Soloensis

Tebing Breksi, Sisi Lain Keindahan Prambanan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bosan dengan destinasi wisata mainstream yang itu-itu saja? Pengin cari spot wisata yang keren buat foto-foto, lokasi mudah dijangkau, dan tak perlu merogoh kocek dalam-dalam? Kalau semua pertanyaan itu jawabannya adalah “iya”, maka destinasi wisata yang satu ini layak dicoba.
Yap, lokasi wisata yang satu ini terletak tak jauh dari Solo dan Jogja. Namanya Tebing Breksi. Lokasi persisnya berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasinya hanya berjarak 500 meter sebelum Candi Ijo jika Anda menempuh perjalanan mengambil rute Piyungan Bantul-Prambanan Sleman. Jika berangkat dari arah Solo, setelah Pasar Prambanan itu ambil arah menuju Piyungan atau Wonosari. Nanti akan Anda temukan petunjuk menuju Candi Ijo, tinggal diikuti saja. Jalan yang dilewati menuju Tebing Breksi relatif halus dan mulus. Tanjakannya pun tak begitu tinggi sehingga mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi roda empat maupun sepeda motor.
Asiknya lagi, tidak ada tiket masuk bagi pengunjung Breksi. Pengunjung cukup membayar uang parkir dan memberi uang seikhlasnya kepada warga desa pengelola Breksi, untuk bisa menikmati keindahan spot di sana.
Papan penunjuk arah, baik dari arah Jogja atau Solo, menuju Tebing Breksi cukup jelas dan sangat membantu bagi Anda yang baru kali pertama ke sana.
Tebing Breksi sejatinya adalah bekas penambangan batu kapur masyarakat sekitar. Kawasan tersebut menjadi bagian dari geo heritage dan kerap dijadikan lokasi studi para mahasiswa geologi maupun peneliti. Wow, keren kan?
Tapi, di mana sejatinya letak keindahan Breksi? Nah ini nih. Bagi Anda yang hobi foto-foto, Breksi akan sangat memanjakan mata. Begitu Anda memarkir kendaraan, yang terbentang di hadapan adalah tebing-tebing tinggi berwarna putih menjulang bak raksasa mengelilingi Anda. Membuat Anda tak sabar untuk segera mengabadikan keindahannya.
Tapi jangan hanya terpana di tempat parkir, hehe…Berjalan sebentar, nanti Anda akan mendapati anak-anak tangga dari batu kapur yang dibuat sedemikian rupa menuju puncak tebing. Ini lah lokasi favorit para pemburu foto. Kalau saya sendiri merasa seolah-olah seperti ada di Mesir dengan banyak pyramid menjulang dan kuil-kuil megah di tengah hamparan padang pasir. Padahal saya juga belum pernah ke Mesir, hanya melihat dari televisi atau situs berbagi video, hehe…
Tapi betul. Spot ini sungguh indah. Apalagi jika cuaca sedang cerah, Anda bisa mendapatkan foto dengan latar belakang tebing-tebing putih raksasa dan awan biru yang jernih. Spot ini juga asik dikunjungi saat senja, untuk memburu matahari sebelum beranjak ke peraduannya.
Nah, setelah Anda mendaki belasan anak tangga, akan sampai di puncak tebing yang berupa hamparan tanah. Dari puncak tebing ini, Anda bisa melihat pemandangan Candi Barong, Candi Ijo, dan juga kota Jogja. Bahkan Anda juga berulang kali akan mendapati pesawat yang hendak turun atau terbang dari Bandara Adisucipto Jogja. Cukup jelas terlihat dari puncak tebing.
Dari puncak tebing Anda juga bisa melihat ke bagian bawah, dekat dengan lokasi parkir yang dibangun seperti teater untuk panggung pertunjukan. Teaternya berupa hamparan rumput hijau bundar dengan kursi-kursi kayu di sekelilingnya.
Oh iya, jika Anda berkunjung ke Breksi pada pagi atau siang hari, jangan lupa membawa payung, atau topi dan kacamata untuk melindungi dari sengatan matahari. Selain itu, jangan lupa bawa air minum meski di sekitar sana juga ada kios-kios pedagang yang menyediakan beraneka makanan dan minuman. So, selamat berlibur…(Yonantha Chandra Premana)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
yonantha.chandra

yonantha.chandra

Add comment