Soloensis

JOE’S NEWS, Wasis dan SOLOPOS

Dipastikan setiap sekolah jenjang manapun ada kegiatan eksatrakurikuler majalah dinding (Mading). Kegiatan yang memberi ruang gerak peserta didik mengembangkan kemampuan menulis, menggambar, seni yang dipamerkan di papan dinding sekolah. Pameran kemampuan tersebut untuk dilihat, dibaca dan diberi apresiasi warga sekolah.

Menginjak sekolah menengah(SMP/SMA), Mading lebih dioptimalkan dan dipadukan dengan kegiatan jurnalistik. Yang menyangku mencari berita, reportase dan pemberian laporan bisa lewat mading, bulletin, majalah dan Koran sekolah.

JOE’S NEWS berarti Warta dari SMA PL Santo Yosef Surakarta. Merupakan nama Mading dan majalah sekolah yang secara terus menerus menyapa warga sekolah dengan berbagai berita, informasi, reportase, laporan kegiatan, laporan keuangan, opini dan lain-lain yang erat kaitannya dengan kegiatan Jurnalisme (kewartawanan).

Demi menjadikan para anggota Jurnalistik JOE’S NEWS lebih professional. Agenda tahunan yang di lakukan pelatihan dan selanjutnya aplikasi di lapangan. Dalam pelatihan ini JOE’S NEWS beberapa kali bekerjasama dengan SOLOPOS. Baik pelatihan Jurnalistik di sekolah, kunjungan ke SOLOPOS atau bentuk kegiatan lain yang berhubungan dengan Jurnalistik.

Sebagai pendamping Jurnalistik JOE’S NEWS, obsesi guna memberi motivasi peserta ekstra. Bahwa setiap angkatan kegiatan tahunan wajib hukumnya diikuti dan dilaksanakan. Kunjungan ke Media sebagai bentuk kerja nyata dan belajar bagaimana redaksi SOLOPOS bekerja menyiapkan Koran.

Sebelum SOLOPOS membuat program Wasis dan Goes To School. JOE’S NEWS beberapa kali melakukan kunjungan ke SOLOPOS untuk belajar. Setiap kunjungan diterima oleh Sekretaris Redaksi, mulai dari saat Candra Prabantoro sampai Sri Handayani.

Di Griya SOLOPOS, JOE’S NEWS diterima dengan baik. Duduk bersama di ruangrapat redaksi (Tanya jawab) kemudia diajak keliling ke ruang kerja redaksi, keuangan, kesekretariatan, Pusat Dokumentasi (Pusdok) yang selalu diterima dengan hangat oleh manajernya, Sholahuddin. Dijelaskan bagaimana Pusdok mendokumentasikan berita harian termasuk media (Koran) lain.

Usai dari Pusdok, staf Sekretaris Redaksi/staf mengajak ke ruang iklan di lantai dasar. Dijelaskan oleh salah satu staff bahwa Koran SOLOPOS bisa hidup karena peranan Iklan. Maka setiap Koran akan dibagi dalam dua divisi besar dan dibedakan kinerjanya yaitu Redaksi Koran SOLOPOS dan Perusahaan PT Aksara SOLOPOS.

Dalam kunjungan tidak luput pula, peserta di ajak ke ruang percetakan. Anggota JOE’NEWS biasanya kagum dan sedikit kaget masuk ruang ini. Karena dikenalkan mesin cetak 4 warna sekaligus akan mencetak harian ini dengan jumlah puluhan ribu dalam waktu yang singkat. Dan sudah tertata rapi dalam bentuk eksemplar Koran yang siap di pasarkan.

Sejak adanya program Wasis dan Goes To School. Kerjasama JOE’S NEWS dengan SOLOPOS semakin meningkat. Sebagai pembimbing wajib menawarkan dan memberi kesempatan kepada perkembangan (karier) JOE’S NEWS agar semakin piawai dalam aktifitas sebagai jurnalis. Maka setiap ada program wartawan siswa (wasis) wajib hukumnya anggota JOE’S NEWS untuk mendaftar dan ikut seleksi.
Alhasil beberapa anggota JOE’S NEWS yang pernah menjadi Wasis seperti Evarista Enggar, Anggita Primartiwi dan Priscila Agnesis Giantoro. Mereka sangat bangga pernah menjadi anggota Wasis. Namun bagi yang belum berhasil toh tetap bersemangat karena tetap mampu menulis dan dipublikasikan lewat mading maupun majalah sekolah.

Penyemangat anggota JOE’S NEWS untuk menjadi Wasis SOLOPOS tidak lepas pula dengan programnya Goes To School. Dalam ingatan penulis, program pertama SOLOPOS Goes To School SMA PL Santo Yosef dilaksanakan pada Sabtu, 13 Maret 2010. Puluhan anggota JOE’S NEWS menerima awak SOLOPOS yang hendak berbagi, antara lain Ivan Indrakesuma, Rini Yustiningsih (Redaktur Remaja), Sholahuddin (Pusdok) dan beberapa Wasis aktif.

Pelatihan dasar Jurnalistik (5 W + 1 H) merupakan program utama dan pengenalan rubrik Gaul dan kesempatan pihak luar untuk ikut mengisinya. Nah sejak kedatangan SOLOPOS dan Wasis, hampir setiap ada lowongan Wasis anggota JOE’S NEWS ikut mendaftar. Sebagai pendamping wajib memberi Suport. Mencoba berkompetisi secara sportif, termasuk dengan rekan JOE’S NEWS sendiri.

Begitu pula mungkin menjadi harapan SOLOPOS apabila semua (pendamping jurnalistik) sekolah di Solo Raya memberi support. Lewat kegiatan jurnalistik di sekolah untuk mengembangkan potensi peserta didiknya dengan menggandeng SOLOPOS sebagai mitra berkembang, mahir dan professional.

Sebuah hubungan dan kerjasama yang baik JOE’S NEWS, Wasis, SOLOPOS semakin meningkatkan dinamika relasi yang harmonis. Sebuah kenangan berarti yang pasti terpatri di sanubari pegiat jurnalistik JOE’S NEWS, termasuk saya sebagai pendampingnya. Apalagi menginjak usia ke 18 tahun SOLOPOS.

#soloensis

Apakah tulisan ini membantu ?

Add comment