Soloensis

Cara Menjinakan Burung Peliharaan dengan Mudah

Untuk merawat burung peliharaan, banyak hal yang harus di persiapkan, seperti memilih burung yang berkualitas, mengetahui karakter, dan juga menjinakannya.

Menjinakan burung merupakan tahapan yang penting untuk dilakukan, dimana ketika burung masih giras atau belum jinak, untuk perawatannya susah untuk dilakukan.

Burung yang tidak jinak bisa terjadi pada burung yang belum terbiasa di pelihara oleh manusia ( burung tangkapan hutan )dan bahkan burung yang sudah jinak pun bisa mendadak menjadi giras kembali.

Cara Menjinakan Burung

Ciri-ciri burung yang belum jinak bisa di lihat dari kebiasaannya, dimana burung akan menjadi takut ketika di dekati oleh manusia yang cenderung lompat dan menabrak rangkarnya dan tidak mau bunyi jika di dekati manusia.

Ya, tentunya ketika seseorang memelihara burung, di harapkan burung tersebut nyaman di dekatnya, terlebih burung tersebut sebagai burung kicauan, dimana ketika burung kicauannya tidak mau berkicau seperti yang di harapkan.

Suara burung yang bagus perlu untuk di latih, dimulai dari proses penjinakan, perawatan harian seperti memandikan, menjemur, mengatur makanan, pemasteran dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara untuk membuat burung menjadi jinak yang sebentar lagi akan anda ketahui penjelasannya di bawah ini.

1.       Memandikan Burung

Pada umumnya, manfaat memandikan burung dapat menjaga kesehatan bulu dan kulitnya dari bahaya kuman, bakteri, kutu dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan memandikan burung juga akan membuatnya menjadi aktif dan menjadi suara burung burung menjadi lebih baik.

Sebagian orang mungkin tidak mengetahui, sebenarnya dengan memandikannya setiap hari, terlebih dimandikan dengan cara di pegang, akan membuat burung terbiasa dengan manusia, sehingga burung menjadi jinak secara bertahap.

Sebagai contoh, jika bulu burung dalam keadaan kering, burung yang belum jinak akan menghindari manusia, dan ketika bulunya sedang basah, biasanya burung cenderung tidak akan menjauhinya dan hanya diam.

Dengan kondisi seperti tentunya, akan membangun suara kebiasaan bagi burung itu sendiri, dan burung beranggapan bahwa manusia bukan lah sebuah ancaman yang harus di hindari dan di takuti.

2.       Memilih Tempat yang Cocok

Jangan menyimpan burung yang masih giras atau belum jinak di tempat sepi, karena bisa membuat burung susah di jinakan.

Menyimpan burung di tempat yang ramai, terutama tempat tersebut sering dilalui oleh manusia, meskipun awalnya burung sering lari dan menabrak sangkar, maka lama kelamaan burung akan terbiasa dan akhirnya burung menjadi jinak dan juga suara burung akan sering terdengar berkicau meskipun di dekat manusia.

3.       Cara Memberikan Makanan

Burung yang terlalu giras, bukan hanya sedang di dekati saja, ketika di kasih makananpun burung akan menjauh karena takut.

Memberikan makanan dengan terapi lapar bisa membuat burung jadi jinak secara bertahap.

Untuk melakukan terapi lapar pada burung yang belum jinak, bisa mencabut cepuk pakan burung pada malam hari, sisakan hanya minumannya saja dan ketika pagi hari, jangan berikan terlebih dahulu hingga jam 09.00 pagi, lalu anda sodorkan satu ekor jangkrik, jika burung tidak mau makan, maka coba beberapa menit kembali, lakukan hingga burung mau memakannya.

Dan jika burung masih belum mau makan yang di sodorkan hingga jam 10.00 siang, maka masukan 1 ekor jangkrik ke cepuk pakannya dan biarkan mengkonsumsinya, lalu pada siang hari, coba kembali goda burung dengan menyodorkan jangkrik.

Demikianlah tips kali ini yang kami sampaikan untuk menjinakan burung peliharaan. Selamat mencoba.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    kicau mania

    penghobi burung kicau

    View all posts

    Add comment