Soloensis

Menumbuhkan dan mengembangkan budaya Literasi

Negeri seribu pulau kebangganku
Darahku nadiku jiwaku
Menjadi satu untuk negeriku
Perbedaan bukan rintanganku,…

Itulah sederetan kata bait pertama dari judul puisi “Negeriku Indonesia,” yang sedang ditulis oleh Imanulea Nicki Putri. Seorang peserta dari 44 peserta, lomba menulis puisi dalam rangka peringatan bulan bahasa dan Sumpah Pemuda, Rabu (28/10/15) di area sekolah.

Kegiatan lomba bulan bahasa, untuk menumbuhkan budaya literasi, aneka kegiatan bisa dilakukan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMA PL Santo Yosef Surakarta ini, yang beranggotakan 4 orang. Yaitu Maria Nani, Dwi Padma Indawati, MF Rina Aryani dan Fransiskus Tri haryatmo.

Kegiatan lomba sekaligus memperingati Sumpah Pemuda beraneka lomba musikalisasi Puisi, Penulisan Artikel dan menulis puisi. Wajib diikuti semua kelas dengan tiap lomba ada perwakilannya dengan memakai kostum pakaian adat/nusantara.

Literasi sendiri merupakan kemampuan menulis dan membaca, budaya literasi dimaksudkan untuk melakukan kebiasaan berfikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca, menulis yang pada akhirnya apa yang dilakukan dalam sebuah proses kegiatan tersebut akan menciptakan karya. “Itulah makna kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan membuhkan budaya literasi di kalangan siswa,” ucap Maria Nani.

Dalam kegiatan ini, Imanuela Nicki Putri merasa bangga dan senang karena dapat mewakili kelasnya. “ Semoga puisi yang bertemakan kebanggaan generasi muda pada bangsa dan Negara ini dapat menumbuhkan semangat nasionalisme,” ucap siswa kelas XII IS 4.

(han)

#soloensis

Apakah tulisan ini membantu ?

Add comment