Soloensis

Cara Mengisi Aplikasi Daftar Hadir GTK

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sudah mengeluarkan kegiatan aplikasi gres yaitu aplikasi SIM Kehadiran Guru, yang dapat dibuka secara online. Aplikasi ini diperuntukkan untuk guru-guru yang sudah masuk datanya dalam aplikasi dapodik.

 

Tapi dapat kami bagikan cara pengisian daftar hadir GTK atau ketidakhadiran guru ini. Simak ulasan artikel di bawah ini.

 

Untuk login silahkan masukan NPSN atau Nomor Inti Sekolah Nasional, username/e-mail serta password dapodik, lantas isi captcha berbentuk gabungan angka, lantas click login.

Cara Mengisi Aplikasi Kehadiran Guru Online

  • Setelah login, Klik Menu Kehadiran di kiri atas
  • Kemudian Pilih Bulan
  • Pastikan tahun pembelajaran misalnya 2017. Kemudian pilih bulan Juli, Saat login dengan cara otomatis akan ikuti bulan ketika kini kita login.
  • Klik Buat Daftar Ada
  • Klik Refresh, maka ada beberapa nama guru dan centang-centang kedatangan. Selanjutnya click pada centang-centang yang ada. Dengan cara default sudah semua dicentang, yang berarti Ada.
  • Janganlah lupa setelah usai, Click SIMPAN.

Itu untuk pengisian hadir untuk satu bulan, pola bulan Juli 2017.

Untuk bulan setelah itu, Pilih Agustus, lantas click Buat daftar ada. Lagi Kembali beberapa langkah di atas untuk bulan-bulan selanjutnya.

Cara Mengisi Ijin, Sakit, Cuti di Aplikasi Kehadiran Guru Online

Keterangan di atas yaitu metode membuat daftar ada serta kepentingan contreng mencontreng, jika ada terus-terusan, tidak ada sakit, ijin, cuti dan lain-lain. Karena itu keterangan di bawah ini ialah langkah isi ketidak hadirangueu yang dikarenakan sakit, cuti atau ijin lainnya nya.

 

Ambil contoh jika ada yang sakit berikut metode pengisian nya dan perlu mengisi ” surat sakit “. Di bawah ini caranya.

 

1. Pilih salah satu guru yang memiliki ijin sakit.

2. Geser ke bawah cursor, melihat sinyal panah merah

3. Klik Input Surat Ijin/Sakit/Dina Luar

4. Isi Nomor surat ijin, Tentang, tanggal surat, petinggi yang bertandatangan, NIP petinggi, Tipe ijin pilih, mulai serta final ijin/sakit, info jika dibutuhkan.

5. Klik Simpan.

Tugas Siapa Untuk Mengerjakan Aplikasi Kehadiran Guru Ini?

Melihat dari cara kerjakan seharusnya ditangani oleh Tenaga Administrasi sekolah atau operator sekolah. Tetapi jika guru ingin turut kerjakan sendiri aplikasi online ini barangkali serta dibarengi oleh TU/Opsek. Opsek seharusnya membuat lebih dulu daftar ada perbulan. Selanjutnya guru isi sendiri hadirnya termasuk juga membuat surat izin/sakit atau dinas luar seperti yang telah disebut di atas.

 

Demikian tadi langkah kerjakan aplikasi kedatangan guru online. Mudah-mudahan bisa menolong serta berguna.

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Candra Bi

    Playmaker Panduanmenulis.com

    View all posts

    Add comment