Soloensis

Cara Membersihkan Kerak pada Mesin Mobil

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Mesin mobil memang terhitung cara dilihat dari sisi kebersihan. Walau sebenarnya penting untuk mengetahui adakah sisi kerak oli di sana. Ya, oli yang Anda pakai sebetulnya dapat meninggalkan sisa kerak bandel yang tidak boleh didiamkan terlalu lama. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil seperti Inova.

Elemen bahan bakar dalam mobil akan susah berperan secara baik, bila Anda tidak memerhatikan kebersihan dan perawatan mesin mobil promo Inova secara benar. Bagaimana jika kerak oli di mesin mobil dibiarkan saja? Bukan hanya mengotori mesin, tapi bisa juga menghancurkannya. Fungsi mesin jadi berkurang. Pasti Anda tidak ingin perform mesin jadi menurun. Yok, simak ringkasan selengkapnya berikut ini.

1.      Persiapkan Semua Perlengkapan

Langkah awal dalam cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil ialah mempersiapkan semua perlengkapan. Ada banyak perlengkapan yang perlu Anda persiapkan karena sangat membantu proses pembersihan. Diawali dari spons, sikat gigi, sampai kain microfiber.

Ke-3 alat itu akan membantu Anda dalam membersihkan kerak oli, terutamanya pada beberapa bagian kecil yang sulit dijangkau. Tetapi jangan lupa untuk memastikan kebersihan dari semua alat. Bila sudah kotor, alih-alih membersihkan kerak oli, justru mesin mobil Anda mendapatkan kotoran semakin banyak . Maka jika memang beberapa alat itu telah terlalu kotor, Anda dapat membeli yang baru promo Inova terbaru.

2.      Dapatkan Pencuci Khusus

Bukan hanya memerlukan spons, sikat gigi, dan kain microfiber. Anda pun memerlukan pencuci khusus. Apa namanya? Pencuci itu ialah engine conditioner. Kegunaan dari pencuci ialah menghasilkan busa saat sudah disemprot ke ruang bakar.

Karena ada busa yang dihasilkan engine conditioner, proses pembersihan kerak oli jadi lebih gampang kembali.

3.      Pakai Engine Flush

Bukan hanya memerlukan engine conditioner saja, Anda pun seharusnya memakai engine flush. Sebenarnya apa engine flush? Pencuci ini mempunyai bentuk seperti detergent. Kegunaannya untuk membersihkan kotoran dan hilangkan kerak di jalur oli.

Jadi engine flush memang dipakai khusus untuk membersihkan jalur oli di mobil Anda. Oleh karenanya langkah penggunaannya dengan memasukkan ke bagian mesin saat sebelum mengganti oli atau masih terdapat yang lama. Selanjutnya Anda mulai bisa hidupkan mesin lebih kurang 15 menit dengan menginjak gas dengan posisi stasioner di angka 2.000 RPM.Lalu buang oli selagi mesin panas.

4.      Gunakan Engine Degreaser

Jika sudah memakai engine flush, Anda pun perlu menggunakan cairan satu lagi. Namanya ialah engine degreaser. Fungsinya untuk membersihkan ruang mesin secara keseluruhan. Langkah pemakaiannya dengan disemprot ke bagian mesin, lalu sikat dengan air sabun sampai bersih.

Selanjutnya kembali siram dengan air mengalir lalu keringkan memakai kain microfiber. Gampang, kan?

5.      Bersihkan ruang mesin

Selain bersihkan bagian dalam, jangan lupa untuk bersihkan ruang mesin dari kotoran bandel, seperti kerak atau tetasan oli yang mengeras. Anda dapat membersihkan dengan cairan engine degrease yang telah dijelaskan sebelumnya. Tetapi jangan lupa memeriksa semua bagian tertutup rapat.

Yang perlu Anda lakukan cukup menyemprot cairan enine degrease di bagian yang kotor, diamkan selama beberapa saat, lalu sikat memakai air sabun sampai bersih. Basuh dengan air mengalir. Untuk mempermudah pembersihan, pakai spons halus atau kain microfiber untuk menghindari goresan-goresan yang dapat merusak mesin.

Jangan lupa untuk bersihkan beberapa bagian yang susah dijangkau, misalnya pada sisi dalam mesin yang tersembunyi. Pakai sikat atau kuas untuk menjangkau beberapa bagian tersebut. Setelah membersihkan dengan sabun, basuh sampai bersih dan pastikan semua elemen mesin terbebas dari busa.

6.      Keringkan ruang mesin

Proses paling akhir ialah mengeringkan ruang mesin untuk menghindari adanya bintik air atau water spot yang nanti jadi karat bila dibiarkan. Pakai kain lap chamois atau kain microfiber kering. Jangan tutup kap mobil sampai 2-3 jam dan diamkan bagian mesin kering semuanya. Untuk mempercepat proses pengeringan, Anda dapat menghidupkan mobil agar mesin jadi panas.

Selain pembersihan, hal terpenting dengan menjaga keadaan mesin dan mobil supaya kerak tidak ada dengan mudah.

7.      Selalu Lakukan Perawatan Berkala

Kerak oli benar-benar sangat mengganggu karena bukan hanya membuat mesin jadi kotor, tapi bisa juga menurunkan perform mobil. Oli mobil yang memiliki masalah berpotensi membahayakan keselamatan Anda. Seharusnya Anda jangan lupa untuk selalu bawa mobil ke bengkel tepercaya agar dapat memperoleh perawatan berkala.

Memang tidak mudah merawat mesin mengingat kegunaannya yang sangat penting bagi kita, maka dari itu kita hendaknya bisa merawatnya agar mesin bertahan lama. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Add comment