Soloensis

Cara Memunculkan File di Flashdisk

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

File yang tersimpan di dalam flashdisk biasanya tanpa terduga dapat hilang dengan sendiri tanpa dihapus oleh pemiliknya. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengembalikan data tersebut apabila dirasa penting. Sebab, sudah ada cara memunculkan file di flashdisk dengan mudah.

Cara Memunculkan File di Flashdisk yang Tersembunyi

Pernahkan Anda membuka sebuah flashdisk dengan beberapa data penting di dalamnya, tetapi kemudian hilang tanpa dihapus? Bisa jadi file tersebut disembunyikan oleh virus tertentu. Untuk memunculkannya kembali simak beberapa cara di bawah ini:

1. Mengembalikan File yang Disembunyikan Virus Menggunakan CMD

Cara memunculkan file yang tersembunyi akibat adanya virus yang selanjutnya yaitu melalui CMD. Mungkin sebagian orang sudah tahu bahwa aplikasi satu ini dapat mengatasi hal tersebut. Akan tetapi terkadang bingung.

Caranya yaitu:

  • Pertama buka CMD kemudian tekan Windows + R.
  • Kedua, ketik kata CMD dan klik OK.
  • Ketiga, Sambungkan flashdisk, lalu cek letter dari flashdisk.
  • Jika letter flashdisk di PC Anda F:, masukkan F: dan klik enter.
  • Terakhir perintah attrib –s –r –r*.* /s /d /I, serta enter.

2.     Virus Menggunakan Setting View Hidden Files dan Folder

Ketika file dalam flashdisk hilang atau disembunyikan oleh virus ringan, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengatur pilihan pada fitur hidden files dan folder. Hal ini dapat dilakukan pada seluruh versi windows.

Langkah-langkahnya yaitu:

  • Pertama, Buka Windows Eksplorer pada PC atau laptop.
  • Kedua, klik tab view di bagian menu kiri atas.
  • Ketiga, tekan centang pada pilihan hidden items.
  • Terakhir, sambungkan flashdisk dan cek kembali file tersebut.

Cara tersebut hanya dapat digunakan pada Windows 10, sedangkan untuk versi Windows lainnya yaitu:

  • Pertama, Buka Control Panel pada PC atau laptop.
  • Kedua, klik menu Appearance and Personalization.
  • Ketiga, tekan folder options dan tab view. Terakhir,  pindahkan setting show hidden files & folder.

3.     Memunculkan File dengan Recuva

Jika sudah melakukan dua cara di atas, akan tetapi file yang ada di dalam flashdisk belum muncul juga. Maka Anda dapat menggunakan Recuva untuk mengatasinya. Berikut beberapa tahapan saat menggunakan aplikasi tersebut.

  • Pertama, install aplikasi recuva dan kemudian sambungkan flashdisk.
  • Kedua, tekan next, pilih recovery menjadi all files.
  • Ketiga, setting lokasi menjadi flashdisk.
  • Terakhir, klik start guna memulai proses scan.

Cara Memunculkan File Terhapus di Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu bentuk media penyimpanan data yang praktis karena memang bentuknya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemanapun. Akan tetapi jika file terhapus, berikut cara memunculkannya kembali:

1.     Puran File Recovery

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk yaitu dengan menggunakan software bernama Puran File Recovery. Selain itu, Aplikasi ini juga memiliki kelengkapan berbagai fitur untuk mengembalikan data pada hardisk laptop atau PC.

Salah satu keunggulan dari Puran File Recovery yaitu ia mampu mencari lebih dari 50 tipe file yang hilang di flashdisk termasuk video, dokumen, ataupun foto. Untuk ukuran dari aplikasi ini sendiri juga tidak terlalu besar, sehingga ringan ketika diinstall di PC atau laptop.

2.     EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard merupakan salah satu software yang juga dapat mengembalikan beberapa file yang terhapus di flashdisk. Aplikasi ini memiiki 2 mode scanning flaksibel, di antaranya yaitu deep scan dan quick scan

Selain itu, EaseUS Data Recovery Wizard juga mempunyai fitur yang bisa membuat Anda dapat memilih data tertentu sesuai dengan keperluan. Aplikasi ini juga diklaim mampu memulihkan lebih dari 1.000 format file meliputi video, audio, foto, dokumen, dan lain-lain.

3.     Disk Drill

Salah satu software ampuh untuk mengembalikan data yang selanjutnya yaitu Disk Drill. Dimana aplikasi tersebut mampu memunculkan file hilang dengan ukuran lebih dari 500 MB pada flashdisk, ipods, hardisk, dan lain sebagainya.

Kelebihan lain dari Disk Drill ini yaitu ketika Anda sedang mengembalikan data, maka pada proses tersebut pengguna dapat melakukan pause kemudian beru resume kembali. Aplikasi ini akan mengembalikan file sesuai ukuran dan tanggal.

4.     CardRecovery

CardRecovery adalah salah satu software dengan fungsi mengembalikan data pada flashdisk yang digunakan pada sistem operasi Windows XP ke atas. Aplikasi ini sangat cocok untuk memunculkan kembali file berupa gambar format JPG, audio, dan video.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan CardRecovery maka ia tidak bisa digunakan untuk mengembalikan file berupa arsip RAR, dokumen, dan gambar dengan format PNG. Maka dari itu, sebaiknya menggunakan aplikasi ini hanya ketika ingin memunculkan kembali file media saja.

Demikian sedikit penjabaran mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Bagaimana cukup mudahkan cara mengembalikan data yang hilang? Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat membantu menambah pengetahuan para pembaca.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Nur Sholeh

Penulis lepas yang hobinya nulis, saya juga suka jalan-jalan, dan juga fotografi.

Add comment