Soloensis

Memahami Pentingnya Pengenalan Budaya Lokal Terhadap Generasi Muda

Satu dekade terakhir ini, bangsa kita dihadapkan pada fenomena pertukaran budaya yang begitu melesat. Banyak sekali kultur asing yang masuk secara bebas, dengan dalih Globalisasi.

 

Namun nyatanya, fenomena ini juga memunculkan berbagai dampak negatif, salah satunya ialah minimnya pengetahuan generasi penerus terhadap nilai-nilai budaya lokal.

 

Ini disebabkan karena budaya luar yang masuk, sangat identik dengan Modernisasi, yang tentunya cukup sesuai dengan mindset dan keinginan anak-anak muda bangsa.

 

Salah satu aliran yang mencolok adalah perihal Musik. Sehingga semakin hari, musik-musik daerah perlahan hilang dan mulai lenyap.

 

Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, bisa-bisa kedepannya budaya sejarah yang telah berkembang turun-temurun di sekeliling kita, akan memudar dimakan waktu, karena tak ada lagi generasi yang melestarikannya.

 

Sehingga, yang tertinggal hanya cerita-cerita penghantar tidur. Untuk itu, kesadaran para generasi muda harus ditingkatkan kembali.

 

Nah, cara termudah dalam membangkitkan kesadaran dan rasa peduli para generasi terhadap keberadaan budaya-budaya langka di Indonesia, silakan utarakan kepada mereka beberapa poin penting dari hal tersebut, di bawah ini :

Budaya Adalah Identitas Bangsa

Setiap negara di dunia ini pasti memiliki identitas, dan salah satu identitas paling mendasar ialah budaya-budaya yang ada dan berkembang di negara tersebut. Begitu pula Indonesia, yang tersohor dengan keberadaan budayanya yang sangat beranekaragam.

 

Bayangkan jika budaya-budaya yang ada tersebut semakin ditinggal oleh para generasi, tentunya ciri khas negara ini akan mulai memudar, sehingga citarasa yang lama hidup akan mati karena tidak adanya gerakan dan hasrat para penerus untuk melestarikannya.

 

Untuk itu, mereka perlu diberi edukasi yang lebih, sehingga timbul kesadaran dan kepedulian untuk menjaga, merawat dan melestarikan budaya itu lagi. Alhasil, identitas bangsa ini akan kembali kuat, kental dan hidup seperti sebelum-sebelumnya.

Budaya Adalah Peninggalan Berharga

Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah kebudayaan terbesar di dunia. Di setiap daerah dan provinsi, terdapat ragam budaya tersendiri yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut.

 

Ini merupakan salah satu kebanggaan yang patut untuk dijaga, dilindungi dan dilestarikan. Kenyataan di atas tidaklah lepas dari peran dan kerja keras dari masa lampau.

 

Kita mengetahui bahwa di zaman dahulu, Indonesia dipenuhi oleh kerajaan-kerajaan besar dan punya pengaruh hebat dalam berbagai aspek di dunia, misalnya aspek ekonomi, sosial dan budaya.

 

Nah, setelah kerajaan-kerajaan tersebut bertumbangan, budaya yang sempat berkembang dahulunya terus hidup dan melekat sebagai jati diri bangsa ini.

 

Sehingga, sudah menjadi tanggung jawab para generasi penerus untuk membuatnya tetap hidup, dan tidak membiarkan keberadaannya hilang, memudar dan luntur.

Budaya Adalah Bukti Kekayaan Indonesia

Indonesia yang sangat tersohor dengan kekayaan alamnya ini, juga terdapat ribuan budaya yang sudah dikenal secara internasional, baik dalam bidang Lagu Daerah, Tari Tradisional, Alat musik, kuliner, tempat wisata dan lain-lain.

 

Kekayaan yang ada patut diapresiasi. Pasalnya, tidak sedikit juga orang-orang negara lain yang tiap tahunnya, rela terbang dan membayar mahal untuk sekadar bisa menyaksikan pertunjukan-pertunjukan budaya di negeri ini, misalnya di Bali, Sumatera Barat, Papua dan lain-lain.

 

Selain mempertahankan budaya karena bisa membantu finansial negara dan daerah itu sendiri, kekayaan ini juga wajib dilestarikan karena telah menjadi identitas negara. Sehingga jika terlupakan, maka karakteristik yang telah tertanam puluhan tahun akan perlahan ikut memudar pula.

 

Demikian, ulasan singkat tentang mengapa Pentingnya memberi pengenalan lebih dan  pemahaman mengenai budaya lokal terhadap barisan generasi bangsa, yang dikutip dari Senipedia, dengan tujuan agar kekayaan, peninggalan dan karakteristik khas negara ini terus bertahan dan tidak goyah oleh arus globalisasi.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Wiki Pebrianto

    Influencer, Pekerja Keras, Pemimpi, Pecinta Seni, Sedikit Pemalu dan Ramah.

    View all posts

    Add comment