Soloensis

Berbagai Jenis Soal Psikotes yang Sering Hadir

bisnis buatan tangan-7d955f6f

Dalam proses seleksi dan asesmen, terdapat beberapa jenis soal psikotes yang kerap ditemui. Jenis-jenis tersebut antara lain tes IQ, tes kepribadian, tes kemampuan, dan tes kreativitas.

Tes IQ meliputi beberapa sub jenis seperti Culture Fair Intelligence Test (CFIT), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Kemampuan Dasar (TKD), Army Alpha (AA), Administrasi dan Keuangan (ADKUDAG), dan Tes Intelegensi (IST).

Tes kepribadian mencakup Edwar Personal Preference Schedule (EPPS), Draw A Man Test/Tes Gambar Orang (DAM/BAUM), WARTEGG Test, TES PAULI, Kraepelin Test, The Rothwell Miller (RM), dan PAPI Kostick. Sedangkan tes kemampuan dan tes kreativitas digunakan untuk menilai seberapa baik seseorang dalam menyelesaikan tugas di bawah tekanan dan seberapa kreatif dan dinamis pola pikir seseorang.

Soal psikotes dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, diantaranya:

1. Tes IQ

Tes ini menitikberatkan pada soal yang berisi pembahasan angka dan bahasa. Terdapat beberapa jenis tes IQ, seperti Culture Fair Intelligence Test (CFIT), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Kemampuan Dasar (TKD), Army Alpha (AA), Administrasi dan Keuangan (ADKUDAG), dan Tes Intelegensi (IST).

2. Tes Kepribadian

Peserta akan menghadapi pertanyaan tentang dilema di dunia kerja, bagaimana menghadapi konflik, kerja sama, dan solusi ketika menghadapi masalah yang dilematis. Beberapa jenis tes kepribadian yang dikenal antara lain Edwards Personal Preference Schedule (EPPS), Draw A Man Test/Tes Gambar Orang (DAM/BAUM), WARTEGG Test, TES PAULI, Kraepelin Test, The Rothwell Miller (RM), dan PAPI Kostick.

3. Tes Kemampuan

Peserta akan diuji dengan berbagai tugas di bawah tekanan untuk mengetahui kemampuannya dalam menyelesaikan tugas tersebut. Soal yang disajikan dapat berbentuk angka, permainan kata, grafik, hingga bentuk tiga dimensi.

4. Tes Kreativitas

Peserta dihadapkan pada soal-soal berbentuk gambar atau tulisan yang tersedia dalam enam kotak. Kemudian peserta diminta melanjutkan gambar tersebut dengan ilustrasi yang terpikir oleh mereka. Tes ini digunakan untuk menilai seberapa kreatif dan dinamis pola pikir seseorang.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    lokerpintar

    Add comment