Soloensis

Pertimbangkan Hal Ini Agar Mendapatkan Jasa Pembuatan Toko Online Murah dan Lengkap Jogja

 

Saat ini banyak bertebaran iklan tentang jasa pembuatan toko online murah dan lengkap Jogja. Kira-kira apakah mereka benar-benar meyakinkan serta berkualitas? Nah, untuk mengetahuinya berikut akan dibahas beberapa tips memilih vendor yang tepat.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Toko Online yang Terbaik

Memilih jasa pembuatan toko online bagi sebuah bisnis tentunya tidak boleh sembarangan. Pasalnya, hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kelancaran dan kesuksesan usaha. Jasa yang profesional harus diutamakan agar benar-benar mampu mendorong kemajuan sebuah bisnis.

Apabila kualitas tampilan website toko online tidak bagus, fiturnya kurang lengkap, bahkan keamanannya tidak terjamin, akan menimbulkan kerugian bagi Anda. Selain itu, bisa jadi membuat pelanggan malas berkunjung ke situs tersebut

Berikut merupakan beberapa tips memilih jasa pembuatan toko online murah dan lengkap jogja :

 1. Menyediakan Fitur yang Lengkap

Sebelum memutuskan untuk memakai jasa, pastikan bahwa produk yang mereka tawarkan memberikan fitur pendukung lengkap. Kelengkapan tersebut harus bisa mendukung seluruh kebutuhan berbelanja pelanggan di toko.

Pastikan mereka dapat menyediakan setidaknya layanan fitur yang terdapat di toko offline. Contohnya seperti keranjang belanja, pengiriman barang, payment gateway, dan lain-lain. Hal ini sangat penting dilakukan agar pelanggan tidak pindah ke lain toko.

2.  Memiliki Jaminan Keamanan Data

Data dalam dunia bisnis online merupakan hal penting yang sangat krusial dan harus dijaga. Segala macam informasi produk, pelanggan, stok, pembayaran dan lain sebagainya mustinya terlindungi dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan bahwa jasa pembuatan toko online yang dipilih dapat memberikan jaminan keamanan data baik bagi Anda, konsumen atau pihak-pihak terlibat lainnya.

3.  Memiliki Legalitas Terpercaya

Legalitas merupakan salah satu hal penting dalam dunia bisnis online. Maka dari itu, pastikan bahwa jasa pembuatan yang dipilih adalah legal atau terdaftar. Selain memudahkan administrasi, tingkat kepercayaan dan kenyamanan tetap terjaga.

Memastikan legalitas jasa pembuat juga berguna untuk menghindarkan toko online dari blacklist mesin pencarian. Apabila mereka tidak mencantumkan bukti terdaftar pada iklan, tanyakan langsung ketika hendak melakukan pemesanan. Bisa juga bertanya kepada yang pernah memesan.

4. Menggunakan Web Hosting Terbaik

Kualitas web hosting sangat berpengaruh terhadap kinerja toko online. Selain itu, hal tersebut juga berefek pada kemudahan situs untuk dikontrol dan diperbaiki ketika terjadi masalah.

Maka dari itu, pastikan bahwa jasa pembuatan toko online pilihan menggunakan web hosting berkualitas.

5.  Menawarkan Harga Masuk Akal

Harga masuk akal tidak selalu paling murah, melainkan yang memberikan biaya sesuai dengan kualitas produk atau layanannya. Biasanya, semakin premium produk yang dipilih, harganya juga akan semakin naik. Tapi pastikan tetap sesuai dengan budget yang dimiliki.

Oleh karena itu, cek terlebih dahulu berbagai rincian dari fitur dan harga yang mereka cantumkan. Apabila Anda ragu, dapat membandingkannya dengan jasa pembuatan website Jogja lain dengan penawaran sejenis.

6.  Portofolio Meyakinkan

Sebelum memutuskan untuk memesan, lihatlah terlebih dahulu portofolio atau hasil pengerjaan dari jasa tersebut sebelumnya. Jika tidak dicantumkan pada website, mintalah link atau file secara langsung agar Anda dapat mengeceknya sendiri.

Pastikan bahwa hasil pengerjaan toko online mereka berkualitas. Baik dari segi tampilan, kelengkapan fitur, hingga kemudahan dalam penggunaan demi kualitas toko online Anda di masa mendatang.

7.  Utamakan Jasa yang Memberikan Cpanel

Cpanel merupakan akun kepemilikan Anda. Di dalamnya terdapat file website toko online yang suatu saat dapat digunakan untuk mengganti atau menyisipkan script sendiri.

Melalui Cpanel, pemilik website juga dapat membackup data secara manual, menambah domain sendiri ataupun membuat webmail. Maka dari itu, pastikan bahwa jasa pembuatan toko online memberikan hal tersebut.

8.  Pastikan Hasilnya SEO Friendly

Memastikan bahwa website toko online sudah SEO friendly merupakan hal yang penting. Aspek tersebut sangat berkaitan dengan kemudahan Anda jika ingin mengiklankan situs suatu saat nanti. Toko online yang SEO friendly juga memudahkan toko dijangkau pelanggan.

9.  Berpengalaman

Sebelum memutuskan untuk memesan, pastikan terlebih dahulu bahwa jasa pembuatan yang Anda pilih sudah berpengalaman. Hal tersebut dapat dilihat dari lamanya perusahaan berdiri. Mungkin bisa juga berdasarkan banyaknya klien langganan mereka.

Oleh karena itu, lakukan research terkait kredibilitas mereka sebelum memesan. Mulai dari mengecek company profile, fortofolio atau testimoni klien jasa tersebut.

10. Utamakan Jasa yang Komunikatif

Pilihlah jasa pembuatan toko online yang komunikatif dan mudah diajak berdiskusi untuk membantu Anda dalam menentukan desain atau fitur pesanan. Pastikan mereka juga mampu memberikan penjelasan tepat dari setiap pertanyaan.

Komunikasi merupakan salah satu hal penting untuk dipertimbangan. Aspek tersebut menyangkut keberlanjutan kerjasama, komplain dan layanan after sales yang diberikan.

11. Pililah Hasil yang Navigasinya Paling User Friendly

Biasanya jasa pembuatan akan menyediakan demo produk berupa template toko online kepada klien. Maka dari itu, pastikan mencobanya dan menilai kemudahan navigasi dari desain tersebut.

Ketika mencoba demo tersebut, posisikan bahwa Anda adalah pelanggan. Jika masih mengalami kesulitan dan ketidaknyamanan dalam penggunaan, berarti template tersebut tidak user friendly dan tak patut untuk dipilih sebagai vendor.

12. Pastikan Jasa Menggunakan Tema Berlisensi

Tema pada toko online harus memiliki lisensi update agar selalu bersih dari spam dan teknologinya up to date. Selain untuk menghindari tindakan ilegal, hal ini juga berpengaruh terhadap kelangsungan jangka panjang website Anda.

Itulah beberapa tips memilih jasa pembuatan toko online murah dan lengkap Jogja. Semoga setelah ini Anda dapat menentukan vendor yang paling tepat

    Apakah tulisan ini membantu ?

    Nur Sholeh

    Penulis lepas yang hobinya nulis, saya juga suka jalan-jalan, dan juga fotografi.

    View all posts

    Add comment