Soloensis

Jenis Baja Berdasarkan Kandungan Kimianya

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Baja merupakan material sebagai elemen khusus dalam susunan bangunan atau spare part industri. Tetapi, apa kita mengetahui jika baja mempunyai tingkatan-tingkatan?. Berikut ini akan diuraikan tiga tipe baja berdasar kandungan kimianya. Silahkan kita baca. Variasi Tipe Baja disaksikan dari Kandungan Kimia.

Baja Karbon

Tipe Baja yang pertama ialah baja yang mengandung kimianya yang tercipta dari elemen besi (Fe) dan karbon C, baja karbon mempunyai kandungan elemen karbon dalam besi sebesar 0,2% sampai 2,14% yang berperan sebagai elemen pengeras dalam susunan baja. Baja karbon mempunyai tiga jenjang salah satunya ialah :

– Low Carbon Steel (Karbon rendah)
– Media Carbon Steel (Karbon medium)
– High Carbon Steel (Karbon tinggi)

Baja Paduan Rendah

Adapun salah satu dari jenjang baja tersebut yakni Baja Gabungan Rendah (Low Carbon Steel). Memiliki kandungan elemen karbon kurang dari 0,3% C. Baja ini mempunyai ketahanan dan keuletan tinggi tetapi mempunyai karakter kekerasan dan ketahanan aus yang rendah. Diterapkan pada pembikinan elemen susunan bangunan, pipa gedung, jembatan, body mobil, dan lain-lain. Baja tipe ini mempunyai beberapa tanda, yakni Jumlah elemen gabungan Baja gabungan rendah sendiri ada dua tipe, yakni :

Paduan Rendah dengan Kekuatan Tinggi

Memiliki sifat mekanis dan ketahanan korosinya lebih bagus dari baja gabungan rendah biasa. Bisa dibikin dengan 2 proses, diannealing atau normalizing. Berkadar karbon rendah yang relatif lunak dan simak mempermudah pembangunan dan pengelasan. Elemen gabungan (alloying element) seperti Sang,Mn,Ni,Cr,Mo tidak lebih dari 5%.

Paduan Rendah Biasa

Mengandung paling sedikit 0,3% C, gampang dikeraskan karena ada elemen Ni,Cr,Mn,Mo, yang memiliki sifat hardenability di proses diannealing dan distempering sampai kemampuan tertentu. Bila semua stuktur martensite, karena itu baja ini mempunyai tanda-tanda yang memperlihatkan karakter mekanis sama dengan baja karbon biasa yang memiliki kandungan elemen C sama. Dalam baja memiliki ukuran besar, baja karbon tidak bisa dikeraskan secara prima, hingga beberapa unsur gabungan dibutuhkan untuk perkerasan yang lebih bagus, oleh karena itu, Alloy Steel pas untuk memperolah kemampuan maksimal dengan proses heat treatment. Jasa Machining Berpengalaman Galeri Produksi dan Workshop

Baca Juga : Harga baja ringan.

Baja Tahan Karat

Seiring dengan mengembangnya pengetahuan dan tehnologi, baja mempunyai ketahanan menahan korosi (pengaratan logam) dengan kontribusi 10,5% ̶ 12% Kromium. Kekuatan ini didapat dari terciptanya susunan film oksida Kromium yang merintangi proses oksidasi besi (Ferum). Berdasar susunan micro atau proses kenaikan kemampuannya, baja tahan karat (stainless steel) digolongkan jadi lima tipe, yakni :

– Austenitic stainless steel
– Ferritic stainless steel
– Duplex stainless steel
– Martensitic stainless steel
– Precipitation hardening stainless steel

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Candra Bi

Playmaker Panduanmenulis.com

Add comment