Soloensis

Pengertian Asensiorekta

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Asensiorekta (Panjatan Tegak) atau dalam Bahasa Inggrisnya disebut Apparent Right Ascension  dan dalam Bahasa Arabnya dinamakan dengan sebutan المطالع البلادية او الصعود المستقيم adalah jarak Matahari dari titik Aries diukur sepanjang lingkaran Equator.

Dengan kata luasnya, Asensiorekta atau Panjatan Tegak adalah istilah Astronomi yang dikaitkan dengan sistem Koordinat Ekuator. Asensiorekta merupakan salah satu dari dua koordinat bola langit pada sistem koordinat Khatulistiwa. Koordinat lainnya adalah Deklinasi. 

Asensiorekta juga termasuk salah satu data Matahari yang tercantum dalam Buku Ephimeris Hisab Rukyat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Data ini diperlukan dalam perhitungan Ijtimak dan Gerhana sistem Ephimeris.

 

Sistem Koordinat Ekuator

Untuk menentukan suatu tempat di Bumi, kita memerlukan data Lintang dan Bujur. Begitu juga ketika hendak menentukan tempat  di langit.

Ahli Astronomi sudah menetapkan apa yang di namakan dengan Sistem Koordinat Langit. Sistem koordinat langit itu sendiri ada beberapa macam. Mengetahui Sistem Koordinat Langit sangat diperlukan dalam rangka mengeksplorasi objek-objek Langit yang diamati. Sehingga setelah kita mengetahui suatu tempat yang hendak dibidik oleh Teleskop tentunya dengan mudah langsung mengaktifkan fungsi Alat optik itu.

 

Baca Selanjutnya>>>

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Muamar Khadapi

Beralamat di Cirebon, Jawa Barat

Add comment