Soloensis

Wajib Tahu! Inilah Cara Kerja Mic Wireless Terbaik

Cara kerja Mic wireless terbaik – Bagi Anda yang memiliki microphone khususnya jenis wireless, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja dari mic tersebut? Padahal mic tersebut tidak menggunakan kabel penghubung, namun mengapa wireless mic dapat berfungsi selayaknya mic pada umumnya yang bekerja dengan menggunakan kabel? 

https://comfy-auto-rent.com/ – Hingga kini microphone memainkan peran yang cukup krusial terlebih dalam dunia audio. Industri perekaman suara pun membutuhkan keberadaan microphone sebagai komponen penting yang dapat menunjang kebutuhan perekaman suara. Karena pentingnya penggunaan mic dalam kehidupan sehari-hari tersebut, banyak produsen mic yang berlomba-lomba menawarkan mic dengan berbagai fungsi yang juga disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Dibalik kecanggihan microphone terlebih jenis wireless, terdapat sistem kerja khusus yang dapat membuat mic menghasilkan suara jernih. Berikut ini penjelasan mengenai cara kerja mic jenis wireless yang perlu Anda ketahui.

 

Cara Kerja Wireless Mic Terbaik

https://puravidajkt.com/ – Dalam sebuah sistem wireless mic, umumnya memiliki tiga komponen utama yakni sumber input, pemancar, dan juga penerima. Prinsip kerja dari wireless mic adalah sinyal audio yang disediakan oleh sumber input akan diteruskan ke pemancar. Selanjutnya pemancar bertugas mengubah sinyal audio menjadi sinyal radio yang berbentuk gelombang FM. Gelombang FM tersebutlah yang kemudian akan ditransmisi oleh antena pemancar wireless mic. Proses selanjutnya adalah gelombang tersebut akan ditangkap oleh antena penerima receiver yang kemudian akan diubah kembali menjadi sinyal audio. 

https://www.rajabot.com/ – Untuk itulah mengapa jenis microphone yang satu ini kerap disebut sebagai RF mic atau Radio Frequency mic karena sinyal audio akan dikonversi menjadi RF dan kemudian akan di-transmit atau dikirim ke area produksi.

Pada kondisi normal dan optimal, radius jangkauan wireless mic terbaik ini bisa mencapai 300 meter. Namun apabila terhalang oleh suatu benda atau kerumunan manusia, terlebih jika benda yang menghalangi tersebut terbuat dari metal, maka radius jangkauannya dapat berkurang hingga 75 meter atau bahkan dapat lebih dari itu.  

 

Transmitter Wireless Mic

https://www.makanroti.id/ – Umumnya transmitter atau pemancar wireless mic memiliki satu antena, menu kontrol, dan juga indikator power. Transmitter yang kerap digunakan umumnya berbentuk handheld atau bodypack, bergantung pada tujuan digunakan wireless mic ini sendiri. Untuk transmitter jenis handheld umumnya digunakan untuk para penyanyi. Sedangkan transmitter jenis bodypack umumnya digunakan untuk para presenter atau pembawa berita. 

 

Receiver Wireless Mic

Selanjutnya adalah receiver atau penerima sinyal radio yang berasal dari pemancar. Receiver wireless mic sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu receiver bersifat tetap dan receiver bersifat portable. Perbedaan receiver tersebut terletak pada power supply yang digunakan yaitu baterai vs AC. Untuk prinsip kerja receiver wireless mic berkebalikan dengan transmitter wireless mic. Namun secara umum sistem kerja dari receiver adalah menerima sinyal radio dari pemancar lalu mengubah kembali menjadi output sinyal audio sound system.

Itulah ulasan mengenai cara kerja mic wireless terbaik. Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda mengenai mic wireless. 

 

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Saddam Ali

    Seorang dengan passion teknologi, marketing dan psikologi. Sedang meraih impian untuk membangun panti asuhan

    View all posts

    Add comment