliki berpotensi menjaring banyak konsumen atau tidak.

Biasanya, waralaba jenis ini memerlukan modal awal yang cukup besar. Selain untuk membeli royalti brand franchise, juga untuk sewa lokasi atau tempat usaha, hingga biaya running-cost selama menjalankan bisnis.

 

Contoh franchise raksasa jenis ini adalah minimarket seperti Indomaret, Alfamart, Superindo, dan lain sebagainya. Untuk layanan waralaba jasa, ada juga beberapa brang yang menggunakan konsep waralaba ini, seperti waralaba kurir, Londry, KiLO, dan semacamnya yang bergerak di bidang jasa cuci pakaian.

2. Manajemen

Franchise berjenis manajemn umumnya condong kepada bisnis antara 2 perusahaan. Bisa dikatakan secara sederhana, perusahaan franchise jenis ini adalah koalisi atau kongsi. Kerjasamanya dilakukan antara kantor regional dengan mengikutsertakan tim manajamen dan kelompok operator untuk saling berkoordinasi.

 

Bentuk usahanya seperti jasa pelatihan karyawan, pendidikan eksekutif, dan lain-lain. Dalam waralaba ini, pihak pemilik franchise akan memiliki tanggung jawab untuk sektor pemasaran, pengelolaan bisnis, dan semua lingkupnya. Sementara staf bertugas untuk memastikan ketersediaan jasa maupun pengembangan produk baru, tergantung konsep usahanya.

 

3. Investasi

Waralaba jenis yang satu ini tidak memerlukan Anda untuk turun langsung. Sebab, umumnya waralaba investasi dikerjakan dalam sistem manajemen perusahaam dalam bentuk penasehat. Sehingga, tidak terlibat langsung dengan operasi bisnisnya. Belum terbayang? Contoh waralaba investasi adalah hotel, toko minimarket, hingga restoran.

 

Alur kerja waralaba ini adalah korporat selaku pemilik franchise akan memberikan mandat kepada para eksekutifnya untuk menjalankan bisnis. Sehingga, pemilik franchise tidak bekerja sendirian dalam kelangsungan usahanya.

 

4. Operator Tunggal

Waralaba yang satu ini hanya melibatkan satu operator saja dalam memasarkan layanan atau produk yang dimiliki. Biasanya, target penjualan ditujukan kepada industri atau pengusaha tingkat distributor.

Pemilik franchise akan menyediakan semua kebutuhan usaha. Mulai dari brand, peralatan dan kelengkapan usaha, seragam karyawan, hingga strategi marketing demi mencapai standar pelayanan dan juga target usaha.

Pola kerja franchise jenis ini sama halnya dengan pekerjaan kantoran, karena pihak investor akan terjun langsung menjalankan bisnisnya. Keunggulannya adalah, investasi waralaba ini cukup murah, sehingga sangatlah tepat untuk menjadi pilihan usaha franchise bagi pemula.

Jenis-jenis usaha yang tergolong dalam kategori ini adalah usaha gerai minuman ringan, makanan ringan, dan lain sebagainya. Umumnya, tidak membutuhkan tempat besar, hanya dengan menempatkan stall sederhana saja.

Demikianlah tadi, beberapa jenis usaha franchise yang perlu Anda kenali sebelum mulai menginvestasikan uang Anda. Jenis franchise yang tepat, bisa menjadi langkah awal Anda dalam menggapai impian merdeka secara finansial.

 

Sudah siap jadi pengusaha? kamu bisa mendapatkan informasi ini di https://waranesia.com/

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Dive Direktori

https://www.divedirektori.biz.id adalah direktori UKM online yang akan mengulas tentang landskap UKM di Indonesia

Add comment