Soloensis

PLTS Atap, Solusi Penghematan Energi dan Ramah Lingkungan

Indonesia yang terletak di jalur khatulistiwa merupakan berkah tersendiri. Sebab, kondisi ini menjadikan Indonesia mendapatkan sinar matahari yang cukup. Seiring dengan majunya teknologi dan meningkatnya kesadaran manusia akan sumber energi listrik yang harus dijaga, muncullah inovasi penyedia tenaga listrik bertenaga surya atau PLTS Atap. Yuk simak ulasannya.

 

Apa Itu PLTS?

Sebelum mengenal apa itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu PLTS. Melansir dari esdm.go.id, PLTS merupakan sistem pembangkit listrik dengan menggunakan radiasi sinar matahari sebagai sumber energinya melalui sistem konversi sel fotovoltaik. Secara singkat, sistem ini akan mengubah energi cahaya menjadi energi listrik.

Berbeda dengan sumber energi berupa fosil yang bisa habis jika digunakan secara terus-menerus, energi dari radiasi sinar matahari dapat digunakan secara berkelanjutan dan tidak akan habis, kecuali jika terjadi fenomena alam di luar dugaan manusia. Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini digadang-gadang akan menggantikan sumber energi bagi konsumsi listrik manusia.

 

Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap

PLTS Atap adalah PLTS yang diletakkan di atap, dinding, atau tempat lainnya dari sebuah bangunan milik pelanggan PLN. Singkatnya, Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap merupakan salah satu cabang dari PLTS yang diperuntukkan bagi pelanggan PLN. Seluruh masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan layanan ini.

Hadirnya PLTS dari SUN Energy ini ditengarai oleh kecemasan akan ancaman habisnya sumber energi yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia di dunia. Pasalnya, tiap hari kebutuhan listrik manusia kian meningkat, sementara sumber energi listrik yang selama ini digunakan memiliki batas waktu dan jika sudah habis, maka tidak bisa digunakan kembali.

Oleh karena itu, teknologi ini memanfaatkan radiasi sinar matahari yang melimpah untuk diolah dan dapat menjadi sumber energi listrik terbarukan. Dengan demikian, PLTS Atap menjadi solusi untuk menghemat energi dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber energi alami. Selain itu, teknologi ini juga ramah lingkungan.

 

Keunggulan Menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap

Beberapa keunggulan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang bisa dijadikan pertimbangan adalah cocok dengan iklim Indonesia, ramah lingkungan, memanfaatkan sinar matahari, proses pemasangan yang mudah, tidak menimbulkan polusi suara, harga panel surya bersahabat, dan tagihan listrik lebih murah.

Hal ini menunjukkan banyaknya manfaat yang akan diperoleh pengguna PLTS dan menjadi salah satu upaya untuk ikut serta menjaga kelestarian sumber energi listrik di bumi. Teknologi yang dirancang khusus untuk kebutuhan listrik rumahan ini dapat mencukupi kebutuhan listrik di rumah dengan biaya yang lebih hemat.

Dengan banyaknya keunggulan PLTS, ternyata tidak selalu bisa menarik minat masyarakat untuk beralih menggunakan panel surya. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Namun, pemerintah terus menggalakkan masyarakat untuk menggunakan PLTS guna menghemat energi dengan memanfaatkan sumber energi alami.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Saddam Ali

    Seorang dengan passion teknologi, marketing dan psikologi. Sedang meraih impian untuk membangun panti asuhan

    View all posts

    Add comment