Soloensis

Generasi Muda, Pahami Budayamu!

Seperti yang kita ketahui Indonesia dikenal sebagai negara yang beraneka ragam akan suku, budaya, ras, dan agama. Beragam budaya yang dimiliki Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke dan memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Salah satu budaya yang dimiliki Indonesia adalah tari tradisional.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tari adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian (music, gamelan, dan sebagainya).  Sedangkan kata tradisional adalah menurut tradisi (adat). Jadi, tari tradisional adalah tarian yang berkembang di suatu daerah tertentu, berdasarkan tradisi dan digunakan dalam tradisi.

Di zaman milenial ini banyak masyarakat Indonesia yang seakan lupa atau acuh tak acuh terhadap budaya Indonesia, salah satu budaya yang hampir dilupakan adalah tari tradisional. Banyak generasi muda sekarang yang enggan  mempelajari atau sekedar mencari tahu tentang tari tradisional. Generasi muda sekarang lebih cenderung mengikuti dan menyukai budaya luar salah satunya adalah tarian modern.

Perlu diperhatikan atau ditekankan bahwa mencintai budaya Indonesia bukan lagi dikatakan kuno dan ketinggalan zaman. Maka dari itu, ada beberapa upaya untuk membangun kesadaran generasi muda tentang pentingnya memahami dan mencintai budaya khususnya tari tradisional diantaranya yaitu :

·         Meninggalkan sikap acuh tak acuh terhadap tari trasional daerah kita sendiri.

·         Mencoba untuk mempelajari tari tradisional daerah kita sendiri.

·         Mendalami dan memahami makna dari tari tradisional daerah kita sendiri.

·         Mendalami sejarah budaya Indonesia dan belajar mencintai sejarah Indonesia.

·         Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengembangkan dan mengenalkan budaya Indonesia ke dunia internasional.

·         Memiliki rasa bangga tehadap beragam budaya yang Indonesia miliki.

Adapun beberapa cara untuk mengembangkan tari tradisional yaitu :

·         Carilah sanggar tari tradisional untuk belajar menari.

·         Jangan pernah malu untuk belajar menari karena belajar menari seharusnya menjadi suatu kebanggaan tersendiri untuk kita.

·         Jika sudah mempelajari seni tari maka cobalah untuk mencintai dan menghormati seni tari Indonesia.

·         Ajaklah teman, sahabat, dan saudara kita untuk ikut belajar menari agar bertambah generasi muda yang melestarikan tari tradisional.

·         Buatlah pertunjukan tari tradisional dan memperkenalkan pentingnya melestarikan tari tradisional kepada masyarakat Indonesia.

Banyak yang berperan dalam upaya pengembangan tari tradisional salah satunya yaitu sekolah dan masyarakat.  Di sekolah kita dapat mempelajari tentang sejarah budaya Indonesia mulai dari sejarah seni tari, seni musik, seni teater dan lainnya. Dan di sekolah juga kita bisa ikut bergabung dalam ekstrakurikuler tari tradisional yang mana kita bisa lebih banyak mendapatkan pelajaran tari tradisonal baik mulai dari belajar menari sampai sejarah tari tradisional. Dan adapun di masyarakat kita juga bisa ikut dan bergabung dalam sanggar tari tradisional dan ikut sharing tentang tari tradisional atau bisa juga mengajak masyarakat lainnya untuk membantu dalam mengembangkan tari tradisional.

Semoga generasi muda sekarang memiliki rasa cinta terhadap budaya Indonesia khususnya tari tradisional sehingga tidak hilang nilai budaya Indonesia dan tidak mudah tergerus oleh perkembangan zaman maupun peralihan budaya masa kini. Dan kita sebagai generasi muda harus menanamkan tinggi nilai budaya Indonesia.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Alika Syifa Lutfiah

    Menari adalah salah satu bagian dari hidup saya.

    Fakultas kesehatan masyarakat
    Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

    View all posts

    Add comment