Soloensis

6 Aplikasi Wajib Bagi Seller Online 2021

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Di era digital, semua hal dipermudah termasuk berbisnis. Semua orang bisa berbisnis secara online dengan menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, Tokopedia, Bli Bli, dan sebagainya. Namun, nyatanya nggak semua orang lho bisa konsisten dan sukses dalam berbisnis online. Diperlukan trik dan ketekunan khusus oleh seller online untuk berhasil dalam bisnisnya.

Maraknya bisnis berbasis online yang dijalankan seller online merupakan pertanda semakin banyak juga kompetitornya. Seller online harus semakin kreatif dalam menjual produk atau jasanya. Seller online tidak cukup hanya bermain dengan harga, tetapi juga meningkatkan value barang atau jasanya. Setelah memikirkan ide kreatif, seller online bisa mengekseksusi ide-ide kreatif untuk bisnisnya dengan 6 aplikasi wajib di bawah ini!

1. Ahasave Instagram Downloader

Instagram merupakan media sosial populer yang banyak diminati netizen. Bukan tanpa alasan banyak orang menggunakan Instagram, karena Instagram dilengkapi beragam fitur menyenangkan seperti storyreelslive streamingface filtersbookmark berbagai post dan masih banyak lagi yang dapat menghibur.

Selain dapat menghibur, kamu bisa mengoptimalkan fitur-fitur bisnis yang disediakan Instagram untuk mempromosikan jasa atau produk yang kamu tawarkan. Menurut penelitian, 60 persen orang menemukan produk baru melalui Instagram. Maka, konten yang kamu posting di Instagram sangat berperan penting dalam proses promosi.

Sebuah konten dapat meningkatkan kepedulian konsumen terhadap barang atau jasa yang kamu buat atau mendorong orang yang berkunjung ke akun Instagrammu untuk membeli barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Sebelum membuat konten, kamu bisa mencari inspirasi konten melalui akun-akun bisnis atau influencer panutanmu. Agar memudahkanmu menontonnya berulang kali tanpa harus boros kuota, kamu bisa download video Instagram yang kamu inginkan dengan aplikasi Ahasave Instagram Downloader.

Instagram video downloader ini bisa membantu kamu untuk download foto Instagram, download story IG, berbagai konten video seperti IGTV, reels, dan masih banyak lagi.

Dua cara download video dari Instagram melalui Ahasave, yaitu:

Cara 1:

  • Buka Instagram dan copy link video, foto, video reels dan video IGTV.
  • Buka AhaSave
  • Paste link dari Instagram dan unduhan akan dimulai secara otomatis.

Cara 2:

  • Klik “share” pada konten IG yang ingin kamu download dan pilih ikon AhaSave Instagram Downloader.
  • Selesai!

2. Whatsapp Business

 

Jika aplikasi pertama mendorongmu berbisnis melalui Instagram, aplikasi selanjutnya merupakan aplikasi yang juga cukup dekat dengan kehidupanmu sehari-hari yaitu Whatsapp. Ya, Whatsapp memiliki aplikasi khusus untuk berbisnis yang dinamakan Whatsapp Business.

Whatsapp business berfungsi untuk meningkatkan interaksi seller online dengan pembelinya dan membantu mengembangkan bisnis kamu. aplikasi ini dilengkapi fitur-fitur menarik seperti:

  • Katalog: untuk menampilkan dan membagikan informasi produk dan layanan melalui akun bisnis kamu.
  • Tautan pendek: Mempermudah pelanggan baru untuk terhubung dengan seller online. Bagikan tautan pendek yang dibuat secara otomatis untuk memungkinkan mereka mengirim pesan ke bisnis kamu!
  • Fitur perpesanan: kamu bisa menggunakan template untuk memberi respon kepada customer.
  • Label: digunakna untuk mengklasifikasikan pelanggan seperti “Pelanggan baru” atau “Pesanan dalam proses”.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkan di atas, rasanya seller online wajib untuk mengunduh aplikasi multifungsi satu ini.

3. Canva

Tidak dapat dipungkiri bahwa konten berperan penting dalam kemajuan bisnis online dewasa ini. Maka dari itu, seller online harus terus meningkatkan kreativitas dalam menciptakan konten untuk menunjang bisnisnya. Seller online tentu membutuhkan aplikasi Canva.

Canva merupakan aplikasi editor serbaguna yang dapat membuat mengedit video, membuat berbagai desain grafis seperti logo, sampul buku, dan sebagainya.

Selain itu, Canva juga memiliki fitur lainnya seperti stok foto, montase video, musik latar, ilustrasi, bingkai foto, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menyesuaikan ukuran konten yang telah kamu buat di Canva dengan berbagai platform tujuanmu seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, dan masih banyak lagi.

4. Raja Ongkir

Setelah memikirkan konten untuk menarik perhatian customer, selanjutnya seller online juga harus memikirkan cara mendistribusikan produk yang dijual. Biasanya seller online menggunakan beragam jenis ekspedisi untuk mendistribusikan produknya dari satu kota ke kota lain atau bahkan di dalam kota. 

Nah, untuk itu seller online wajib memiliki aplikasi RajaOngkir. Aplikasi RajaOngkir menyediakan informasi ongkos kirim dari berbagai kurir di Indonesia seperti POS Indonesia, JNE, TIKI, PCP, ESL, dan RPX.

Secara umum, RajaOngkir ditujukan kepada pengguna yang ingin mengetahui dan membandingkan ongkos kirim dari berbagai kurir dan secara khusus bagi pemilik toko online, maupun bagi orang yang sering berbelanja online.

5. Credibook

Jaman serba digital menuntut inovasi kecepatan yang tinggi. Bagi seller konvensional, mencatat pemasukan dan pengeluaran dengan buku merupakan hal yang wajib. Namun, di era digital seperti sekarang hal itu terasa kurang efisien.

Seller online dapat mengunduh aplikasi pembukuan digital, salah satunya CrediBook. Aplikasi ini menampilkan pencatatan dan pembukuan keuangan harian yang cocok untuk UMKM dan bisnis mulai dari pencatatan pemasukan dan pengeluaran, pencatatan hutang, hingga pembuatan laporan laba. CrediBook juga dapat digunakan untuk memonitor akuntansi UMKM.

Beberapa fitur menarik dan membantu lainnya antara lain dapat menetapkan tanggal jatuh tempo pelanggan, pemberitahuan tagihan hutang melalui WhatsApp atau SMS, dapat digunakan lebih dari satu HP, dan masih banyak lagi!

6. Google Keep

Ide atau inovasi usaha baru tiba-tiba muncul di kepalamu? Urusan kerjaan, meeting, atau belanja bahan baku usaha menumpuk di kepalamu? Itu tandanya kamu harus mencatatnya segera!

Jika kamu tergesa dan memiliki banyak hal yang harus dilakukan, kamu bisa download apliksi Google Keep. Secara umum aplikasi ini membantumu mencatat segalanya.

Kamu bahkan bisa mengucapkan memo suara saat bepergian dan perkataanmu akan tertranskripsi secara otomatis. Sangat efektif dan efisien, bukan? Kamu bisa eksplor lebih lanjut saat mengunduhnya!

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Vilia Rhisky Indirasari

mahasiswa, suka menulis daripada kamu.

Add comment