Soloensis

Diet Skincare untuk Anak Kost

 

Nama : Siti Aldina Nurhasanah

Kelas : Ikm 10/ Sem 1

Judul : Diet Skincare Bagi Anak Kost

Pembaca : Remaja ( Pelajar/Mahasiswa)

DIET SKINCARE BUAT ANAK KOST

Meski jadi anak kost, mahasiswa tetap juga ingin cantik. Wajah yang cerah,bersih dan bersinar menjadi dambaan semua orang. Karena itu, skincare menjadi kebutuhan kita semua termasuk anak kost. Namun, seringkali harga skincare yang sangat mahal menguras isi dompet. Padahal, sebagai anak kost harus menerapkan prinsip hemat. Lalu, bagaimana caranya mahasiswa mendapat kulit yang flawless kalau buat cuci makan aja seharga biaya makan sebulan?

Menurut Razan Izazi seorang mantan beauty editor disalah satu media gaya hidup yang kini menjadi penulis,juga seorang pengguna skincare yang religius dan penganut aliran make up minimal dalam situsnya https://review bukalapak.com berikut adalah  tips hemat skincare yang bisa kita lakukan:

1.      Pahami kebutuhan kulit dengan baik

Jangan asal membeli sebuah produk tanpa pertimbangan, sementara kita tidak mengerti manfaat nya bagi kulit kita. Sangat penting untuk memahami kebutuhan kulit dengan baik, sehingga kita bisa menemukan produk skincare yang tepat dan sesuai kebutuhan. Jika kita asal membeli , bukannya memberi manfaat positif dan merawat kulit dengan baik, produk skincare yang tidak tepat akan menimbulkan berbagai masalah pada kulit kita

2.Pilih produk yang multifungsi

Bukan hanya pada berbagai peralatan make up saja, namun berbagai produk make up juga bisa saja digunakan untuk beberapa fungsi yang berbeda sekaligus.

3.Beli dengan harga terbaik

Tidak perlu terburu buru utk membeli make up dan skincare, meskipun kamu telah mencobanya dan yakin akan kualitas produk tersebut. Lakukan perbandingan harga terlebih dahulu, sebab harga yang diterapkan masing masing took biasanya akan berbeda beda.

4.Hemat membeli dan hemat menggunakan.

Berbagai produk make up dan skincare biasanya akan dihargai cukup mahal, terutama produk produk yang berasal dari luar negri. Bukan hanya ketika membeli saja kita juga harus berhemat saat menggunakan produk produk tersebut.

5.Gunakan dengan bijak

Setelah beberapa poin diatas, langkah lain yang bisa kita lakukan untuk menghemat biaya make up dan skincare adalah dengan menggunakannya dengan tepat. Bijaklah dalam menggunakan produk tersebut, sehingga prodk skincare kita lebih awet dan tahan lama. Ini akan membuat penghematan yang besar, sebab kita tidak akan cepat kehabisan berbagai produk make up dan skincare tersebut.

Ada beberapa manfaat jika kita menggunakan skincare yaitu memberikan nutrisi bagi kulit, menunda munculnya kerutan dan garis halus, mendapatkan kulit yang lebih kenyal, mengurangi resiko kulit kusam.

Dan ada pula beberapa bahaya yang mengincar kulit apabila kita asal memakai skincare tanpa tahu yang dibutuhkan kulit serta memakai skincare terlalu dini yaitu kulit menjadi kebal, penuaan dini, iritasi jangka panjang serta memudarkan kecantikan alami.

Kita pasti pernah mendengar 10 steps Korean Skincare Routine,  step step yang mereka aplikasikan itu adalah alasan kulit kulit mereka itu putih, bersih dan glowing, sehingga skincare yang mereka pakai itu selalu menjadi trend di seluruh dunia.

Masalahnya banyak juga para pelajar dan mahasiswa yang rata rata anak kost memaksakan diri untuk membeli skincare sampe sepuluh jenis begini. Gimana caranya bisa hemat coba?

Saya punya seorang teman anak kost, dia sering bergonta ganti skincare karena merasa hasil yang gak nyata, merasa wajah dia sama sama aja dari waktu ke waktu, jadi ia coba coba skincare baru, dan akhirnya kulitnya iritasi, dompet juga iritasi.

Jadi, solusinya adalah pertama tama kita harus tau bahwa kulit itu sebenarnya sudah punya mekanisme sendiri untuk menyembuhkan masalah yang ada. So, kita bisa berhemat skincare , yang biasanya beli sampai 10 jenis skincare bisa dikurangi menjadi minimal skincare menurut para ahli yaitu ada 3: Cleansing, Moisturizing, dan SPF. Artinya jikapun menggunakan skincare, kita bisa mengurangi skincare yang tidak perlu . jadi, dengan begitu kita bisa berhemat skincare ala anak kost.

Selain itu, kita juga harus tau bahwa memakai berbagai macam skincare diusia muda juga tidak terlalu bagus untuk kulit.

Dr.Ika Anggrain sp.DV seorang dokter klinik kecantikan BAMED Jakarta mengatakan bahwa: “ saat seseorang pakai skincare terlalu dini, misalnya mengikuti trend 10 step korean beauty routine, lalu punya kulit tipe berminyak, lalu skincare yang dia aplikasikan banyak dan berlebihan tersebut malah bisa menyumbat pori-pori. Alhasil, kulit yang sebelumnya tidak apa apa , malah jadi breakout.

Jadi kita harus paham bagaimana kulit kita sendiri dan menyadari skincare apa yang benar benar kita butuhkan. So, kita bisa berhemat dan tidak mubazir dengan membeli skincare yang sebenarnya tidak benar benar kita butuhkan.

Selain itu, sebagai anak kost alangkah lebih baiknya bila kita lebih memperhatikan asupan makanan dan gizi daripada hanya sekedar menghabiskan uang untuk membeli skincare. Karena sesungguhnya kesehatan adalah yang paling utama.

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Siti Aldina

    Mahasiswi Universitas Islam Negri Sumatera Utara

    View all posts

    Add comment