Soloensis

5 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula Agar Sukses

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Apakah kalian ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis? Memulai bisnis, terutama jika ini adalah hal baru, bisa terasa cukup menakutkan. Keraguan-keraguan seperti “apakah usaha ini akan berhasil?”, “bagaimana strategi pemasaran yang paling tepat?”, “apakah akan merugi?” mungkin akan menghampiri benak kita. Satu hal yang perlu kita tahu adalah semua kemungkinan itu ada, termasuk kemungkinan untuk berhasil. Kita tidak akan pernah tahu jika tidak pernah mencobanya.
 
Berikut ini adalah tips-tips yang akan membantu kalian yang ingin memulai bisnis online:
 

1. Lihat Peluang

Memulai bisnis online tentu tidak bisa didasari oleh keinginan saja, tapi juga dengan memanfaatkan peluang. Pertama-tama, perhatikan lingkungan sekitar kalian dan pikirkan bisnis online apa yang sekiranya akan berhasil di daerah tersebut, produk apa yang paling dicari dan banyak diminati di sana, dan berapa banyak kompetitor kita nantinya. Akan lebih baik jika kita memulai bisnis yang belum memiliki banyak kompetitor karena hal ini dapat meningkatkan kesempatan kita untuk dicari dan diandalkan oleh konsumen. Walaupun bisnis apapun pasti akan memiliki kompetitor, semuanya tergantung dari bagaimana kita mengolahnya agar bisa bersaing dengan baik.
 

2. Muncul dengan Ide Unik dan Kreatif

Ketika bisnis online yang ingin kita mulai memiliki cukup banyak kompetitor, jangan takut untuk bersaing karena kita tetap bisa unggul jika muncul dengan ide yang unik dan kreatif. Misalnya saja untuk bisnis makanan, meskipun makanan yang ingin kita jual memiliki banyak kompetitor, kita bisa menambahkan kreasi lebih dari segi resep atau bonus sehingga bisnis kita dapat menarik perhatian atau lebih dilirik oleh konsumen. Sesuatu yang baru dan kreatif akan secara otomatis menggugah rasa penasaran orang lain untuk mencoba dan kemudian jatuh hati dengan produksi kita.
 

3. Memulai dari Sesuatu yang Kita Suka

Selain dari peluang dan kreasi, memilih jenis bisnis online yang kita sukai juga tidak kalah pentingnya. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi semangat kita untuk meningkatkan bisnis karena kita menyukainya. Selain itu, kita juga otomatis dapat lebih berkreasi jika menyangkut hal yang kita sukai dan kuasai. Misalnya saja bisnis makanan jika kita suka memasak atau kuliner, bisnis baju jika kita menyukai perkembangan fashion, atau bahkan bisnis jual buku online jika kita suka membaca dan mengoleksi buku.
 

4. Menggunakan Metode Pemasaran yang Tepat

Jika kita sudah memutuskan bisnisnya, hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah merencanakan metode pemasaran yang terbaik untuk produk kita. Hal ini meliputi media apa yang akan kita gunakan untuk memasarkan produk dan gaya komunikasi seperti apa yang seseuai dengan target pasar. Kita juga dapat memanfaatkan timing untuk memberikan promo-promo terbaik dan mendapatkan perhatian konsumen.
 

5. Menggunakan Platform Bisnis Online Terbaik

Platform bisnis online adalah wadah yang bisa kita manfaatkan untuk memaksimalkan potensi bisnis kita. Salah satunya yang bisa diandalkan adalah Nisa.id sebagai platform pembelajaran bisnis digital para Muslimah di Indonesia yang bukan hanya memberikan kita kesempatan menjadi reseller atau distributor dengan mudah, tapi juga menyediakan solusi dari berbagai macam kendala bisnis yang mungkin terjadi. Platform ini juga memiliki program pelatihan atau mentoring yang dapat memberikan berbagai insight yang berguna bagi perkembangan bisnis kita.
 
Berbagai tips ini adalah kiat-kiat yang harus kita lakukan sebaik mungkin guna mendapatkan hasil yang maksimal. Karena hanya dengan tekad yang kuat dan usaha yang baik lah, hal-hal yang terlihat sulit sekalipun akan menuaikan hasil.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Saiful Kamali

Digital Marketing

Add comment