Soloensis

Inilah Cara Untuk Menghindari Penipuan Dompet Digital

images - 2023-01-28T020046.138-cb8f596f
Dompet digital

Penggunaan dompet digital atau e-wallet semakin populer dari hari ke hari. Biasanya, platform dompet digital dikenal melalui media sosial. Namun, seiring dengan popularitasnya, cara untuk menghindari penipuan dompet digital juga banyak dicari.

Karena dompet digital menjadi pilihan utama untuk pembayaran non-tunai oleh masyarakat Indonesia, beberapa oknum mencoba untuk melakukan kejahatan siber. Seharusnya menjadi alternatif pembayaran tanpa kontak, e-wallet justru menimbulkan kekhawatiran tersendiri.

Jika kamu ingin memanfaatkan keberadaan e-wallet, namun khawatir terjebak dalam putaran arus penipuan online, mari simak beberapa cara untuk menghindari penipuan dompet digital sebagai berikut.

Pengertian Dompet Digital

Secara sederhana, dompet digital adalah aplikasi elektronik yang digunakan untuk melakukan pembayaran tanpa menggunakan uang tunai.

Ini sesuai dengan pengertian dompet digital yang diberikan oleh Bank Indonesia (BI) di situs resminya, yaitu layanan elektronik yang menyimpan data pembayaran dan menampung sejumlah dana yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

E-wallet dapat digunakan untuk membayar transaksi baik secara online maupun offline. Jadi kamu dapat melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan uang atau kartu, cukup dengan membawa handphone pintar yang sudah terinstall aplikasi e-wallet.

Contoh-contoh Dompet Digital

Di Indonesia, kamu akan menemukan banyak pilihan e-wallet yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini beberapa aplikasi e-wallet terbaik yang tersedia.

1. OVO

Tidak asing lagi dengan nama OVO kan? Aplikasi OVO saat ini menjadi salah satu aplikasi dompet digital terbaik dan terpopuler di Indonesia. Hal ini karena OVO menyediakan berbagai penawaran menarik bagi para penggunanya.

Selain itu, sistem keamanan yang dimiliki aplikasi OVO juga sudah terbukti canggih, sehingga semua proses transaksi yang menggunakan aplikasi e-wallet ini dapat berjalan dengan nyaman dan aman.

2. GoPay

Aplikasi e-wallet yang juga populer di Indonesia adalah GoPay. Pengguna aplikasi GoPay semakin hari semakin meningkat karena aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi pada ratusan mitra usaha GoJek.

GoPay adalah layanan pembayaran milik Gojek, sebuah aplikasi transportasi online. Pengguna GoPay merasa aman karena diterapkannya sistem keamanan yang ketat.

Contohnya, setiap kali akan melakukan transaksi dengan menggunakan sistem pembayaran GoPay, pengguna harus menginput PIN atau melakukan pindai wajah atau sidik jari sebagai tahap keamanan. Hal ini merupakan kewajiban yang diterapkan dalam aplikasi GoPay untuk menjaga keamanan transaksi penggunanya.

3. Dana

Melalui aplikasi Dana, kamu dapat melakukan berbagai jenis pembayaran yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari seperti mengirim uang, membeli pulsa, membayar tagihan dan melakukan transaksi di e-commerce. Aplikasi ini juga menerapkan sistem keamanan yang baik untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna.

Contohnya, mengirim uang, membeli pulsa, membayar berbagai tagihan, hingga melakukan transaksi di e-commerce. Seperti GoPay, Dana juga mengaplikasikan sistem keamanan yang baik untuk melindungi penggunanya.

Sistem keamanan yang digunakan adalah dengan mengaplikasikan fitur PIN saat setiap kali pengguna akan melakukan transaksi. Selain itu, aplikasi Dana juga menerapkan fitur OTP.

Dan yang paling menarik, Dana berani menjamin keamanan pengguna dengan memberikan jaminan garansi uang kembali.

4. LinkAja

Aplikasi dompet digital terbaik yang cukup populer dan banyak digunakan di negara lain juga adalah LinkAja. 

Penggunaan aplikasi LinkAja ini sangat mudah untuk melakukan pembayaran kebutuhan sehari-hari. Contohnya, saat ingin membeli pulsa data, mengisi token listrik, melakukan pembayaran di SPBU, untuk pembayaran transportasi umum dan lain sebagainya.

5. Shopeepay

Rekomendasi aplikasi e-wallet yang kelima adalah Shopeepay. Aplikasi e-wallet ini awalnya merupakan sebuah aplikasi untuk melakukan pembayaran pada layanan aplikasi Shopee. 

Namun saat ini, Anda dapat dengan bebas menggunakan layanan dompet digital Shopeepay pada berbagai merchant yang menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay.

Cara untuk menghindari Penipuan

Wah ternyata aplikasi e-wallet sangat bermanfaat ya. Namun, bagaimana jika di sisi lain, kejahatan siber terhadap penggunaan e-wallet juga menjamur? Berikut ini beberapa cara untuk menghindari penipuan dompet digital agar tidak menjadi korban.

1. Jaga informasi pribadi Anda dengan baik

Cara untuk menghindari dari penipuan dompet digital yang pertama adalah sesuatu yang sangat umum dan pasti, yaitu menjaga informasi pribadi. Jadi aturan pertama agar tidak menjadi sasaran empuk kejahatan siber adalah dengan menjaga informasi pribadi Anda.

Oleh karena itu, jangan pernah memberikan informasi pribadi kepada instansi atau orang yang tidak dapat dipercayai, seperti nomor KTP, nomor rekening bank, nomor kartu kredit, nama lengkap, nomor telepon, alamat, dan berbagai data penting lainnya.

2. Jagalah kode OTP dengan baik

Cara menghindari penipuan dompet digital yang kedua adalah jangan pernah memberikan kode OTP milikmu kepada siapapun. Hal tersebut karena kode OTP atau kode satu kali digunakan adalah kode yang merupakan pengaman agar akun terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Kode OTP biasanya akan diterima melalui pesan teks, panggilan telepon, atau email oleh pemilik akun sebagai sarana verifikasi. Verifikasi ini digunakan untuk membuat akun, mengubah kata sandi, atau sebagai tahap konfirmasi saat melakukan transaksi.

3. Jangan Tergoda Dengan Tawaran Hadiah

Jangan mudah tergiur dengan tawaran hadiah atau promo yang terlihat terlalu menggiurkan tanpa melakukan verifikasi dan riset terlebih dahulu. Jangan memberikan data pribadi atau melakukan transaksi kepada pihak yang tidak dikenal atau tidak jelas asal-usulnya. Selalu berhati-hati dan jangan mudah tergiur dengan janji-janji manis yang tidak masuk akal.

4. Jangan melakukan transfer ke rekening pribadi

Cara untuk menghindari penipuan dompet digital berikutnya adalah berhati-hati jika dalam bertransaksi, Anda diminta untuk melakukan transfer ke nomor rekening pribadi. Biasanya, permintaan ini terkait dengan poin nomor 3 sebelumnya.

Jadi, untuk mendapatkan hadiah yang menarik, calon korban akan diminta untuk melakukan pembayaran ke nomor rekening pribadi. Jika Anda berada dalam situasi ini, maka berhati-hatilah dan segera hindari situasi ini secepat mungkin.

5. Selalu gunakan situs resmi

Cara terbaru untuk menghindari penipuan dompet digital adalah dengan memastikan hanya percaya pada informasi yang berasal dari situs resmi.

Jika Anda menerima tawaran dari akun atau instansi melalui platform media sosial, pastikan bahwa itu adalah akun resmi milik instansi tersebut. Cara untuk menghindari penipuan dompet digital sangat mudah, yang utama adalah selalu waspada dan tidak mudah tergiur oleh janji-janji dari pihak luar. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda akan lebih berhati-hati!

 

Referensi: Star-pulsa.com

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Add comment